Tips

7 Tips Traveling Sehat Saat Musim Pancaroba

Berasa nggak sih akhir-akhir ini kita sudah mengalami musim pancaroba, dari musim hujan ke musim panas? Kadang, hujan bisa turun dengan sangat lebat, kadang udara bisa begitu panas hingga membuat kita cepat pusing. Nggak heran jika di saat musim pancaroba seperti ini, tubuh jadi mudah lemah dan sakit. Bawaannya jadi pengin malas-malasan aja di rumah. Tapi, nggak mungkin kan malas-malasan terus karena kita harus kuliah, kerja, atau mungkin traveling. Hihihi… Nah, pegipegi punya beberapa tips nih supaya kamu tetap sehat ketika traveling di musim pancaroba seperti sekarang.

1. Perhatikan pakaian yang kamu pakai

Jika udara di siang hari sangat panas, jangan lupa membawa beberapa fashion item yang bisa melindungin kamu dari teriknya sinar matahari, seperti topi, syal, atau payung. Atau kamu juga bisa menggunakan kacamata hitam saat berjemur di pantai. Masker juga berguna lho untuk melindungi pernapasan kamu dari debu di jalan. Sedangkan jika kamu mengalami kedinginan akibat hujan di malam hari, kamu bisa menggunakan jaket atau sweater supaya kamu nggak kedinginanan.

using umbrella

www.adventureinyou.com

2. Minum air putih yang banyak

Air putih merupakan obat mujarab yang bisa mencegah dan menyembuhkan banyak penyakit. Jika kurang minum air putih, kamu bisa mengalami panas dalam, susah buang air besar, dehidrasi, dan sebagainya. Sebelum kamu mengalami hal itu, lebih baik kamu cegah dengan minum air putih yang banyak kan? Jadi, ketika jalan-jalan, jangan lupa untuk bawa botol minum sendiri yang ukurannya besar.

drinking water

www.healthmindbodies.com

3. Makan makanan yang bergizi

Selain minum air putih yang banyak, tentu aja makanan yang kamu makan berpengaruh terhadap kesehatan kamu di musim pancaroba. Usahakan jangan terlalu banyak makan makanan yang nggak sehat ketika traveling. Saat sarapan pagi di hotel perbanyak sayur dan buah supaya kamu tetap sehat. Dan juga perbanyak protein, seperti telur dan susu agar daya tahan tubuh kamu kuat. Jangan terlalu banyak makan junk food atau karbohidrat yang bikin tubuh kamu mudah lemas.

healthy food

www.austinrealtyconsultants.com

4. Minum vitamin

Saat traveling, sudah pasti tenaga yang kamu keluarkan lebih banyak ketimbang di keseharianmu. Biasanya kamu butuh asupan gizi yang lebih supaya daya tahan tubuh kamu tetap terjaga. Salah satu cara menambah asupan gizi adalah dengan mengonsumsi vitamin. Jenis vitamin yang dikonsumsi sih tergantung dari kebutuhan tubuh kamu sendiri. Mungkin sebelumnya kamu bisa konsultasikan hal ini ke dokter. Biasanya, vitamin yang sering dijadikan andalan adalah vitamin C karena bisa membuat daya tahun tubuh kamu lebih prima.

vitamin C

www.wilx.com

5. Luangkan waktu untuk olahraga

Memang sih waktu yang kamu punyasaat traveling cenderung padat, sehingga kamu nggak sempat berolahraga. Tapi, setidaknya kamu melakukan olahraga ringan, seperti push up di kamar hotel, jalan kaki atau bersepeda di taman hotel. Fasilitas hotel seperti kolam renang atau gym juga bisa kamu manfaatkan, lho. Jadi, jangan lupa untuk bangun lebih pagi buat berolahraga ketika traveling, ya!

Y934363081

Dok. pegipegi

6. Jaga kebersihan

Kamu nggak akan pernah tahu apakah kota atau negara yang kamu singgahi untuk traveling bebas dari virus atau nggak. Untuk mencegah hal itu, pastinya kamu harus sering menjaga kebersihan dong. Misal, dengan mencuci tangan sebelum makan, melap alat makan yang kamu gunakan dengan tisu, sering-sering menggunakan hand sanitizer, rajin cuci muka, dan nggak malas mandi sebelum tidur.

washing hand

www.dragonflytreasure.blogspot.com

7. Tidur yang cukup

Ketika traveling sudah pasti waktu tidur lebih berkurang dari biasanya. Jadi, usahakan agar ketika kamu sudah sampai di hotel, sehabis mandi, usahakan langsung tidur supaya jam tidur kamu nggak bertambah larut. Jika perjalanan kamu ke tempat wisata lumayan jauh, kamu bisa manfaatkan hal itu untuk tidur sejenak di mobil.

sleep at hotel

www.scoopwhoop.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nggak ada yang perlu ditakuti kan saat traveling di musim pancaroba? Selain menjaga kesehatan, kamu juga perlu menjaga dompetmu supaya nggak kering ketika traveling. Caranya tentu dengan mencari tiket pesawat dan hotel murah lewat pegipegi.com! Dijamin tubuh kamu sehat dan kantung kamu nggak kering. Hihihi…

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

(Visited 325 times, 1 visits today)

Comments

To Top