Tips

7 Tips Memilih Tempat Duduk di Kereta Api Buat Mudik

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung bulan saja. Nah, biar mudik kamu berkesan, kereta api bisa jadi pilihan favorit, apalagi kalau berencana mengajak keluarga di rumah.

Saking favoritnya, tiket kereta api selalu cepat habisnya. Ini yang pasti bikin kamu khawatir dan cepat ambil keputusan buat beli tiket kereta segera tanpa memikirkan nyaman atau nggak perjalanan nanti, terutama soal tempat duduk.

Ujung-ujungnya bisa ribet sendiri. Kamu malah bete sepanjang perjalanan karena salah memilih nomor tempat duduk atau bahkan kelelahan akibat salah duduk.

Nah, demi membantu kamu, Pegipegi punya beberapa tips memesan tiket kereta api yang bisa jadi referensi kamu nanti. Apa saja? Yuk simak dulu ya!

1. Beli Online

Langkah pertama yang pasti kamu lakukan adalah booking. Tiket kereta kan cepat ludes, nih, jadi kamu harus pesan jauh-jauh hari. Nah, lebih baik, kamu beli secara online, seperti di Pegipegi. Selain nggak perlu antri, kamu juga bisa memilih tempat duduk yang menurut kamu nyaman. Praktis kan?

2. Duduk Posisi Maju

Foto: wikipedia

Khusus buat kelas ekonomi dan bisnis, posisi tempat duduk memang nggak bisa diubah. Jadi, lebih baik dari awal kamu pilih deh posisi duduk maju, searah dengan laju kereta. Misalnya kereta jalan ke barat, kamu duduk menghadap ke barat juga. Selain dapat melihat pemandangan yang lebih bagus, posisi maju nggak bakal bikin kamu mual.

3. Selain Bordes

Foto: KAI

Kalau kamu masih dapat pilihan tempat duduk banyak, hindari duduk dekat bordes (sambungan gerbong) atau lorong kereta. Biasanya, posisi bordes berdekatan dengan toilet. Tujuannya, biar perjalanan kamu makin seru, deh!

4. Perhatikan Posisi AC

Foto: http://www.medanbisnisdaily.com

Kereta Api makin nyaman sejak seluruh gerbong, baik ekonomi maupun bisnis sudah dilengkapi dengan pendingin udara. Sayang, nggak baik juga berdiam terlalu lama di bawah AC yang sangat dingin jika malam tiba. Kamu bisa memilih tempat membelakangi AC tersebut biar nggak masuk angin ya.

5. Dekat Jendela

Foto: masbidin

Salah satu alasan orang buat naik kereta pas mudik adalah berlama-lama melihat pemandangan. Nah, buat kamu yang suka banget melihat pemandangan, posisi duduk dekat jendela bisa jadi pilihan. Kamu nggak perlu tukeran karena posisi sudah bisa kamu tentukan saat membeli online. Biar puas deh!

6. Berdampingan Restorasi

Foto: Twitter: new_reska

Nggak cuma tempat duduk, nomor gerbong juga menentukan nyaman dan nggaknya perjalanan kamu, lho! Kalau kamu nggak bisa menahan lapar, daripada menunggu para pramugari dan pramugara lewat menawarkan jajanan, kamu bisa pilih gerbong di mana mereka bermarkas, restorasi. Biasa restorasi berada di gerbong nomor lima atau enam. Jadi, pastikan kamu nggak kelaparan ya!

7. Pintu Keluar Stasiun

Foto: pariwisata

Selain perjalanan, kamu juga harus memikirkan posisi saat kamu turun di tempat tujuan. Biasanya, setiap stasiun memiliki pintu keluar yang berada di tengah. Jadi, disarankan kamu memilih gerbong dengan nomor urut tengah. Tujuannya? Ya, biar nggak terlalu jauh juga jalan menuju pintu keluar stasiunnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, rencanakan mudik atau liburanmu dengan pesan tiket kereta api secara online melalui Pegipegi! Dijamin lebih murah, aman, dan nyaman! Dan jangan lupa sekalian booking hotel murah lewat Pegipegi juga, ya!

pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 427 times, 1 visits today)

Comments

To Top