Tips

7 Tips Hemat Saat Liburan Bareng Keluarga

Liburan bareng pasangan dan buah hati sekaligus? Wah, pasti biayanya lebih mahal ketimbang solo traveling atau liburan dengan pasangan aja. Namun, Pegipegi punya tips supaya kamu bisa tetap hemat selama liburan bareng keluarga, nih.

1. Hindari musim liburan

Ketika musim liburan, pastinya harga tiket pesawa dan hotel akan membengkak dari biasanya. Sebaiknya, pilih aja waktu di luar musim liburan supaya bujet tiket pesawat dan hotelmu tidak membengkak. Enaknya liburan di hari biasa adalah tempat wisata yang kamu kunjungi biasanya nggak ramai dan kamu lebih leluasa menikmati liburan.

2. Pilih akomodasi yang dekat dengan tempat wisata

Pastinya biar kamu nggak mengeluarkan banyak uang untuk transportasi. Selain itu, waktu dan tenaga pun bisa dihemat lebih banyak kalau tempat tinggalmu dekat dengan tempat wisata. Sekarang, sudah banyak lho hotel-hotel yang harganya terjangkau, namun lokasinya sangat strategis. Jadi, sebelum memilih hotel, jangan lupa untuk banyak melakukan riset, apakah hotel tersebut mudah dijangkau?

3. Pilih akomodasi yang dilengkapi dengan dapur

Apalagi untuk kamu yang membawa balita dan butuh mengolah makanan untuk MPASI (makanan pendamping ASI). Daripada menghabiskan banyak uang untuk makan di resto, sebaiknya olah aja masakan simpel yang bisa diolah sendiri di dapur. Apalagi jika tujuan liburan kamu bukan untuk kuliner, sebaiknya masak sendiri aja.

4. Memilih tempat wisata yang biaya masuknya murah atau gratis

Sekarang ini banyak sekali tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi dengan biaya di bawah Rp10 ribu, lho. Bahkan, banyak juga yang gratis. Nah, hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghemat bujet liburan. Meskipun gratis, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tempat wisata, ya!

5. Hindari belanja yang tidak perlu

Seringkali, kita lapar mata saat liburan. Banyak barang lucu yang sepertinya menarik untuk diborong. Tapi, sebelum membeli barang tersebut, sebaiknya dpikir-pikir dulu deh. Penting atau tidak? Apa nantinya hanya menjadi pajangan dan tidak terpakai? Belum lagi kalau nantinya harus menambah biaya bagasi karena barang yang kita bawa terlalu banyak.

6. Batasi anggaran oleh-oleh

Membelikan teman-teman oleh-oleh saat pulang liburan memang menjadi hal yang menyenangkan. Tapi, kalau kamu sedang berhemat, sebaiknya anggaran oleh-oleh dibatasi aja. Dalam hal ini, kamu tidak perlu menyenangkan semua orang.

7. Bawa obat-obatan dan vitamin yang diperlukan

Sebaiknya, sebelum pergi liburan, jaga kesehatan dan makan makanan yang sehat. Dan ketika hari H, bawalah obat-obatan dan vitamin yang diperlukan. Karena, jika ada yang jatuh sakit dan harus ke dokter, biayanya nggak murah, lho.

Pengin rencanain liburan bareng keluargamu? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top