Tips

7 Tips Merawat Kulit Selama Berpuasa

Bulan Ramadhan selalu identik dengan cuaca yang panas. Biasanya, di cuaca yang panas, masalah kulit pun seringkali terjadi, seperti kulit menjadi kering dan kemerahan. Nggak cuma karena cuaca, masalah kulit tersebut juga bisa terjadi karena kamu kurang mengonsumsi air dan makanan tinggi serat, lho. Nah, Pegipegi mau kasih tips nih supaya kulit kamu tetap sehat selama berpuasa!

1. Tetap Terhidrasi

Minum air yang cukup tentu sangat bermanfaat bagi kulit kamu, apalagi saat bulan puasa. Kamu bisa mengonsumsi air setidaknya delapan gelas sehari, di waktu sahur dan berbuka. Selain air putih biasa, kamu juga bisa membuat infused water dengan memadukan air dengan lemon, mentimun, mint, jeruk, jahe, stroberi, blueberry, mint, raspberry dan yang lainnya. Infused water memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem imun, membuang racun, dan menjaga agar kamu tetap terhidrasi.

2. Gunakan Facial Spray

Selama bulan Ramadhan, kemungkinan besar kulit akan mengalami dehidrasi karena berpuasa. Daripada terlalu sering mencuci muka yang justru bisa membuat kulit semakin kering, akan lebih baik jika kamu menggunakan facial spray sebagai gantinya. Jika ingin mendinginkan dan menyegarkan kulit, simpan facial spray terlebih dahulu di dalam lemari es, kemudian semprotkan pada wajah saat diperlukan.

3. Pilih Sunblock dengan SPF Tinggi

Bulan Ramadhan selalu identik dengan cuaca yang panas, oleh karena itu, kamu wajib memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Nah, agar kulit terlindung dari sinar matahari yang kuat, kamu bisa memilih sunblock yang mengandung setidaknya SPF 30 kemudian aplikasikan pada kulit wajah dan tubuh saat akan ke luar rumah. Sunblock bisa memberi perlindungan penuh pada kulit tanpa menyumbat pori-pori. Oh ya, setelah kamu berada di luar rumah selama tiga jam, jangan lupa mengaplikasikan sunblock kembali ya!

4. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Supaya kulit tetap sehat dan berseri saat puasa, perbanyak asupan antioksidan saat sahur dan berbuka. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti buah beri, almond, coklat dan buah delima. Ragam jenis buah beri adalah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit setelah seharian berpuasa dan bisa membuat kulit kamu lebih cerah.

5. Rutin Merawat Kulit

Melakukan perawatan kulit wajib dilakukan, termasuk saat bulan Ramadhan. Kamu bisa menggunakan masker sekali atau dua kali dalam seminggu, kemudian pastikan kulit kamu tereksfoliasi secara teratur. Dengan begitu, pori-pori pada kulit akan tersumbat dan kulit kamu akan terasa lebih halus dan cerah. Nah, setelah menggunakan masker, jangan membilas wajah kamu dengan air dingin ya supaya pori-pori tertutup kembali.

6. Melembabkan

Nggak cuma rutinitas perawatan kulit, menjaga kulit tetap lembab selama berpuasa juga penting dilakukan lho, travelers. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, kamu bisa menggunakan pelembab berbentuk krim atau minyak pelembab kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, menggunakan pelembab berbasis gel yang tinggi hidrasi akan lebih baik untuk kulit kamu.

7. Mengonsumsi Suplemen

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen kulit dengan mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kamu bisa memilih suplemen yang mengandung vitamin C, E dan A, serta selenium dan zinc. Minumlah sesuai dengan dosis yang dianjurkan saat sahur dan berbuka puasa.

Gimana, sudah siap merawat kulit saat bulan puasa? Oh ya, nggak cuma melakukan perawatan tersebut, kamu juga wajib mengatur pola tidur dan mengonsumsi air putih yang cukup ya, travelers! Jadi, nggak cuma puasanya aja yang lancar, tapi kesehatan dan kecantikan kulit dan tubuh kamu juga selalu terjaga.

Nah, supaya liburan makin seru, kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Foto utama: Woman Talk

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top