Tips

7 Tips Nyaman Berlayar Dengan Kapal Ferry Saat Mudik

Bagi kamu penggemar traveling antar pulau, kapal ferry terdengar nggak asing lagi, deh. Transportasi laut ini selalu siap menyebrangkan kamu dan keluarga dari pulau satu ke pulau destinasi.

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak sekali pelabuhan yang berfungsi sebagai penyebrangan. Seperti Gilimanuk-Ketapang, Merak-Bakauheni, Perak-Tanjung Kamal atau Batam Centre-HarbourFront.

Nah, jelang mudik Lebaran, pelabuhan ferry pun dipastikan bakal dipadati masyarakat yang ingin menyebrang. Sudah pasti, antrian panjang wajib diantisipasi.

Nah, untuk membantu kamu, Pegipegi memiliki 7 tips nyaman naik kapal ferry saat mudik nanti. Terlebih jika kamu membawa rombongan seperti keluarga atau kerabat dekat. Simak, yuk!

1. Beli Tiket Online

Layaknya transportasi lain, kamu harus membeli tiket kapal ferry. Nah, agar lebih efektif, ada baiknya kamu memesan tiket tersebut secara online jauh-jauh hari. Tinggal tentukan tujuan, tanggal keberangkatan, jenis layanan hingga data penumpang yang akan menyeberang dengan mudah. Jadi, nggak perlu antri panjang di pelabuhan, deh.

2. Soal Parkir Kendaraan

Sebagai transportasi penyebrangan, kapal ferry dapat menampung kendaraan. Mulai dari sepeda motor, mobil, bus, hingga truk bisa masuk ke dalam kapar ferry. Otomatis, kamu harus memikirkan soal parkiran kendaraan. Nah, agar mudah keluar, posisikan kendaraan di ujung pintu keluar. Namun, jika ingin kendaraan aman, silahkan posisikan kendaraan di tengah.

3. Makan Secukupnya

Kondisi perairan sangatlah sulit ditebak. Dalam hitungan menit, arah angin dapat berubah drastis, membuat fisik terkuras. Jika kamu memiliki riwayat mabuk laut, akan terasa wajib selektif soal makanan apa yang harus kamu konsumsi. Yang jelas, hindari banyak konsumsi minuman soda dan beralkohol. Untuk makanan, hindari sajian pedas dan berlemak sebelum dan selama berlayar.

4. Posisi Duduk Nyaman

Posisi duduk di atas kapal ternyata punya pengaruh besar, lho. Usahakan duduk di kabin bagian tengah yang posisinya lebih rendah. Menurut penelitian, posisi tersebut menerima guncangan yang lebih kecil ketimbang posisi yang lain.

Layaknya kereta api, beberapa kapal memiliki formasi tempat duduk yang saling berhadapan. Nah, demi menghindari mabuk laut, kamu wajib duduk menghadap ke arah kapal tersebut bergerak. Jika membelakangi arah gerak kapal, tubuh akan kehilangan keseimbangan yang berujung mual.

5. Nikmati Fasilitas

Enaknya berlayar dengan kapal ferry adalah akses fasilitasnya. Para pengelola kapal memastikan agar penumpang nyaman dengan menambahkan ruang VIP sendiri. Beberapa kapal memiliki bioskop, ruang tidur nyaman, hingga tempat karaoke. Jika lapar, jangan ragu untuk segera memesan makanan di kafetaria yang tersedia. Intinya, buat senyaman mungkin diri kamu.

6. Periksa Barang Bawaan

Jika perjalanan kamu sudah berakhir, silahkan periksa barang bawaan sebelum turun. Pastikan, nggak ada yang tertinggal. Kenapa? Jika ada barang yang tertinggal, akan sangat sulit mengambilnya karena jam operasional kapal ferry yang sibuk. Jika nggak terlalu penting, taruh barang-barang di dalam kendaraan saja.

7. Tunggu Sampai Bersandar

Kapal ferry membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk bersandar secara aman. Nah, demi keselamatan, dianjurkan untuk tetap berada di bangku penumpang sampai ada arahan dari petugas. Setelah itu, silahkan bergegas turun dan kembali ke kendaraan kamu. Usahakan lebih awal agar antrian keluar kapal lebih efisien.

Sudah tahu tipsnya? Yuk rencanakan liburan kamu. Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

Agar mudik kamu makin lancar, yuk simak berbagai tips dan informasi menarik seputar Mudik Lebaran 2018 di sini ya!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top