Tips

7 Tips Penting Agar Grup Whatsapp Traveling Makin Efektif

Aplikasi chat, Whatsapp punya fitur yang sangat serba guna bagi para travelers sejati. Selain menjadi komunikasi dua arah yang efektif, Whatsapp juga sangat hemat paket data.

Nah, dari berbagai fitur, Group Chat bisa jadi yang paling ngehits di kalangan travelers. Fitur ini memudahkan para traveler sejak tahap perencanaan hingga perjalanan traveling.

Sayang, nggak semua grup Whatsapp bisa berjalan efektif. Harus ada sedikit aturan main yang bisa kamu tetapkan kepada para member grup Whatsapp traveling kamu.

Nah, Pegipegi punya 7 tips penting sebelum kamu membuat grup Whatsapp buat traveling. Penasaran? Simak yuk!

1. Satu Group Satu Admin

Kebanyakan dari grup Whatsapp yang berada menjadikan tiap member sebagai adminnya. Well, ternyata hal tersebut nggak efektif. Sejak awal bikin grup Whatsapp, semua harus menunjuk satu orang yang bisa mengontrol lalu lintas komunikasi. Sosoknya lebih baik adalah orang yang punya jam terbang traveling banyak sehingga bisa memberikan banyak input kepada anggota grup.

2. Ada Aturannya Dong!

Agar semua terkendali, tiap grup Whatsapp harus menerbitkan peraturan sederhana. Ada tiga aturan yang sudah umum dan bisa kamu aplikasikan ke dalam grup Whatsapp kamu. Yang pertama soal postingan atau obrolan yang dibagi harus berhubungan dengan traveling. Yang kedua dilarang posting pesan berantai di dalam grup. Yang terakhir, dilarang memposting gambar atau video berbau pornografi dan graphic.

3. Soal Nama Grup

Penting tapi sering terlupa. Pastikan, penamaan grup Whatsapp traveling kamu harus sejelas mungkin. Kamu bisa menaruh tujuan wisata pada nama agar terlihat jelas di perangkat masing-masing. Jangan terlalu panjang, tetapi jangan terlalu pendek juga. Sehingga, ketika ada urgensi, semua bisa langsung merespon.

4. Custom Notification

Whatsapp memiliki fitur Custom Notification. Jadi, fitur ini akan membedakan notifikasi grup kamu dengan grup lain. Kamu bisa atur mulai dari ringtone-nya, vibrasi, pop-up hingga warna lampu LED di smartphone. Jadi, jika ada obrolan masuk, kamu bisa mengetahui dengan cepat.

5. Gunakan Fitur Reply

Di dalam grup, berbagai perbincangan bisa tercipta dalam waktu singkat. Nah, untuk merespon, kamu bisa menggunakan fitur Reply untuk memudahkan apa yang kamu ingin komentari maupun jawab. Sehingga, komunikasi berjalan lebih efektif ketimbang hanya melempar chat saja ke dalam grup.

6. Aktifkan Incoming Media

Traveling bareng nggak enak kalau belum foto-foto. Nah, enaknya aplikasi chat seperti Whatsapp adalah kita bisa “menyimpan” dokumentasi di dalam grup. Jika kamu merasa butuh menghapus memori karena kepenuhan foto, silahkan upload foto-foto yang sudah ada ke dalam grup. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Save Incoming Media gara dapat tersimpan di server Whatsapp.

7. Tinggalkan dan Hapus

Ketika traveling kamu bersama kawan-kawan berakhir, segera tinggalkan grup tersebut dan hapus dari kolom chat agar kolom chat kamu lebih bersih. Pastikan semua hal seperti, foto dan video sudah tersimpan di dalam memori kamu sebelum meninggalkan grup.

Foto utama: thesun

Sudah siap traveling? Tenang, kamu bisa pesan tiket kereta api, di Pegipegi. Nggak cuma itu, ada tiket pesawat dan hotel murah di Pegipegi!

Pesan tiket murah Pesan hotel murah Pesan tiket kereta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 66 times, 1 visits today)

Comments

To Top