Tips

7 Tips Aman Membeli Smartphone Baru Saat Traveling

Pernah merasa gelisah saat kehilangan smartphone? Apalagi kalau terjadi saat sedang traveling.

Smartphone adalah hal yang nggak boleh terlupa saat traveling. Selain sebagai alat telekomunikasi, smartphone berguna untuk menyimpan banyak foto maupun video sepanjang traveling.

Nah, ketika hilang, satu-satunya cara agar komunikasi tetap berjalan adalah membeli baru. Nah, karena smartphone bukan lagi barang yang langka, kamu dapat membeli di manapun selama ada counter selular.

Nah, agar kamu nggak salah beli smartphone, Pegipegi punya 7 tips amannya, nih. Siapa tahu kamu butuh dalam keadaan darurat.

1. Pastikan Blokir Akses

Langkah pertama yang kamu harus lakukan saat smartphone hilang adalah blokir akses. Pinjam laptop atau PC hotel atau pergi ke warnet untuk mengganti semua akses, mulai dari email pribadi, akun media sosial hingga akun mobile banking. Hal ini meminimalisir aksi kriminal dari tangan-tangan yang nggak bertanggung jawab.

2. Referensi di Internet

Permainan harga yang dilakukan banyak pedagang adalah hal yang sah. Nah, biar kamu nggak terjebak pada harga yang mahal, silahkan cari referensi smartphone di internet. Kamu dapat melihat rata-rata harga smartphone yang kamu inginkan sebelum membeli langsung ke counter selular. Meski akan jauh lebih mahal sedikit, setidaknya kamu nggak kena tembak harga.

Foto: Pixabay

3. Cari Mall atau Departement Store

Mall atau department store biasanya memiliki banyak counter selular yang lebih terpecaya. Bahkan, merek-merek smartphone kenamaan pasti membuka toko khusus di sana guna memfasilitasi calon pembeli. Demi kenyamanan dan keamanan, silahkan cari mall atau department store terpercaya di lokasi wisata.

4. Ajak Kenalan Untuk Negosiasi

Jika kamu terpaksa membeli smartphone baru di counter selular pinggiran, akan lebih baik jika kamu mengajak kenalan kamu di sana. Entah itu saudara atau teman yang merupakan warga lokal, minta tolong kepada mereka untuk menghantarkan kamu. Proses negosiasi akan berjalan lebih mulus jika kamu dapat berkomunikasi seperti orang lokal di sana. Itu alasannya kenapa kamu harus mengajak kenalan untuk beli smartphone baru saat traveling.

5. Kondisi Harus Prima

Usai negosiasi, penjual akan langsung membuka boks dari calon smartphone kamu. Ia pun akan dengan senang hati menjelaskan kemampuan dari smartphone ini. Nah, pastikan kamu mengecek semua kondisi dari smartphone tersebut. Mulai dari baterai, touch screen, charger hingga perangkat lainnya. Kenapa? Biasanya, counter selular hanya memberikan garansi toko seminggu. Kamu nggak mau kan ke luar kota lagi cuma ingin komplain.

6. Kartu Garansi Produk Aman

Kartu garansi produk itu sangat penting. Jika ada kerusakan, kamu hanya perlu mengklaimnya ke perusahaan si pembuat smartphone. Nah, jika sang penjual nggak menyelipkan kartu garansi dalam perangkat, jangan terima barangnya.

7. Spesifikasi OS Yang Sama

Harga sih bukan jadi masalah. Mau mahal atau murah, tergantung pilihan kamu. Namun yang jelas, smartphone baru kamu harus memiliki spesifikasi operating system (OS) yang serupa dengan smartphone sebelumnya. Kenapa? Karena, kamu dapat mengembalikan data (restore) di smartphone lama dengan menggunakan fasilitas cloud saving. Mulai dari kontak, file gambar dan video hingga aplikasi, dapat di-restore pada perangkat yang memiliki spesifikasi operating system sama.

Sudah siap liburan? Jangan lupa pesan tiket pesawathotel murahtiket kereta api  di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top