Tips

7 Tips Cerdas Menghabiskan Angpao Lebaran

Ada banyak momen yang sangat dinanti saat Lebaran. Namun momen pembagian angpao Lebaran atau THR sudah pasti nggak boleh kamu lewatkan, khususnya saat berkunjung ke rumah sanak saudara.

Diperuntukkan untuk kamu yang belum bekerja maupun berumah tangga, bagi-bagi angpao Lebaran awalnya adalah tradisi warga Tionghoa di saat Imlek. Namun, masyarakat Indonesia pun mengadopsi tradisi tersebut ke dalam momen-momen hari raya secara umum, termasuk Lebaran.

Namun, kita kadang sering kebingungan untuk mengalokasikan dana THR yang didapatkan dari kakek-nenek maupun om-tante kita. Antara mau dihabiskan buat belanja atau ditabung?

Nah, biar aman, Pegipegi punya beberapa tips mengalokasikan dana angpao Lebaran kamu kali ini. Simak, yuk!

1. 30 Persen Ditabung

Tabungan adalah investasi masa depan. Ini juga berlaku kepada dana THR kamu kali ini. Minimal, sisihkan 30 persen dari total THR kamu buat ditabung, entah sendiri maupun di bank. Kalau perlu, gunakan fasilitas tabungan berjangka agar nominalnya bakal terus terjaga sampai waktu yang kamu tentukan sendiri.

2. Jangan Lupa Amal

Jika tabungan adalah investasi dalam bentuk materi, maka beramal adalah tabungan moral untuk masa depan. Seperti yang diajarkan orang tua, minimal kita harus beramal 2,5 persen dari penghasilan kita. Nggak terkecuali dana THR. Sisihkan buat orang-orang yang nggak mampu di sekeliling kamu. Nggak ada salahnya untuk membagi THR dari angpao kamu.

3. Lunasi Hutang

Dana THR punya peran penting untuk menambal alur keuangan yang buruk di masa lalu, salah satunya hutang. Jika kamu merasa kebutuhan utama sudah tercukupi, segera lunasi hutang kamu. Minimal, kamu bisa memangkas hutang bulanan beberapa kali lipat. Kenapa? Agar bunganya nggak terus membengkak, lho!

4. Cadangan Dana

Berbeda dengan tabungan, dana yang bersifat cadangan memiliki peran penting kepada aktivitas kamu sehari-hari. Dana ini bakal berguna jika suatu saat kamu dalam situasi darurat, misalnya sakit atau kehilangan. Cukup 10 persen dari dana THR kamu, kok. Yang penting dapat menjadi back-up penghasilan tetap kamu.

5. Utamakan Kebutuhan Primer

Kebutuhan itu ada tiga jenis, primer, sekunder dan tersier. Nah, pastikan kamu penuhi dulu kebutuhan yang bersifat primer baru sekunder dengan memanfaatkan dana THR. Primer dalam arti stok makanan dan minuman hingga kebutuhan sandang. Sedangkan, sekunder bisa meliputi gadget, dekorasi rumah hingga perabot baru. Agar, fungsi dana THR dapat teralokasikan dengan baik

6. Habiskan Sesuai Hasrat Terbesar

Manusia itu nggak akan pernah puas. Nggak heran jika kebutuhan mereka pun terus bertambah. Dana THR yang kamu dapat memang jadi hak milik kamu. Tapi, ada baiknya kamu saring sedikit mana keinginan yang ingin dipenuhi terlebih dahulu. Pastikan, barang atau kebutuhan yang kamu ingin beli dari dana THR adalah hasrat terbesar. Tapi, tetap harus masuk akal ya. Sesuaikan dengan bujet juga.

7. Nilai Jual Tinggi

Hidup itu memilih. Termasuk soal mau kamu belikan apa dana THR kali ini. Nah, sebagai sarana investasi juga, pastikan kamu memboyong barang atau kebutuhan yang memiliki nilai jual tinggi. Cari dan baca banyak referensi mengenai produk yang ingin dibeli, terutama soal kualitas dan daya tahannya.

Oh ya, jangan lupa buat mengalokasikan dana THR kamu buat liburan. Tenang, kamu bisa liburan hemat dengan pesan  hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top