Tips

7 Tips Belanja Menyenangkan di Hong Kong

hong-kong-shopping

Hong Kong telah menjelma menjadi pesona wisata baru di Asia, menyaingi Singapura. Salah satu daya tariknya adalah surga belanja yang sanggup menarik ribuan traveler setiap bulannya. Jika kamu sedang berencana untuk berwisata belanja di Hong Kong, berikut beberapa tips untuk membuat liburanmu makin menyenangkan!

1) Asah Kemampuan Menawar

“Kemampuan” menawar akan sangat menuntungkan kamu ketika berbelanja di Hong Kong. Bahkan, ada yang bilang kamu harus sedikit “kejam” ketika berbelanja. Tawar-menawar memang hal yang biasa dilakukan di toko-toko di Hong Kong, kecuali di mal. Tidak perlu ragu menawar, walaupun pada awalnya ada saja penjual yang kesal atau marah ketika dagangannya ditawar terlalu murah. Tapi percaya deh, “kekejaman” itu pada akhirnya akan membuahkan hasil.

2) Teliti Garansi

Garansi adalah hal lain yang wajib diperhatikan traveler ketika membeli barang elektronik di Hong Kong. Periksa dengan teliti apakah barang yang kamu beli sudah dilengkapi kartu garansi berstempel. Perhatikan pula nomer seri, tanggal pembuatan, dan alamat toko sesuai dengan yang tertera di kartu garansi. Mengapa? Karena tidak sedikit toko di Hong Kong yang menjual barang black market yang tidak memiliki surat-surat. Kamu harus lebih jeli, khususnya jika membeli elektronik, gadget atau barang bermerek.

3) Tempat yang Tepat

Hong Kong memiliki banyak pusat perbelanjaan. Agar wisata belanjamu lebih menyenangkan, sebaiknya tentukan tempat-tempat yang akan kamu kunjungi, yang memang menjual barang yang kamu incar. Misalnya, harga barang di Ladies Market cukup murah dan kamu bisa menawarnya. Berbeda dengan Harbour City yang menjadi pusat perbelanjaan untuk kelas menengah ke atas.

Ladies-Market-MongKok

Jika kamu suka barang antik, kamu bisa menyambangi Wyndham Street, Hollywood Road, dan Sheung Wan. Jika kamu berjalan ke sebelah barat Hollywood Road, kamu bisa bertemu toko-toko yang menjual barang antik dengan harga lebih murah. Khusus traveler yang ingin berburu kerajinan tangan, keramik, dan lukisan khas Hong Kong, bisa datang ke Yue Hwa Chinese Products Emporium.

Ingin belanja produk fashion? datangi saja Pacific Place di Admiralty, dan Festival Walk di Kowloon Tong. Pakaian yang lebih murah bisa kamu temukan di Jardine’s Bazaar yang ada di Causeway Bay, atau di Lee Garden Road. Masih mau yang lebih murah? Jangan khawatir, kamu bisa menyambangi pasar dadakan Tung Choi Street di Mongkok. Di sinilah pusatnya barang-barang murah, mulai dari pakaian, tas, hingga perhiasan. Bagaimana dengan barang lainnya? Umumnya traveler berbelanja di pusat-pusat yang menjual barang tertentu, seperti komputer di Kowloon, giok di Jade Market, atau perlengkapan fotografi di Tsim Sha Tsui.

4) Hindari Memotret

Pedagang di Hong Kong tidak suka jika barang dagangannya difoto. Walaupun menarik dan unik, sebaiknya kamu menahan diri untuk mengambil foto atau cobalah memotret tanpa terlihat.

5) Hati-Hati Belanja Jam Tangan

Dalam petualangan belanja di Hong Kong, kamu akan menemukan banyak penjual jam tangan dengan berbagai merek. Walaupun terlihat menggiurkan, sebaiknya kamu teliti ketika akan berbelanja jam tangan. Pasalnya, tidak semua jam tangan yang dijual asli. Parahnya, kadang jam tangan palsu dibanderol harga tinggi sehingga traveler tidak curiga. Agar tidak tertipu, pastikan toko yang kamu datangi sudah mencantumkan label harga di jam. Jangan lupa periksa juga kelengkapan surat.

6) Perhatikan Kualitas Produk Kulit

Kamu pecinta produk kulit? Wah, Hong Kong tentunya akan jadi surga belanja buatmu karena ada banyak toko yang menjual produk kulit dengan merek terkenal, seperti Louis Vuitton atau Gucci. Bahkan, kamu bisa menemukan produk dengan potongan harga yang lumayan. Tapi jangan langsung kalap membelinya, karena jika tidak teliti, kamu beresiko membeli barang yang tidak sempurna. Memang, beberapa barang kulit bermerek tidak semuanya dalam kondisi baik; ada juga yang cacat. Kamu harus pintar memilih, ya!

7) Cicip Sana-Sini

Tidak hanya wisata belanja yang terasa nikmat di Hong Kong. Kamu juga wajib mencicipi kuliner khas negeri ini. Cobalah teh Cina di kios-kios sepanjang Austin Road. Untuk makanan halal, kamu bisa sambangi restoran Ebenezer’s, Aladdin atau Bismillah Fast Food di sekitar Nathan Road, Tsim Sha Tsui.

Seru ya, travelers? Yuk mulai rencanakan liburan ke Hong Kong bersama Pegipegi!

(Visited 5,434 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top