Tips

7 Tips Supaya Kamu Nggak Ketinggalan Pesawat!

Mungkin kamu pernah baca tips dari pegipegi soal solusi yang harus dilakukan jika ketinggalan pesawat. Meskipun ketinggalan pesawat ada solusinya, tapi bakal lebih baik jika kamu mencegah hal tersebut. Apalagi, jika tiket pesawat yang kamu beli sangat mahal. Daripada rugi waktu dan uang, yuk, perhatikan tips dari pegipegi soal mencegah ketinggalan pesawat.

1. Perhatikan waktu dan jarak tempuh menuju bandara

bandara

news.liputan6.com

Apalagi jika kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta yang rawan akan kemacetan. Lebih baik berangkat ke bandara lebih awal. Nggak apa-apa jika akhirnya kamu harus menunggu lama di bandara, daripada harus terburu-buru di jalan lalu ketinggalan pesawat. Meskipun kamu sudah tiba di bandara sebelum waktu keberangkatan, tapi jika sudah lewat dari batas waktu check-in, kamu nggak akan diizinkan masuk ke pesawat.

Ketentuan waktu check-in setiap maskapai penerbangan biasanya berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek info di bawah ini.

  • Garuda IndonesiaCounter Check-in dibuka 2 jam sebelum jadwal penerbangan dan akan ditutup 30 menit sebelum jadwal penerbangan. Namun, jika kamu terlambat, Garuda Indonesia bakal memasukkan kamu ke dalam waiting list agar bisa terbang di jadwal penerbangan berikutnya.
  • Citilink: Peraturan check-in Citilink agak mirip dengan Garuda Indonesia. Karena, Citilink merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia. Jadwal check-in di Citilink juga dibuka 2 jam sebelum jam terbang dan ditutup 30 menit sebelum jam terbang. Namun, jika terlambat, tiket pesawat akan hangus.
  • AirAsiaCheck-in maksimal 2 jam sebelum jam terbang. Jadwal check-in ditutup 45 menit sebelum jam terbang dan pintu pesawat ditutup 20 menit sebelum jam terbang.
  • Lion AirCounter check-in dibuka 2 jam sebelum jam terbang dan ditutup 45 menit sebelum jam terbang. Jika melebihi batas ketentuan, tiket pesawat akan hangus.
  • Sriwijaya AirCheck-in dilakukan maksimal 1 jam 45 menit sebelum jam terbang.

2. Pastikan paspor dan kartu identitas sudah dibawa

paspor

www.tokopedia.com

Buat kamu yang traveling ke luar negeri, pastinya kamu harus memastikan apakah paspor dan kartu identitas sudah dibawa atau belum! Jangan sampai tertinggal di rumah, ya, travelers! Karena, jika ketinggalan, kamu harus balik lagi ke rumah dan membuang waktu sangat banyak.

3. Lakukan check-in secara online

www.wisebread.com

Untuk menghindari keribetan ketika check-in di bandara, sebaiknya kamu sudah melakukan check-in secara online melalui website maskapai penerbangan. Biasanya, online check-in sudah dibuka 24 sebelum waktu keberangkatan. Malahan AirAsia sudah membuka online check in 14 hari sebelum jadwal keberangkatan. Meskipun kamu sudah melakukan online check-in, tapi kamu tetap nggak boleh terlambat sampai di bandara.

4. Pastikan lokasi terminal dan gate pesawat

terminal

leenksite.blogspot.com

Sebelum berangkat, pastikan kamu tahu harus datang ke terminal dan gate yang mana. Kamu bisa cek di website maskapai penerbangan. Jika sampai salah terminal atau gate, tentunya akan membuang waktu. Apalagi, sejak adanya Terminal 3 baru di Bandara Internasional Soekarno Hatta, jadi sering terjadi perubahan terminal dan gate untuk masing-masing maskapai. Jika setelah sampai di bandara kamu bingung saat mencari terminal atau gate, jangan lupa bertanya ke satpam, ya!

5. Pilih penerbangan lanjutan dengan jedah lebih lama

penerbangan lanjutan

www.duniamaska.com

Jika destinasi traveling yang kamu tuju harus menggunakan penerbangan lanjutan, sebaiknya kamu terbang dengan menggunakan maskapai penerbangan yang sama. Tapi, jika maskapai penerbangannya berbeda, sebaiknya kamu memilih jeda penerbangan yang lama. Karena, takutnya di penerbangan pertama, kamu mengalami delay yang cukup lama, sehingga nggak bisa mengejar penerbangan berikutnya. Jangan lupa, pastikan kamu sudah tahu terminal dan gate kedua penerbangan tersebut.

6. Persiapkan uang cash dan receh

tol bandara

www.dream.co.id

Mungkin kamu harus naik taksi saat ke bandara. Tentu aja kamu harus menyiapkan uang cash untuk membayar taksi. Selain itu, kamu juga harus membayar uang tol di bandara. Daripada nanti kamu yang repot karena petugas tol nggak punya uang kembalian, lebih baik siapkan uang receh dari rumah. Hal ini juga berguna untuk menghemat waktumu di jalan supaya bisa sampai ke bandara tepat waktu.

7. Perhatikan selalu pengumuman di bandara

www.thestar.com

Meskipun sudah sampai di bandara tepat waktu dan telah selesai check-in, kamu tetap harus memerhatikan setiap pengumuman yang diberikan. Boleh-boleh aja kamu bersantai, baca buku, atau main game. Tapi, kamu tetap harus memerhatikan jam dan mendengarkan pengumuman. Karena, bisa aja terjadi delay atau hal-hal lain di luar dugaan. Sebaiknya, kamu jangan sambil mendengarkan musik dengan earphone. Takutnya, kamu lalai dan nggak mendengarkan pengumuman. Jika ingin tiduran, harus ada teman atau kerabat yang menjaga kamu dan mendengarkan pengumuman.

^B0B71D579AFCC5785F46F09B7689DD33D6B9AED99EFEAF873E^pimgpsh_thumbnail_win_distr

Tips tersebut tentu mudah dilakukan kan, travelers? Jangan sampai kamu ketinggalan pesawat karena kelalaian diri sendiri, ya! Jika sudah tahu, apa yang harus kamu lakukan, ayo pesan tiket pesawat murah lewat pegipegi.com!

pesan tiket pesawat murah

 

(Visited 656 times, 1 visits today)

Comments

To Top