Destinasi

7 Tempat Wisata di Banyuwangi, Jawa Timur yang Harus Dikunjungi

Banyuwangi yang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur memiliki kawasan beragam, mulai dari dataran rendah hingga pegunungan. Sehingga, ada cukup banyak tempat wisata indah yang bisa dikunjungi di sana. Pegipegi punya rekomendasinya, nih. Ada apa aja, ya?

1. Kawah Ijen

Kawah Gunung Ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satu tujuan wisatawan datang ke Kawah Ijen adalah ingin melihat semburan api bewarna biru (blue fire). Bila ingin melihat blue fire, kamu harus mendaki terlebih dahulu, karena ketinggian kawah berada sekitar 2.443 meter dari permukaan laut. Waktu terbaik untuk melihat blue fire adalah sekitar pukul 2 hingga 3 subuh.

Jangan lupa untuk menyaksikan matahari terbit di Gunung Ijen. Dari gunung ini, kamu juga bisa melihat pesona gunung lain, seperti Gunung Merapi, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante. Kamu juga bisa menyaksikan kegiatan para penambang di Kawah Ijen. Mereka biasanya turun ke dasar kawah untuk mengumpulkan bongkahan belerang lalu dibawa dan ditampung di puncak gunung.

2. Pulau Merah

Pulau Merah memiliki bentuk yang menyerupai pegunungan di tengah pantai. Airnya jernih seperti kristal dan pasirnya sangat putih, sehingga bisa memanjakan matamu. Di bagian timur pantai ada barisan gunung. Suasana pantai semakin asri karena di sana ada banyak pohon kelapa dan pisang yang menambah kerindangan. Di bagian selatan dari Pulau Merah, kamu bisa menikmati matahari terbenam dengan lebih maksimal. Saat laut di sana surut, kamu bisa berjalan kaki sambil menikmati keindahan “gunung” kecil di tengah pantai yang warna tanahnya merah. Itulah sebabnya, pulau ini diberi nama Pulau Merah.

3. Pantai Green Bay

Pantai Green Bay dikenal juga dengan sebutan Pantai Teluk Ijo. Pantai ini memiliki pemandangan indah sempurna dengan pasir lembut. Airnya jernih berwarna biru kehijauan dan batu karangnya cantik. Pantai Green Bay masih terhitung sebagai bagian dari Pantai Pulau Merah dan pantai selatan lainnya, juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Dinamakan Teluk Ijo, karena air laut yang jika dilihat dari kejauhan berwarna hijau. Warna air laut yang nampak hijau ini disebabkan oleh tumbuhan Alga yang berada di dasar laut. Selain itu, pepohonan dan gunung gunung di sekeliling pantai memperkuat karakter hijau dari pantai ini.

4 Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan adalah pulau kecil yang memiliki luas hanya 5 sampai 6 hektar. Pulau ini juga tidak berpenghuni. Meskipun tidak terlalu besar, namun ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana, seperti snorkeling, karena ombak di sana cenderung tenang. Pilihlah spot yang agak tengah. Kalau nggak suka snorkeling, cukup bikin rileks pikiran kamu dengan cara mengelilingi pulau dan foto-foto di setiap sudutnya yang instagenic. 

5. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Ombaknya cukup besar dan pasirnya cokelat, teksturnya halus. Pantai Sukamade juga ditumbuhi oleh pohon-pohon besar dan lingkungannya masih asri. Di sekitarnya ada banyak penyu dengan berbagai spesies. Yup, pantai tersebut memang sudah menjadi habitat penyu-penyu. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke sana untuk melihat tempat penangkaran penyu sekaligus mengetahui proses penyu bertelur.

6. Pantai Grand Watu Dodol

Pantai Grand Watu Dodol memiliki pemandangan indah dan di sana banyak pohon untuk menjadi tempat berteduh. Pantai ini juga menawarkan keindahan taman bawah laut dengan berbagai jenis kehidupan bawah laut yang mampu menghipnotis kamu. Jadi, bagus banget untuk snorkeling. Kamu bisa memesan peralatan snorkeling seharga Rp 25 ribu*, jasa penandung Rp 25 ribu*, dan menyewa alah diving dengan tabung oksigen seharga Rp 350 ribu*. Letak terumbu karangnya hanya berjarak 5 meter dari dataran. Dengan kedalaman 3 meter aja, kamu sudah bisa menikmati keindahan taman laut ini. Jika nggak pengin snorkeling, kamu bisa keliling pulau dengan menyewa perahu seharga Rp 10 ribu* per orang.

7. Pasar Ikan Muncar

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak laut dan menghasilkan banyak ikan. Salah satu kota penghasil ikan terbesar di Indonesia adalah Banyuwangi, tepatnya di Pasar Ikan Muncar yang kini menjadi kawasan ekowisata bahari. Selain bisa menikmati pemandangan bahari, di sana kita juga bisa berbelanja bahan laut dengan nyaman.

Jadi nggak sabar kan pengin liburan ke Banyuwangi? Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Banyuwangi lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke banyuwangi  cari hotel murah di banyuwangi

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top