Tips

7 Tips Jaga Kesehatan Saat Cuaca Makin Terik

Travelers, coba perhatikan deh. Akhir-akhir ini kamu berasa nggak cuaca di Indonesia lagi terik banget? Sampai-sampai kita jadi malas keluar rumah. Tubuh pun jadi mudah lemah dan gampang terserang penyakit. Puncak cuasa terik akan berlangsung pada 23 September, di mana matahari berada tepat di garis khatulistiwa.

Fenomena matahari tepat berada di garis khatulistiwa disebut equinox yang terjadi karena bumi mengelilingi matahari. Dalam setahun ada dua kali equinox, yaitu pada 20-21 Maret dan 23 September. Matahari berada di sepanjang ekuator, mulai dari Sumatera Barat, Riau, Pontianak, Sulawesi, hingga Papua dengan kondisi suhu udara yang sedang naik. Ketika bulan Oktober, diperkirakan Indonesia mulai memasuki musim penghujan.

Nggak pengin kan kesehatan kamu terganggung karena cuaca terik yang ekstrem? Perhatikan tips dari Pegipegi berikut ini, yuk! 

1. Banyak minum air putih

Cuaca yang panas akan membuatmu mudah berkeringat, sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi (kurang cairan). Jadi, banyak minum air putih, ya! Setiap kali ke luar rumah, bawalah air mineral kemasan botol.

2. Mengurangi kegiatan di luar ruangan

Sinar matahari terik berlangsung sekitar pukul 10.00 hingga 14.00. Jika memungkinkan hindari sinar matahari langsung pada jam-jam tersebut, sehingga kulitmu nggak terbakar matahari dan terhindar dari rasa pusing.

3. Gunakan pelembap dan sunblock

Cuaca terik juga bikin kulit kehilangan kelembapan. Jaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap, terutama di bibir, siku, dan tumit. Juga jangan lupa mengoleskan sunblock pada wajah dan tubuh supaya terhindar dari sinar matahari jahat.

4. Mandi di waktu yang tepat

Waktu kamu berkeringat dan kepanasan, rasanya pengin banget mandi supaya tubuh jadi dingin. Tapi, alangkah baiknya jika kamu menunggu suhu tubuh menjadi normal dulu supaya tubuh nggak kaget. Karena jika langsung mandi, ada risiko pingsan, lho!

5. Konsumsi makanan sehat, terutama sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung kadar air yang tinggi dan bisa mengatasi dehidrasi. Juga mengandung mineral, vitamin, gula alami, dan asam amino yang membuat tubuh menyerap serta menyimpan cairan lebih banyak ketimbang hanya minum air putih. Selain itu, makan sayur dan buah juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kamu nggak mudah sakit.

6. Rutin olahraga

Cuaca terik nggak menjadikan alasan agar kamu nggak olahraga. Karena, olahraga juga bisa dilakukan di rumah, kok. Kamu bisa mencoba gerakan push up, sit up, squat, plank, dan lain-lain. Jangan sampai kamu malas berolahraga, soalnya olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, terutama saat cuaca makin terik. Bonusnya, berat badan ideal bisa kamu dapatkan.

7. Istirahat yang cukup

Kurang tidur atau istirahat bisa bikin tubuh kamu mudah lelah dan stres. Kamu nggak bakal bisa melakukan kegiatan dengan maksimal, apalagi jika cuaca sedang terik-teriknya. Jadi, usahakan untuk mengurangi bergadang dan tidur yang cukup (8 jam per hari).

Jaga terus ya kesehatanmu supaya kamu tetap bisa traveling. Supaya bujet traveling terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah. Ayo dipesan supaya bujet kamu terjangkau!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.pingminghealth.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 35 times, 1 visits today)

Comments

To Top