Tips

7 Tips Liburan Naik Pesawat Bareng Anak Supaya Nggak Rewel

www.stylist.co.uk

Banyak orang tua yang stres saat akan berlibur bersama anak-anak mereka dengan menggunakan pesawat. Karena, anak kecil biasanya aktif sekali dan mudah rewel jika berlama-lama di pesawat. Bahkan banyak juga yang sengaja nggak melakukan penerbangan jarak jauh dulu sampai anaknya sudah lebih besar. Tapi, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi kalau mau liburan sama anakmu yang masih kecil dengan naik pesawat. Karena, pegipegi punya tips supaya anak nggak gampang rewel dan mengganggu kenyamananmu, juga kenyamanan penumpang yang lain.

1. Datang ke bandara lebih awal

www.frankfurt-airport.com

www.frankfurt-airport.com

Hindari datang ke bandara mepet dengat waktu keberangkatan. Datanglah lebih awal supaya kamu nggak tergesa-gesa dan lari-lari saat mengejar pesawat sambil membawa barang dan menggandeng anakmu. Dengan begitu, anak pun nggak kelelahan saat tiba di pesawat. Kalau anak kamu kelelahan, ia pasti akan rewel sepanjang penerbangan. Itu akan membuat kamu pusing dan kelelahan karena harus terus membujuknya untuk tenang.

2. Bawa popok bayi lebih banyak di dalam tas

www.rd.com

www.rd.com

Perubahan tekanan udara yang terjadi di pesawat dapat menyebabkan gangguan pada perut anak-anak. Karena itu, saat melakukan penerbangan bareng anak, bawalah popok yang lebih untuk berjaga-jaga. Bawa popok tersebut di tas yang kamu bawa ke kabin pesawat dan taruhlah di bagian tas yang paling atas agar memudahkan kamu untuk mengambil popok tersebut saat diperlukan. Popok yang sudah kotor pasti membuat anak-anak rewel. Tapi jika kamu sudah membawa popok lebih, penerbanganmu bareng anak akan aman.

3. Bawa makanan atau camilan

expatheather.com

expatheather.com

Seperti yang kerap kali dialami oleh orang dewasa, kuping anak-anak juga mudah sakit saat pesawat sudah lepas landas. Supaya anak kamu nggak nangis karena kupingnya terasa sakit, bawalah camilan atau permen yang bisa ia nikmati selama di pesawat. Selain itu, dengan memakan permen atau camilan anakmu nggak akan merasa bosan dibandingkan dengan hanya duduk di pesawat. Kalau anakmu masih bayi, jangan takut membawa makanan bayi walaupun lebih dari 100 ml. Karena, biasanya maskapai memberikan pengecualian untuk makanan bayi.

4. Bawa mainan ukuran kecil

abcnews.go.com

abcnews.go.com

Anak-anak mudah sekali bosan kalau hanya duduk diam dalam waktu yang lama. Apalagi kalau mereka nggak tidur. Mereka cenderung ribut mengajak main atau bahkan menangis. Sebaiknya, kamu bawa mainan favorit milik mereka yang berukuran kecil, seperti mobil-mobilan, boneka, atau video game. Atau, kamu juga bisa membawa pensil dan buku gambar sebagai pilihan. Lalu letakkan di tas pada bagian yang mudah dijangkau. Jadi, kalau anakmu mulai kebosanan, kamu bisa langsung berikan ke mereka supaya mereka lebih tenang dan nggak merengek.

5. Pakaikan baju hangat dan topi

www.babycenter.com

www.babycenter.com

Berada di dalam pesawat dalam waktu yang lama bisa membuat anak-anak kedinginan. Untuk menghindari hal itu, sedari awal pakaikanlah jaket, kaos kaki, dan topi yang nyaman. Biasanya anak-anak lebih tahan terhadap udara dingin karena ada jaringan lemak cokelat yang lebih banyak terdapat pada anak-anak dari pada orang dewasa. Tapi meskipun begitu, kamu tetap harus berjaga-jaga. Supaya anak kamu nggak kedinginan dan akhirnya merengek karena penerbangan dalam waktu yang panjang. Sebagai tambahan, kamu bisa juga memakaikan selimut yang disediakan oleh maskapai.

6. Pesan bassinet atau skycots

www.bravasinthesun.com

www.bravasinthesun.com

Bassinet atau skycots adalah tempat tidur untuk bayi atau balita yang berbentuk kotak dan biasanya ditempelkan di dinding depan tempat duduk penumpang. Kamu bisa memesan bassinet pada maskapai penerbangan yang kamu pakai jika melakukan pernerbangan panjang. Kamu harus memesannya jauh-jauh hari sebelum terbang karena biasanya pesediaan bassinet terbatas. Tapi, beberapa peraturan yang harus kamu perhatikan dalam penggunaan bassinet. Bassinet hanya boleh dipakai untuk anak berusia 0-24 bulan dengan berat nggak lebih dari 13 kg. Selain itu, bassinet juga nggak boleh dipakai saat pesawat take off, landing, dan saat terjadi turbulensi.

7. Sesuaikan dengan jam tidur anak

www.youtube.com

www.youtube.com

Penerbangan akan jauh lebih tenang jika anak-anakmu tidur saat perjalanan. Kamu nggak akan repot menenangkan anak-anak yang biasanya nggak bisa diam di perjalanan. Untuk itu, perhatikanlah jam terbang kamu. Kamu bisa pilih jam keberangkatan yang sesuai dengan jam tidur siang anakmu. Begitu juga kalau kamu akan terbang malam hari. Kamu juga bisa sesuaikan dengan kebiasaan waktu tidur anakmu agar nggak rewel saat di pesawat.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nah, gampang kan bikin anak nggak rewel selama di pesawat? Kamu nggak perlu stress lagi dan bisa menikmati liburanmu bersama anak. Sekarang, tinggal cari tiket pesawat murah dan hotel murah untuk rencana liburanmu bersama keluarga lewat pegipegi.com.

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

(Visited 426 times, 1 visits today)

Comments

To Top