Tips

7 Tips Ampuh Memulihkan Keuangan Paska Liburan

Liburan telah berakhir. Kini, saatnya kamu memulihkan sisi keuangan paska liburan.

Liburan nggak cuma bikin lelah secara fisik, tetapi juga keuangan. Kebutuhan yang berlebih membuat dana seakan mengucur deras dari kantong kamu.

Perencanaan bujet buat liburan pun menjadi hal yang sangat krusial. Tapi, bagaimana kalau kamu sudah terlanjur menghabiskan banyak uang saat liburan tanpa ada pembatasan?

Well, tenang! Pegipegi punya 7 tips memulihkan keuangan kamu setelah liburan yang mungkin bisa menjadi referensi. Penasaran? Mari disimak.

1. Evaluasi Pengeluaran

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu melakukan evaluasi pengeluaran. Catat semua pengeluaran yang kamu lakukan selama liburan, baik untuk kebutuhan primer, sekunder hingga tersier. Bandingkan dengan sisa uang yang kamu miliki sekarang agar ada bayangan seberapa besar dana yang bisa dipakai selanjutnya.

2. Lunasi Hutang

Hutang memang bisa ditunda sebelum jatuh tempo. Tetapi, ada baiknya kamu lunasi segera biar terasa lega di hati, terutama buat kamu yang menggunakan kartu kredit. Jika kamu karyawan, lunasi segera di gajian pertama setelah liburan agar nggak menunggak.

3. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit selalu menggiurkan, apalagi kalau dana fisik sudah menipis. Tapi, justru di situ fatalnya. Semakin banyak kamu menggesek, maka semakin besar pula hutang kamu di akhir bulan. Ada baiknya, kamu hindari penggunaan kartu kredit hingga kondisi keuangan bulanan kamu pulih paska liburan.

4. Anggaran Pemulihan

Kondisi keuangan kamu mungkin akan nggak stabil paska liburan. Oleh karena itu, penting buat kamu menyusun anggaran pemulihan untuk 1-2 bulan ke depan. Dalam anggaran pemulihan, kamu harus fokus untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mengurangi pengeluaran sekunder dan tersier, dalam hal ini gaya hidup. Sehingga, dana yang tersisa bisa teralokasikan dengan tepat.

5. Monitor Tiap Hari

Terkadang, pengeluaran datang tanpa disangka. Sehingga, kamu harus terus memonitor kondisi keuangan kamu. Jika biasanya kamu melakukan monitoring selama seminggu sekali. Kini, usahakan cek situasi keuangan dan pengeluarannya setiap hari. Gunakan aplikasi smartphone seperti Wally atau Acorns agar lebih mudah.

6. Income Plus Plus

Selain mengikat pinggang lebih kencang, kamu juga bisa mencari tambahan penghasilan lewat freelance, lho. Di era teknologi, kini sangat mudah bagi kamu untuk mendapatkan uang jajan tambahan lewat menulis, mengaudit data keuangan hingga fotografi. Kunjungi situs-situs seperti freelancer.com atau sribulancer.com untuk mencari proyek sampingan yang menghasilkan.

7. Tabungan Berjangka

Lewat evaluasi di awal, kamu bakal mengetahui seberapa besar pengeluaran untuk liburan. Nah, jika keuangan sudah pulih, saatnya menambung untuk liburan selanjutnya. Beberapa bank memiliki fasilitas berjangka yang bisa kamu gunakan. Dengan minimal durasi 12 bulan, dana liburan kamu selanjutnya tersusun dengan baik. Ya, seperti asuransi liburan kamu, deh.

Sambil menabung, sekalian rencanakan liburan selanjutnya! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 88 times, 1 visits today)

Comments

To Top