Destinasi

7 Tempat Wisata di Solo yang Selalu Jadi Favorit

Kalau kamu berencana ke Yogyakarta, jangan lupa main ke Solo. Soalnya, di Solo juga banyak tempat wisata indah yang bisa kamu kunjungi. Dengan menikmati 7 tempat wisata di Solo berikut ini dijamin kamu bakal makin cinta dengan alam dan kebudayaan Indonesia!

Museum Danar Hadi Solo

Museum Danar Hadi adalah museum yang mengoleksi berbagai model batik. Bukan hanya batik lokal, tapi juga batik dari berbagai negara. Bahkan, ada batik-batik antik yang sudah eksis sejak masa penjajahan Belanda, Jepang, bahkan sampai Indonesia merdeka. Kalau kamu datang ke sana, kamu bakal bisa membedakan berbagai jenis batik, seperti batik kraton, batik Belanda, batik China, batik Hokokai, dan batik Indonesia. Di sana kamu diwajibkan untuk menjaga agar batik di sana nggak rusak dan kotor. Caranya adalah dengan tidak menyentuhnya. Kamu juga boleh foto-foto koleksi batik di sana asal nggak menggunakan flash kamera.

Alamat: jalan. Brigjen Slamet Riyadi, Kota Surakarta.

danhad

www.jalansolo.com

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Dulu, keraton ini merupakan kerajaan Mataram, tapi karena permasalahan politis dengan Belanda akhirnya Kerajaan Mataram dipecah jadi dua, yaitu Kasunanan Surakata yang dipimpin oleh Pakubowono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi. Keraton Kansunanan Surakarta Hadiningrat adalah cikal bakal kota Surakarta yang lebih dikenal sebagai kota Solo. Pakubuwono III mendirikan keraton ini sejak tahun 1744, sehingga tempat ini sangat menyimpan banyak nilai sejarah tentang Solo. Uniknya, arsitektur keraton ini terinspirasi dari Eropa dan Jawa dengan nuansa putih dan biru.

Alamat: Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon.

3-Keraton-Kasunanan-A

www.visitcentraljava.com

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang identik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, taman ini disajikan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan. Karena Sultan Pakubuwono X terinspirasi mitos tentang keberadaan sebuah taman di surga. Sekarang, siapa pun bisa datang ke mari untuk berwisata. Makin lama, pengunjungnya makin ramai, apalagi di sana ada Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabrata dan Ramayana. Di sana juga banyak fasilitas hiburan untuk semua umur, restoran kecil, dan stand penjualan souvenir.

Alamat: Jalan Brigjen Slamet Riyadi 275, Penumping,Laweyan.

taman-sriwedari

www.solopelajar.wordpress.com

Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro merupakan bagian dari jalanan di Solo yang disulap sedemikian rupa menjadi kawasan yang nyaman untuk berkumpul. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh anak muda yang biasanya nongkrong setiap Sabtu dan Minggu pukul 19.00 – 21.00 WIB untuk bergaul atau pacaran. Selain digunakan untuk nongkrong dan pacaran, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat untuk berdagang bak pasar malam dengan harga serba murah. Barang-barang yang dijual oleh para pedagang antara lain kerajinan, batik, souvenir, kuliner khas Solo, dan sebagainya.

ALamat: jalan Diponegoro (Mangkunegaran), Surakarta.

ngarsopuro1

www.telusuriindonesia.com

Kebun Binatang Taru Jurug

Tara Jurug merupakan kebun binatang kebanggaan warga Solo. Setiap weekend atau hari besar, kebun binatang ini ramai akan pengunjung. Jangan khawatir bakal kepanasan di sini karena kebun binatang ini dikelilingi pohon-pohon yang besar dan rindang. Makanya, banyak juga yang mampir ke sini untuk beristirahat. Koleksi binatang yang bisa kamu lihat di sana antara lain merak hijau, macan tutul, harimau Sumatera, ulau, komodo, iguana, kuda, landak, burung, beruang, kera, zebra, unta, buaya, merak, kijang, gajah, siamang, dan lain-lain.

Alamat: jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres.

gapura-taman-satwa-taru-jurug

www.kesolo.com

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum ini merupakan museum unik yang memiliki koleksi berupa fosil-fosil manusia purba. Ada fosil manusia purba di sana yang berumur lebih dari ratusan tahun, bahkan jutaan tahun. Saking banyaknya koleksi fosil manusia purba di sana, Museum Manusia Purba Saingan menjadi museum fosil terlengkap di Asia. Bukan cuma fosil manusia purba, tapi di sana juga ada fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba.

Alamat: Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen.

IMG_20141223_105202

www.jatengprov.go.id

Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisata alam ini adalah wisata alam yang paling terkenal di Solo. Pemandangan indah dan udara yang sejuk menjadikan tujuan utama bagi para pengunjung untuk berakhir pekan bersama orang terdekat. Apalagi di sana banyak villa, penginapan, restoran, dan fasilitas lainnya. Lucunya, di sekitar air terjun banyak kera dan kamu bisa menikmati sate kelinci di sana. Yang bikin air terjun ini unik adalah adanya tradisi upacara Dukhutan, Mondosiyo, Suryo Jawi yang boleh diabadikan oleh kamera.

Alamat: Tawangmangu, Kecamatan Karanganyar.

Air-Terjun-Jumog

www.anekatempatwisata.com

Seru kan tempat wisata di Solo? Nah, sebelum ke sana mending cari dulu hotel murah dengan harga terjangkau hanya di pegipegi.com!

(Visited 56,972 times, 2 visits today)

Comments

To Top