Tips

7 Tips Mengembalikan Berat Badan Ideal di Awal Tahun Baru

Perayaan akhir tahun sudah berakhir beberapa hari yang lalu. Kini, di tahun yang baru, saatnya buat kamu mengembalikan kondisi tubuh yang ideal, terutama berat badan.

Apalagi buat kamu yang merasa banyak makan di sepanjang malam tahun baru. Pastinya angka di timbangan yang naik bakal bikin pusing, deh.

Tenang! Karena ada banyak cara buat mengembalikan berat badan seperti semula di awal tahun baru. Nggak mahal tapi butuh niat yang maksimal, kok.

Penasaran? Cek di bawah ini, yuk!

Cek Timbangan

Hal yang paling pertama dan sangat dasar adalah menimbang berat badan. Entah karena lupa atau nggak mau melihat kenyataan, terkadang, kita mengabaikan hal yang paling krusial ini. Dengan menimbang, kamu bisa memperkirakan seberapa banyak lemak dalam tubuh yang harus kamu bakar untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Jogging 30 Menit Sehari

Awal tahun jadi awal yang baik untuk memulai hidup sehat, apalagi setelah tahun baru. Nah, salah satunya dengan berjogging di pagi hari. Dengan berjogging minimal 30 menit setiap pagi atau sore, tubuh akan mudah membakar kalori yang tertimbun sepanjang tahun baru. Sehingga, secara perlahan, berat badan pun akan mulai stabil.

Berangkat Kerja Commuting

Masih awal tahun, nggak usah bawa kendaraan ke kantor atau kuliah, deh. Biar tubuh bugar dan berat badan stabil, ada baiknya kamu naik kendaraan umum atau commuting saja. Soalnya, mau nggak mau kamu bakal berjalan kaki yang justru bikin sehat tubuh. Dengan berjalan selama 30 menit sehari, kamu sudah dapat membakar 120 hingga 178 kalori. Ini akan mempermudah tubuh mengeluarkan lemak jahat serta memperlancar aliran darah.

Pakai Tangga Saja

Jika kantor kamu berada di lantai yang nggak terlali tinggi, nggak usah manja! Gunakan tangga untuk mengaksesnya. Naik-turun tangga sama seperti latihan kardio. Bagus banget buat melatih jantung kamu, lho.

Hindari Makanan Manis

Sepanjang akhir tahun, konsumsi gula pun turut bertambah drastis. Mulai dari soft drink hingga snack bakal menyumbang masalah kalau tidak diatasi. Coba kurangi sedikit demi sedikit konsumsi makanan mengandung gula. Atau minimal, seimbangkan santapan manis dengan segelas air putih atau sebaliknya, minuman manis dinetralkan dengan buah-buahan bermineral. Manis cukup buat mengembalikan tenaga saja.

Kurangi Minyak, Perbanyak Buah dan Sayuran

Untuk mengimbangi porsi olahraga, kamu juga harus bersikap selektif soal makanan. Biasanya, tubuh kita mengandung banyak sekali lemak jenuh usai tahun baru. Kandungan lemak jenuh yang ada di minyak dapat berkumpul di saluran darah jika kamu terlalu banyak mengonsumsi. Minyak juga akan membuat pencernaan kamu terhambat lantaran nggak bisa larut dengan cepat. Jadi, lebih baik, santap makanan dengan sistem pengolahan direbus atau ditumis. Selain itu, karena sepanjang tahun baru, konsumsi karbohidrat dan lemak jenuh sudah terlalu banyak, ada baiknya mulai tahun baru dengan perbanyak makan sayuran dan buah. Dengan demikian, tubuh akan lebih mudah menyerap mineral yang dapat menetralisir lemak dan gula dalam tubuh.

Yuk, Atur Waktu Istirahat

Percuma olahraga keras dan konsumsi makana sehat kalau istirahat nggak teratur. Selain olahraga, kamu juga harus mulai mengatur waktu istirahat di malam hari. Tidur selama enam hingga delapan jam di malam hari dapat mengembalikan energi yang terkuras. Jadi, pastikan kamu tidur sesuai waktu yang direkomendasikan. Hindari penggunaan gadget maupun aktivitas yang akan mengganggu kualitas tidur kamu.

Sudah tahu tipsnya? Jangan lupa buat merencanakan liburan di tahun baru. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top