Tips

7 Tip Memilih Sandal Gunung Nyaman

Travelers, apakah kamu penggemar segala aktivitas yang berfokus pada tantangan dan petualangan seperti hiking ke gunung, treking ke hutan, rafting di sungai, menyusuri gua? Tentunya untuk kenyamanan saat berjalan kaki di medan curam, nggak rata dan licin, kamu memerlukan sandal gunung yang tepat agar kaki terasa nyaman bebas pegal, pijakan tidak selip, bebas ancaman cidera.

Berikut tip dari pegipegi untuk memilih sandal gunung yang tepat! Ingat, salah pilih sandal bisa mengancam keselamatan mulai dari terpeleset sampai gangguan pada tulang. Nggak disarankan juga memakai sandal gunung “asal-asalan” yang saat ini marak dipakai sehari-hari—mulai dari ke kafe sampai mall.

1. Simak hasil review
Sebelum membeli sebuah barang—apalagi yang dampaknya berpengaruh pada kesehatan, biasakan untuk kritis mencari tahu lebih jauh. Caranya, bisa bertanya pada teman secara langsung, lempar di media sosial, serta cari ulasan jujur dari para pemakai yang ada di internet. Hindari bersikap terlalu polos dan mudah percaya dengan perkataan si penjual. Dari survey kecil-kecilan tersebut kamu bisa tahu apakah merk tertentu tahan terhadap segala medan, nyaman dipakai, cocok di semua cuaca, baik kondisi basah atau kering.

2. Sesuaikan dengan bentuk dan ukuran kaki
Setelah kamu punya beberapa merk pilihan, tahap selanjutnya dalam memilih sandal gunung yang nyaman di kaki harus sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki. Hindari membeli sandal yang terlalu pas, atau terlalu besar. Sandal yang kesempitan nggak memungkinkan kita untuk memakai kaus kaki. Risikonya, kaki jadi lecet terkena sandal yang sering bergeser. Sementara jika terlalu besar, kaki akan terus tergelincir dari dudukan sandal, terutama ketika menyusuri turunan curam.

t6

3. Jahitan harus kuat
Memeriksa jahitan pada tiap sisi sandal gunung juga wajib dilakukan sebelum menentukan mana yang harus dibeli. Jahitan kuat bisa mendukungmu melakukan aktivitas outdoor. Dengan begitu kamu tidak akan merasa khawatir dan panik bila jahitan terlepas. Kalau lokasinya ada di tengah keramaian, barangkali tidak masalah karena kamu bisa membeli yang baru. Tapi kalau terjadi di atas gunung atau di tengah hutan, kamu akan repot sendiri.

4. Bahan yang nyaman
Travelers, memilih bahan untuk sandal gunung juga penting lho. Untuk kenyamanan kaki saat beraktivitas, kamu harus memilih bahan yang kuat sekaligus fleksibel karena medan yang akan kamu lalui tidak pernah bisa ditebak dan kamu pasti ingin menggunakannya selama mungkin ‘kan? Selain itu, bahan sandal gunung yang tepat juga akan membuat kaki nyaman memakainya biarpun harus berjalan cukup jauh.

t3

5. Perhatikan alas sandal
Travelers, memilih sandal gunung dengan alas tipis bisa jadi bencana, lho. Kenapa? Karena bila dipakai terlalu sering, alasnya makin rata, menipis dan terasa licin sehingga cukup membahayakan. So, kamu disarankan memilih alas sandal gunung yang keras karena lebih pas untuk pijakan dibandingkan dengan alas yang tipis atau empuk karena cenderung licin. Selain itu, pilihlah sandal gunung dengan grip mengarah ke belakang agar saat berjalan menanjak kamu tidak terpeleset dan grip belakang menghadap ke depan karena ini cocok dipakai untuk medan yang menurun.

dsw

6. Bentuk jepit atau selop?
Kedua jenis sandal gunung ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Model jepit sangat nyaman dipakai saat medan menurun karena kaki seperti diganjal, sehingga tidak akan membuat kakimu meluncur ke bawah. Biar nyaman, kamu harus memakai kaos kaki dengan model ibu jari terpisah. Sedangkan bila menggunakan modal sandal gunung selop, kamu dapat pakai kaos kaki apa saja. Namun kekurangan model selop adalah saat mendaki atau melewati jalanan menanjak, punggung kaki rasanya seperti ditarik.

7. Sesuaikan dengan dana
Barangkali kamu memimpikan satu jenis sandal gunung yang konon awet, tahan lama, nyaman, dan juga fleksibel, tapi setelah melihat harganya kamu justru shock. Lalu, apa yang harus dilakukan? Travelers, kalau dana kamu terbatas, tidak usah nekat membeli sandal gunung yang wah dan harganya selangit karena di pasaran juga ada produk dengan harga bersahabat dan awet. Satu hal yang wajib dihindari, membeli sandal gunung bekas. Bentuk alasnya yang sudah mengikuti kaki pemilik pertama, belum tentu cocok dengan kakimu. Selain nggak nyaman dipakai, tulang juga berisiko terganggu, tuh.

Sandal gunung idaman sudah di tangan, makin antusias untuk bertualang, kan? Jangan lupa, beli tiket pesawat dan hotelnya di pegipegi, ya! Cuma di sini yang berani kasih jaminan harga termurah.

Photos by www.teva.com

Beli Tiket Pesawat Cari Hotel Murah

(Visited 8,907 times, 1 visits today)

Comments

To Top