Tips

7 Tips Asyik dan Nyaman Naik MRT Jakarta

Mass Rapid Transit Jakarta (MRT) akhirnya resmi dibuka untuk umum. Transportasi berbasis rel di atas dan bawah tanah ini siap melayani warga Jakarta mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Transportasi kota teranyar ini pun langsung disambut dengan antusias oleh warga Jakarta. Lantaran MRT dapat memangkas waktu tempuh Lebak-Bulus hingga Bundaran HI menjadi 30 menit saja dengan tarif minimum Rp3.000.

Dengan dimensi panjang kereta mencapai 20 meter, MRT menggunakan rangkaian rolling stock yang didatangkan langsung dari Jepang. Diharapkan, sebanyak 174 ribu orang dapat terangkut tiap harinya dengan termin kedatangan per lima menit sekali.

Fasilitas yang ditawarkan tiap gerbongnya pun sangat lengkap. Mulai dari penyejuk ruangan, dua CCTV, hand straps, kursi prioritas, dan area khusus kursi roda. Bahan material tempat duduk terbuat dari fiber reinforced plastic (FRP) yang tahan api dengan ukuran lebar 43 cm dan kedalaman 42 cm

Nah, buat kamu yang penasaran dengan transportasi terbaru Jakarta ini, Pegipegi punya tips biar nyaman naik MRT. Penasaran? Yuk, simak di bawah ini!

1. Patuhi Peraturan Demi Kenyamanan

Hal yang pertama harus dilakukan saat pertama kali tiba di Stasiun MRT adalah baca papan peraturan. Terletak di setiap sudut stasiun, ada 42 peraturan yang harus dipatuhi demi kenyamanan bersama. Mulai dari larangan minum dan makan di peron atau di kereta hingga larangan bersandar di pintu peron.

2. Isi Saldo Dulu

Untuk menikmati MRT, kamu diwajibkan memiliki kartu trip. Ada dua jenis kartu yang disediakan oleh pengelola MRT, single trip dan multi trip yang dapat dibeli di vending machine. Namun, kamu juga bisa menggunakan e-money kamu buat naik MRT, mulai dari BRI, BNI, Mandiri hingga BCA. Jadi, jangan lupa isi saldo dulu, ya!

3. Manfaatkan Fasilitas di Stasiun Sebelum Berangkat

Setiap stasiun MRT sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang dapat kamu manfaatkan. Salah satunya toilet modern. Jadi, sebelum naik kereta, kamu bisa buang air dulu biar nyaman.

Selain itu, tiap stasiun MRT juga dilengkapi ruang laktasi bagi para ibu-ibu yang sedang dalam program menyusui anak. Serta ada mushola nyaman buat para penumpang beribadah. Pokoknya, fasilitasnya sudah kaya di mall!

4. Paling Nikmat Sambil Baca Buku

Dengan durasi perjalanan 2-3 antar stasiun, ada banyak aktivitas singkat yang bisa kami lakukan. Salah seorang penumpang yang sudah menjajal MRT, Satria Perdana mengaku membaca buku adalah salah satu aktivitas yang nyaman dilakukan saat berada di dalam kereta. “Apalagi kalau sambil dengerin musik, naik MRT jauh lebih mengasyikkan, deh!” ucapnya kepada Pegipegi.

5. Utamakan Penumpang yang Keluar

Demi menjaga ketertiban saat naik dan turun dari MRT, setiap penumpang yang ingin masuk harus mendahulukan penumpang yang ingin keluar. Di setiap peron, terdapat garis kuning di kanan dan kiri yang bisa kamu gunakan untuk menunggu kereta. Semuanya wajib dilakukan demi menjaga ketepatan waktu kereta dan keselamatan antar penumpang.

6. Hindari Bawa Barang Banyak

Namanya juga transportasi massa, kenyamanan wajib dijaga oleh satu sama lainnya. Nah, biar sama-sama enak, rasanya kamu nggak perlu bawa barang banyak-banyak, deh. Kalaupun terpaksa bawa tas besar, silahkan dijinjing demi memberikan keleluasaan antar penumpang.

7. Bedakan Fasilitas Prioritas dan Reguler

Setiap rangkaian gerbong MRT sudah dilengkapi dengan fasilitas reguler dan prioritas. Khusus prioritas, pengelola sudah menyediakan tempat duduk kosong berwarna biru dengan handle (pegangan tangan) berwarna kuning. Fasilitas ini ditujukan bagi penyandang disabilitas, ibu hamil, ibu membawa anak, dan lansia.

Foto dari: Satria Perdana

Pengin main ke Jakarta? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top