Tips

7 Tips Ampuh Menaklukkan Keluarga Gebetan Saat Lebaran

Lebaran tinggal menghitung hari. Si dia pasti sudah nggak sabar ingin memperkenalkan kamu kepada keluarganya di tengah-tengah momen Hari Raya Idul Fitri.

Nah, ini bisa jadi kesempatan kamu, dong, buat mencuri perhatian, nggak cuma ke gebetan tetapi juga keluarganya. Apalagi, kamu tahu nggak sedikit perjuangan yang sudah kamu kerahkan buat dekat dengan si dia.

Tapi, bersilaturahmi ke keluarga gebetan itu nggak seperti memutar balik telapak tangan, lho. Ada banyak hal yang kamu harus perhatikan dan persiapan sebelum melangkah ke depan pintu rumahnya.

Nah, biar nggak gugup, Pegipegi punya 7 tips menaklukkan keluarga gebetan pada momen Lebaran seperti ini. Simak deh!

1. Perdalam Referensi

Foto: huffpost

Layaknya seorang jurnalis, kamu harus mencari banyak referensi sebelum mewawancarai seorang narasumber. Anggap saja, keluarga sang gebetan adalah narasumber. Kamu harus tahu adatnya kayak gimana, apa saja larangannya hingga cara berpakaian. Semua bisa kamu dapatkan dengan bertanya kepada gebetan kamu, deh. Jadi, saat datang ke rumahnya buat bersilaturahmi, kamu nggak bakal kaget dengan situasi di sana.

Rapi, Wangi dan Bersahaja

Foto: nova1069

Hal pertama yang dilihat orang pastinya penampilan. Nggak terkecuali buat keluarga gebetan kamu. Jika sudah tahu adat berpakaian sang keluarga, kamu bisa sesuaikan deh. Namun, jika nggak tahu sama sekali, main aman saja. Kamu bisa kenakan kemeja koko atau kemeja bermotif dengan kerah dan lengan yang rapi. Kemudian, bisa dipadukan dengan celana jeans atau celana bahan. Jangan lupa, kenakan parfum agar wangi dan bersahaja, deh!

Bawa Buah Tangan

Foto: troutcpa

Jangan biasakan ke rumah orang tuh dengan tangan kosong. Apalagi kalau pemilik rumahnya itu keluarga gebetan kamu, bisa bahaya! Kalau memang sudah direncanakan jauh hari, kamu bisa siapkan parcel Lebaran kecil-kecilan saja. Yang penting ada biskuit, sirup dan buah-buahan. Kalau memang lagi bokek, minimal bawain deh martabak manis atau asin. Intinya, bawa sesuatu yang bisa dipersembahkan kepada keluarga gebetan.

Cerdas Bukan Lebay

Foto: Youtube

Selain cara berpakaian, hal lain yang diperhatikan keluarga gebetan adalah cara berbicara kamu. Terkadang, saking gugupnya, cara berbicara kamu jadi berantakan. Bahkan, di beberapa kasus, cara berbicara yang terlalu percaya dari dan lebay justru bakan menurunkan nilai kamu di mata mereka. Resepnya? Lempar sapaaan di awal dan hanya berbicara ketika kamu ditanya. Kalau memang sudah mencair suasananya, kamu bisa keluarkan candaan-candaan cerdas atau argumen terhadap sesuatu, misalnya soal isu terkini. Siapa tahu, kedua orang tua ingin melihat kepribadian kamu lebih dalam.

Lebarkan Senyum

Foto: huffpost.com

Kamu sadar punya wajah yang menarik, postur tubuh proposional, dan tahu cara berpakaian. Tapi, semua bakal terkesan percuma jika kamu nggak murah senyum. Selain bisa bikin hati orang meleleh, senyuman yang menarik seakan jadi sinyal kalau ingin serius dengan gebetan kamu. Jurus ini bakal sangat ampuh ketika kamu sering bertukar kontak mata dengan kedua orang tua keluarga. Selain itu, senyuman juga bisa menyembunyikan rasa gugup kamu ketemu mereka.

Ramah Kepada Siapapun

Foto: cofhaymag

Senyum saja nggak cukup, bro! Kamu juga harus bisa mencairkan suasana dengan keramahan. Jika sudah selesai berbicara santai dengan kedua orang tua gebetan, kamu bisa sapa anggota keluarga lainnya. Yang paling krusial jika gebetan kamu ternyata punya kakak. Dengan sapaan sopan namun santai, kamu bisa cepat mengambil hati sang kakak agar dapat merestui hubungan kamu dengan gebetan.

Ingat Waktu

Foto: azgta

Terkadang, saking asyik ngobrol, kamu sampai lupa waktu. Bagi beberapa orang tua, lupa waktu saat bertamu adalah kesalahan yang fatal. Jangan sampai deh mereka mengusir kamu dengan cara halus. Bagaimana triknya? Kamu bisa targetkan satu jam untuk kunjungan silaturahmi kamu. Jika dirasa masih dapat kelonggaran, kamu bisa tambah satu jam lagi. Maksimal, kamu hanya butuh dua jam untuk dapat mengenal lebih dekat keluarga gebetan.

Foto utama: rd

Sudah siap bertamu ke rumah gebetan? Sekalian rencanakan liburan berikutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 195 times, 3 visits today)

Comments

To Top