Tips

7 Tips Penting Berburu Foto Sunset Keren Pas Liburan

Jalan-jalan ke pantai, enaknya nonton sunset di atas pasir putih yang hangat. Eits, jangan cuma diliatin, dong!

Kalau ada kesempatan, kamu bisa abadikan momen matahari tenggelam tersebut. Siapa tahu bisa mancing likes banyak di Instagram!

Tapi, motret sunset nggak bisa sembarangan. Salah sedikit, foto yang kamu ambil bakal kekurangan cahaya atau yang paling apes, ngeblur!

Nah, biar bisa dapat foto sunset yang bagus, Pegipegi punya 7 tips yang bisa kamu praktekkan. Penasaran? Yuk simak di bawah ini.

Berburu Lokasi

Buat fotografer profesional, lokasi pengambilan gambar jadi elemen yang krusial. Nah, kamu bisa mengikuti jejak mereka dalam menentukan pantai mana yang sudut bagus untuk berburu sunset. Jadi, nggak cuma sekedar kelihatan sunset-nya atau nggak, tetapi juga soal halang rintang obyeknya. Penting juga memperhatikan waktu, terlebih soal durasi proses terbentuknya sunset di langit.

Pakai Wide Angle Boleh Tapi..

Banyak orang yang cenderung terpaku pada bukaan lensa yang wide (lebar). Padahal, kamu bisa juga menggunakan angle kamera yang lebih fokus. Nggak perlu malu bawa lensa tele untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam serta detail. Ingat, memotret suasana nggak selalu terpaku obyek utamanya.

Cahaya Harus Rendah

Dunia fotografi mengenal istilah underexpose. Ini merupakan teknik yang cocok buat kamu gunakan untuk mengambil momen sunset. Dengan pengaturan shutter speed yang cepat dalam mode manual, kamu akan mendapatkan tampilan pencahayaan yang lebih rendah dan merata di kanan dan kiri.

Bikin Cerita Lewat Siluet

A post shared by kuskus (@ayubanasution) on

Efek siluet sering banget terabaikan. Kebanyakan foto yang ada siluet pasti diambil oleh para fotografer amatir seperti kita secara nggak sengaja. Tapi, ternyata hadirnya siluet justru memberikan dampak signifikan sebagai latar depan sebuah gambar. Kamu dapat bercerita sambil menghadirkan suasana redup khas sunset. Obyeknya sendiri bisa kamu ciptakan sendiri, salah satunya siluet dari pohon kelapa atau nelayan yang tengah berlayar.

Jangan Lupa Tripod

Alat yang satu ini sering banget terlupa. Kalaupun nggak lupa, kamu pasti malas buat membopongnya. Tapi buat memotret sunset yang sempurna, tripod punya peran yang sangat penting, lho. Dengan memanfaatkan teknik long shutter, kamu bakal mendapatkan panorama sunset yang lebih dramatis.

Berkawan Dengan Awan

Awal mungkin jadi elemen terkecil dalam proses foto sunset kamu. Tapi, pengaruhnya besar, lho! Jika kamu memotret sunset dengan suasana awan tebal berwarna abu-abu, cahayanya sudah pasti nggak maksimal. Lebih baik, kamu tunggu hingga kumpulan awan berpisah dan menipis untuk mendapatkan nuansa sunset yang lebih baik.

Manual Lebih Baik

Soal fokus, beberapa kamera memang punya kelebihan untuk menciptakan gambar baik dengan fokus otomatis. Tapi, apapun obyeknya, kalau kamu menggunakan fokus manual, hasilnya jauh lebih memuaskan, termasuk soal memotret sunset. Jadi, kendali ada di tangan kamu, bukan pada fitur otomatis kamera.

Sudah tahu tipsnya? Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawatpesan hotel, atau beli tiket kereta api di Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat Cari Hotel Murah Pesan Tiket Kereta Api

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 161 times, 1 visits today)

Comments

To Top