Tips

7 Tips Ampuh Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Bagi kamu yang berpuasa, menahan rasa haus dan lapar adalah hal yang sudah biasa. Nah, yang agak sulit adalah menahan rasa kurang percaya diri gara-gara bau mulut.

Ada banyak faktor yang menyebabkan bau mulut terjadi saat kamu berpuasa. Namun, para dokter menyebut gangguan kesehatan ini dengan istilah halitosis.

Pasifnya rongga mulut bergerak pada siang hingga sore hari menjadi alasan mengapa bau mulut sering muncul saat puasa. Alhasil, oksigen yang diserap ke dalam mulut pun cukup minim dan ini yang membuat halitosis terjadi.

Tapi tenang, bau mulut saat berpuasa bisa banget diatasi, lho. Mulai dari mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang tepat saat sahur dan berbuka, hingga perawatan kebersihan mulut yang baik.

Nah, sebagai referensinya, Pegipegi punya beberapa tips mencegah bau mulut pada saat puasa. Yuk, simak di bawah ini!

Kumur Dengan Air Lemon

Nah, kalau pengin nafas kamu terasa lebih segar selama berpuasa, setelah santap sahur kamu bisa kumur-kumur dengan campuran dua sendok makan air jeruk lemon, seperempat cangkir baking soda, dan sejumput garam. Dengan cara ini, bakteri penyebab timbulnya bau di mulut kamu akan hilang dan membuat nafas kamu menjadi segar deh!

Hindari Makanan yang Lengket

Saat berpuasa, produksi air liur kita sangatlah minim. Nah, jika kamu mengonsumsi makanan dengan tekstur lengket seperti coklat, biskuit, hingga santan, bakteri jelas semakin cepat menyebarnya. Apalagi, kalau kamu lupa pakai obat kumur mulut, dijamin bau nggak sedap siap menggelayuti hari-hari kamu. So, hindari deh makanan lengkat biar mulut tetap terjaga kebersihannya.

Perbanyak Air Putih

Nasihat pakar kesehatan buat minum air putih delapan gelas sehari ternyata ada benarnya. Bau mulut timbul karena banyak bakteri yang bersarang di mulut saat puasa. Bakteri muncul karena kurangnya produksi air liur. Nah, dengan air putih, kamu bisa meningkatkan produksi air liur dengan cepat ketimbang mengonsumsi minuman dengan rasa. Jadi usahakan, kamu mengonsumsi banyak air minum sebelum sahur ya.

Kurangi Makanan Berbau Tajam

Intinya sama seperti makanan lengket, sih! Jika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan bau tajam, otomatis baunya akan melekat sepanjang hari di dalam mulut. Kembali soal produksi air liur yang nggak maksimal sepanjang hari. Bakteri yang menempel di sisa-sisa makanan pun akan sulit untuk diusir. Coba hindari makanan berbau seperti petai, jengkol, hingga durian sebelum sahur

Rajin Minum Teh

Untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut tak sedap saat berpuasa, kamu bisa mengonsumsi secangkir teh di waktu sahur ataupun berbuka. Teh merah ataupun teh hijau tanpa gula dipercaya bisa menangkal bau mulut karena kandungan polifenol (antioksidan pada teh) yang bisa menghancurkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Supaya hasilnya maksimal, kamu juga bisa mencampur teh dengan kayu manis secukupnya, karena kayu manis juga bermanfaat untuk menghilangkan bau pada mulut.

Konsumsi Buah atau Yogurt

Salah satu penyebab bau mulut adalah pencernaan yang nggak lancar. Nah, semuanya bisa diantisipasi dengan mengonsumsi asupan dengan serat. Buah-buahan segar adalah jawaban. Serat yang terkandung dalam buah dapat melancarkan pencernaan. Jika kamu malas makan buah, bisa juga konsumsi yogurt sehat untuk melicinkan rongga-rongga di dalam sistem pencernaan.

Maksimalkan Olahraga Ringan

Lemas sih, tapi memang harus dipaksakan. Berolahraga saat berpuasa memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengusir bau mulut. Bagaimana caranya? Well, saat tubuh kita bergerak, keringat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Nah, hal ini ternyata juga akan menetralkan bau mulut dari gas negatif yang berlebih pada siang hari. Jadi, berolahraga lah jelang buka puasa.

Kalau sudah tahu tipsnya, langsung rencankan liburan selama bulan puasa. Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top