Tips

7 Tips Sehat ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur

Usia itu, Tuhan yang menentukan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha memberikan yang terbaik sepanjang hidup kita.

Terdengar klise, namun pendapat tersebut sering sekali diucapkan. Memang, manusia memiliki durasi usia yang nggak relatif dan sulit untuk menebak akhirnya.

Gaya serta kualitas hidup diklaim sebagai faktor utama yang mempengaruhi seberapa panjang manusia hidup. Para ilmuwan pun sudah sejak lama berpendapat bahwa semakin sehat hidup kamu, semakin panjang pula usia.

Nah, sebuah perusahaan kesehatan asal Swedia, Werlabs bersama seorang dokter kenamaan, GP Xand van Tulleken memberikan beberapa tips agar kamu bisa memiliki usia panjang. Semuanya didasarkan oleh penelitian yang dirilis oleh Telegraph.

Penasaran? Simak yuk tipsnya!

1. Mandi Air Dingin

Foto: cbslive105

Terdengar ekstrim, tetapi mandi dengan air dingin dapat memperpanjang usia, lho! Sebuah penelitian dari Garvan Insitute pada 2014 mengatakan bahwa sensasi menggigil yang tercipta dapat membakar energi yang mengendap di dalam tubuh “white fat”. Sehingga, darah dalam tubuh dapat mengalir dengan lancar.

2. Tidur Secukupnya

Foto: whicdn

Manusia dianjurkan tidur selama delapan jam per hari. 30 menit saja hilang, obesitas bakal mengancam. Peneliti dari Weill Cornell Medical College di Qatar mengatakan bahwa metabolisme tubuh akan rusak jika ritme tidur kamu nggak beraturan. Semakin parah jam tidur kamu, semakin tinggi juga resiko kamu terkena diabetes. Jadi, usahakan tidur secukupnya tiap hari.

3. Gerak dan Gerak

Foto: doschdesign

Dalam penelitian, orang Indonesia berada di peringkat satu dalam daftar malas jalan kaki. Padahal, penelitian dari American College of Gastroenterology mengatakan bahwa semakin banyak kamu bergerak, semakin kecil pula peluang kamu terkena penyakit dalam seperti kanker, jantung hingga gangguan pembulu darah. Intinya, gerak adalah salah satu cara kamu buat punya umur panjang.

4. Rajin Tes Darah

Foto: cloudfront

Manfaat tes darah itu banyak, lho! Salah satu yang paling penting adalah untuk mengetahui tingkat kolesterol jahat dalam darah. Jika kamu lakukan secara rutin, semakin besar kemungkinan kamu terhindari dari penyakit yang disebabkan oleh penumpukan lemak jahat dalam darah. Jadi, kamu bakal tahu kapan harus mengerem konsumsi makan enak dan mulai hidup sehat, deh.

5. Minum Kopi

Foto: yanphoto

Sebuah studi dari Rumah Sakit de Navarra Pamplona, Spanyol membuktikan bahwa konsumsi empat gelas kopi sehari adalah syarat diet sehat untuk semua orang. Penelitian tersebut juga diakui oleh para ilmuwan dari Universitas California Selatan yang menyebutkan bahwa minum kopi dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, stroke, hingga diabetes.

6. Mulai Berpuasa

Foto: huffingtonpost

Bagi umat Islam, puasa nggak cuma datang saat bulan Ramadan saja. Tetapi, mereka juga kerap menjalankan ibadah tersebut pada hari Senin dan Kamis. Nah, dalam dunia kesehatan, puasa memiliki manfaat yang cukup besar kepada kesehatan. Intermountain Medical Center Heart Institute di Utah, Amerika Serikat menyatakan berpuasa secara rutin nggak cuma menekan resiko penyumbatan pembuluh darah, tetapi juga berfungsi mengatur tekanan kadar kolesterol dalam darah, lho.

7. Satu Telur Sehari

Foto: 1zoom

Banyak orang yang takut gemuk karena konsumsi telur. Ternyata, pemikiran tersebut saya. Untuk mendapatkan umur panjang, kamu dianjurkan mengonsumsi satu butir telur setiap hari. Universitas Peking, Tiongkok menyatakan bahwa konsumsi telur yang cukup dapat menekan resiko terkena stroke serta menjadi bagian dari diet sehat bagi semua orang.

Foto utama: blushyogurt

Mau liburan tapi bingung akomodasinya? Ayo rencanakan liburanmu di kota dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top