Tips

7 Tips Penting Bikin Pesta BBQ yang Hemat Bujet

Malam tahun baru jadi momen yang tepat buat menggelar pesta BBQ. Selain jadi ajang makan enak akhir tahun, pesta BBQ dapat mengikat erat tali silahturami antar keluarga maupun relasi.

Sayang, nggak mudah buat merancang pesta BBQ yang meriah. Apalagi kondisinya kamu harus menghemat lantaran akhir tahun banyak kebutuhan yang harus kamu beli.

Tapi tenang, kamu tetap bisa menggelar pesta BBQ hemat bujet, kok. Pegipegi pun punya beberapa tips yang siap dibagikan kepada kamu yang masih bingung dengan rencana bikin pesta BBQ.

Penasaran? Mari disimak 7 tips menggelar pesta BBQ hemat ala Pegipegi!

1. Tentukan Tema di Awal

Dalam pesta BBQ, kondisi bujet melonjak adalah ketiadaan tema acaranya. Jika kamu memiliki konsep dan tema yang matang, kebutuhan yang kamu harus sediakan nggak akan berlebih. Contoh, misalnya ingin bikin pesta BBQ dengan tema minimalis, kamu nggak bakal butuh pencahayaan yang mahal atau dekorasi yang mewah.

2. Sajian Sederhana

Terkadang, kita suka kalap kala menyajikan pilihan makanan buat pesta BBQ. Mulai dari snack, main course hingga dessert nggak kira-kira dikeluarkan. Demi menghemat, kamu bisa memangkasnya. Apakah snack perlu atau justru dessert nggak penting. Yang pasti, main course BBQ nggak boleh absen. Toh, misalkan ada permintaan alternatif, kamu bisa sediakan secukupnya saja.

3. Bikin Saus Sendiri

Satu hal yang sering terbuang sia-sia saat pesta BBQ adalah soal saus. Dengan harga yang lumayan mahal, saus BBQ sebenarnya bisa dibuat sendiri, lho. Bermodalkan tomat, bawang bombay, rempah-rempah, sari apel, dan saus Worcenstershire, kamu bisa menghemat bujet belanja saus BBQ.

4. Nggak Harus Daging

Pesta BBQ nggak melulu soal daging sapi maupun daging ayam. Lantaran jelang Natal dan Tahun Baru kedua hal tersebut bakal naik harganya, kamu bisa pilih makanan laut sebagai alternatifnya. Gurame, mujair, nila, makarel hingga udang-udangan bakal bikin pesta BBQ kamu makin seru dan segar. Selain itu, kadar kolesterol dalam darah kamu pasti terjaga.

5. Biar Arang Tahan Lama

Selain soal makanan, konsumsi bahan bakar untuk memanggang, arang pun harus diperhatikan juga. Ada banyak acara agar membuat arang hemat penggunaannya. Salah satunya dengan menggunakan kertas koran untuk menyalakan arang. Cukup 2-3 potong arang, kamu sudah bisa memanggang belasan daging dalam sekali nyala.

6. Investasi Panggangan BBQ

Ada banyak orang yang memilih untuk membeli panggangan murahan karena alasan hanya sekali pakai. Ternyata, pemikiran tersebut salah besar. Panggangan BBQ adalah alat masak yang wajib kamu investasi lebih. Tujuannya, agar di akhir tahun nggak pusing mencari lagi. Alat panggang yang baik adalah yang memiliki grill besar di tengah. Sehingga, proses masaknya pun menjadi lebih cepat.

7. Belajar Manggang Dulu!

Siapa bilang memanggang adalah pekerjaan yang mudah. Selain dibutuhkan kesabaran ekstra, memanggang adalah teknik masak yang rumit dan dibutuhkan ketelitian. Jika kamu mengabaikan beberapa faktor, nggak cuma makanan kamu yang hangus, tetapi pengeluaran bahan bakar dari arang bakal menjadi percuma. Jadi lebih baik belajar manggang dulu sebelum tahun baru. Ada banyak tutorial memanggang yang baik di Youtube, kok.

Kira-kira kamu tertarik bikin pesta BBQ seperti di atas? Sekalian liburan kalau gitu, yuk! Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket kereta api pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 97 times, 1 visits today)

Comments

To Top