Tips

7 Tips Merawat Earphone Buat Traveling Agar Nggak Rusak

Bagi sebagian traveler, liburan tanpa earphone terasa hambar. Selain menjadi alat bantuk komunikasi, earphone adalah perangkat penting untuk mendengarkan musik lewat gadget selama perjalanan.

Sayang, sering kali, earphone yang dibeli justru cepat rusak. Padahal, sudah banyak earphone yang memiliki jaminan kualitas selama satu hingga tiga tahun lamanya.

Ada beberapa alasan mengapa earphone sering rusak. Seperti diletakkan sembarangan, digulung seenaknya, atau malah tertarik-tarik hingga rusak

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Pegipegi memiliki 7 tips merawat earphone agar nggak cepat rusak buat traveling. Penasaran? Mari disimak!

1. Hindari Asal Gulung

Agar terlihat rapi, pengguna earphone suka nggak sadar menggulung kabel earphone usai pemakaian. Padahal, dengan tekstur kabel yang sensitif, earphone sangat rentan mengalami putus tembaga karena tertarik. Jadi pengguna disarankan menggulungnya dengan metode gulung simpul ke bawah dan ke atas.

2. Jarak Gadget dan Earphone Dekat

Kebanyakan kasus earphone rusak disebabkan karena tertarik. Ketika menggunakan earphone, sebaiknya kamu jangan meletakan gadget yang digunakan terlauh jauh dari earphone. Kamu bisa mencegahnya dengan mengikat simpulan kabel dengan karet agar terlihat rapi.

3. Segera Cabut

Terkadang kita lupa untuk melepaskan earphone dari gadget usai penggunaan. Bahkan, terkadang, sakit lupanya, kamu membawa gadget yang masih memiliki earphone tertancap di lubang jack. Ini yang sering menyebabkan earphone tersangkut di kantong celana atau nggak sengaja terinjak. Jadi, segera cabut usai kamu menggunakan earphone.

4. Sediakan Casing Earphone

Layaknya perangkat lain, earphone harus memiliki tempat khusus sebagai pelindungnya. Belilah sebuah casing khusus meletakkan earphone, casing tersebut biasanya berbentuk seperti casing kamera pocket. Jika earphone kamu diletakkan di dalam casing, keamanannya akan terlindungi.

5. Hindari Telinga Basah

Selain soal kabel, earphone sangat sensitif dengan air atau permukaan basah. Nah, terkadang, telinga sering mengalami basah. Untuk menghindari korsleting pada earphone, jangan sampai lupa ketika usai membasuh muka, berwudhu, atau berkeringat dan kamu ingin menggunakan earphone.

6. Jaga Kebersihan Berkala

Earphone adalah benda elektronik yang cukup sensitif. Sedikit debut menempel, kualitas suara yang dihasilkan pun bisa berubah drastis. Nah, untuk menjaga keawetannya, bersihkanlah earphone menggunakan air hangat yang dicampur dengan cairan desinfektan. Gunakan kapas atau kain untuk mengelapnya, lakukan dengan perlahan dan menyeluruh. Jika ada kotoran yang menempel di sela-sela lubang speaker, gunakan cotton buds untuk mengeluarkannya.

7. Ada Uang, Ada Kualitas

Dewasa ini, ada banyak sekali pilihan earphone yang bisa kamu dapatkan di berbagai toko elektronik. Mereknya pun beragam, mulai dari spesifikasi Cina, Jepang hingga Amerika Serikat. Soal harga, kamu bisa mendapatkan earphone mulai dari bujet Rp 25 ribuan, sudah dilengkapi stereo. Sayang, nggak semua earphone murah punya daya tahan yang bagus. Lebih baik beli earphone yang lebih mahal sedikit, namun awet untuk 2-3 tahun ke depan.

Jika sudah tahu tipsnya, segera rencanakan liburan. Biar makin hemat, yuk pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Medicalmatters

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top