Tips

7 Tips Penting Mudik Naik Kereta Api Biar Nyaman dan Aman

Siapa yang sudah nggak sabar buat mudik Lebaran kali ini? Pastinya, kereta api kembali jadi moda transportasi unggulan buat mudik Lebaran.

Perjalanan mudik dengan kereta api selalu mengasyikkan. Selain terhindari dari kemacetan khas jalan raya, kamu bisa melihat pemandangan asri dan menarik selama perjalanan.

Nah, biar mudik kamu dengan kereta api makin asyik dan nyaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Khususnya soal barang bawaan hingga pemilihan kursi di kereta api yang nyaman.

Sebagai referensi kamu, berikut 7 tips nyaman mudik dengan kereta api buat Lebaran 2019. Yuk, simak!

Langsung Beli Online

Langkah pertama yang pasti kamu lakukan adalah booking. Tiket kereta kan cepat ludes, nih, jadi kamu harus pesan jauh-jauh hari. Nah, lebih baik, kamu beli secara online, seperti di Pegipegi. Selain nggak perlu antri, kamu juga bisa memilih tempat duduk yang menurut kamu nyaman. Praktis kan?

Pintar Pilih Barang Bawaan

Lantaran hanya dibatasi maksimal 20 kilogram, jenis barang bawaan juga harus kamu perhaikan. Demi menunjang kenyamanan, kamu bisa bawa barang pribadi yang dimasukkan ke dalam tas tangan, tas laptop, dan tas ransel dengan dimensi maksimal 50 cm x 35 cm x 25 cm dapat dibawa masuk ke dalam gerbong kereta api tanpa dikenakan biaya tambahan. Begitu pula halnya dengan kereta bayi, kursi roda manual atau sepeda lipat.

Bahan Tas yang Ringan

Ada banyak tipe tas atau koper yang bisa kita bawa buat traveling. Tapi, kamu harus tahu apa sih destinasinya. Kalau kamu hanya traveling untuk berlibur, maka tas dengan tipe soft luggage bisa jadi pilihan yang tepat. Kenapa? Karena, tipe koper ini lebih ringan dan memiliki banyak selipan yang elastis untuk memuat lebih banyak barang.

Pilih Posisi Duduk yang Nyaman

Khusus buat kelas ekonomi dan bisnis, posisi tempat duduk memang nggak bisa diubah. Jadi, lebih baik dari awal kamu pilih deh posisi duduk maju, searah dengan laju kereta. Misalnya kereta jalan ke barat, kamu duduk menghadap ke barat juga. Selain dapat melihat pemandangan yang lebih bagus, posisi maju nggak bakal bikin kamu mual.

Cari Gerbong dekat Restorasi

Nggak cuma tempat duduk, nomor gerbong juga menentukan nyaman dan nggaknya perjalanan kamu, lho! Kalau kamu nggak bisa menahan lapar, daripada menunggu para pramugari dan pramugara lewat menawarkan jajanan, kamu bisa pilih gerbong di mana mereka bermarkas, restorasi. Biasa restorasi berada di gerbong nomor lima atau enam. Jadi, pastikan kamu nggak kelaparan ya!

Tepat Waktu Ya!

Apapun kelas yang kamu pilih, jadwal kereta api sangatlah ketat. Sehingga, kamu telat datang ke stasiun, meski hanya lima menit, sudah pasti ditinggal. Apalagi, kamu harus melakukan print tiket setibanya di stasiun yang membutuhkan beberapa menit. Jadi, usahakan datang ke stasiun 30 menit sebelum keberangkatan.

Charger Jangan Ketinggalan

Setiap gerbong kereta api sudah dilengkapi dengan fasilitas colokan charger. Namun, bakal sia-sia jika kamu nggak membawa charger smartphone. Jadi, pastikan kamu membawa charger ke dalam gerbong biar smartphone kamu tetap hidup dan kamu nggak mati gaya selama berjam-jam.

Kepengin liburan dalam waktu dekat? Jangan lupa untuk memesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top