Event & Festival

7 Tradisi Unik Menyambut Bulan Puasa di Indonesia

Dalam beberapa hari, umat Islam di seluruh Indonesia akan menyambut bulan penuh berkah, Ramadhan. Selama satu bulan penuh, kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Bulan Ramadhan pun dianggap sangat sakral oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia memiliki banyak tradisi unik jelang puasa Raamadhan yang digelar setahun sekali.

Tradisinya pun sesuai dengan kebudayaan masing-masing daerah. Ada yang berbentuk ziarah makan leluhur hingga pawai dan festival kelilig kota. Semua dilakukan sebagai bentuk menyucikan diri jelang bulan puasa.

Nah, kira-kira tradisi unik apa saja sih yang digelar masyarakat Indonesia jelang bulan puasa? Biar nggak penasaran, simak bahasannya di bawah ini.

1. Meugang, Aceh

Provisi paling Barat Indonesia, Aceh memiliki tradisi yang cukup menarik, namanya Meugang. Layaknya Idul Adha, masyarakat Aceh beramai-ramai menyembelih hewan kurban mulai dari sapi dan kambing. Hasil sembelih akan diberikan kepada kaum duafa dan yatim piatu. Digelar sehari sebelum hari puasa, Meugang merupakan tradisi yang sudah turun-temurun di Aceh demi menjaga kebaikan dan keberkahan.

2. Malamang, Sumatera Barat

Tradisi ini sih sebenarnya lebih ke ritual khusus masyarakat Minangkabau. Dalam rangka menyabut bulan Ramadhan, warga Minang bergegas membuat lemang lewat ritual Malamang. Lemang sendiri adalah kuliner khas yang menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya. Dibalut dengan daun pisang, lemang nikmat disajikan untuk buka puasa.

3. Jalur Pacu, Riau

Pesta rakyat yang satu ini menjadi tradisi andalan Provinsi Riau jelang bulan Ramadhan. Diberi nama Jalur Pacu, masyarakat berbondong-bondong main ke tepian sungai untuk menyaksikan perlombaan dayung dari siang hingga sore. Tradisi ini bakal diakhiri dengan Balimau Kasai pada malam hari.

4. Nyorog

Foto: Kabardot

Masyarakat Betawi memiliki banyak tradisi menarik jelang bulan Ramadhan. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Nyorog. Lewat tradisi ini, setiap warga bakal keluar dan membagikan bingkisan, bisa berupa makanan matang atau buah tangan kepada saudara maupun tetangga. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dari warga yang berusia lebih muda untuk yang lebih tua. Tujuannya, agar mendapatkan restu dan berkah dalam menjalankan ibadah puasa.

5. Gebyar Ki Aji Tunggal

Jika kamu ada kesempatan main ke kota Jepara, jangan lewatkan tradisi Gebyar Ki Aji Tunggal di sana. Digelar jelang bulan Ramadhan, Gebyar Ki Aji Tunggal adalah karnaval yang unik, melibatkan pawai kostum yang unik. Acara ini ditujukan untuk mengusir sisi jahat dan mendatangkan kebaikan tiap bulan Sya’ban dalam kalender Islam.

6. Unggah-Unggahan, Banyumas

Tradisi ini bisa kamu temukan di Desa Pekuncen, Banyumas. Unggah-Unggahan adalah ritual yang rutin digelar untuk menyambut bulan Ramadhan. Para penganut ada Bonokeling akan berjalan sejauh 40 kilometer ke kompleks pemakaman Kiai Bonokeling. Menariknya, mereka akan berjalan tanpa mengenakan alas kaki, sebagai bentuk keprihatinan. Sesampainya di sana, para warga menaruh berbagai seserahan, terutama makanan di kompleks Pemakaman Kiai Bonokeling.

7. Megibung, Bali

Pulau Dewata, Bali juga punya tradisi sendiri jelang bulan Ramadhan. Nama tradisinya adalah Megibung. Sudah digelar sejak Raja Karangasem, I Gusti Agung Anglurah Ketut Karangasem berkuasa di abad 17, Megibung merupakan kegiatan untuk saling berbagi makanan dengan posisi duduk melingkar. Masyarakat di kawasan Karangasem tetap menjaga tradisi ini hingga sekarang.

Sudah tahu tradisi? Yuk rencanakan liburan kamu. Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutter Stock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top