Destinasi

7 Tempat Wisata Cirebon yang Seru buat Kamu Jelajahi

tempat wisata cirebon

Meski merupakan kota kecil, Cirebon justru termasuk salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Cirebon sendiri memiliki lokasi yang strategis. Bagi kamu yang berasal dari Jakarta, sekitaran Jawa Tengah, atau Jawa Barat dan memilih kota ini untuk berlibur, berikut ini adalah daftar tempat wisata Cirebon yang bisa banget masuk ke dalam daftar liburan selanjutnya!

Taman  Sari Gua Sunyaragi

tempat wisata cirebon

Kompleks wisata berikut ini cocok bagi kamu para pencinta sejarah. Kompleks Gua Sunyaragi tidak hanya menyuguhkan keindahan sisa-sisa bangunan Kerajaan Cirebon saja. Berlokasi di Kesambi, Cirebon, objek wisata ini menawarkan gaya arsitektur yang diterapkan pada abad 17 silam. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kisah tempat wisata ini, kamu bisa memanfaatkan jasa pemandu yang disediakan. Selain berkeliling sambil mengenal sejarah, kamu juga bisa memanfaatkan spot-spot menarik untuk mengabadikan momen bersama teman atau keluarga.

Tiket masuk Taman Sari Gua Sunyaragi ini relatif terjangkau. Cukup dengan merogoh kocek Rp10.000* hingga Rp20.000* per orang, para wisatawan bisa berlama-lama menikmati keindahan sisa-sisa bangunan kuno yang ditawarkan.

Alamat: Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon

Bukit Gronggong

Bukit Gronggong merupakan kawasan dataran tinggi yang terletak di perbatasan Kuningan dan Cirebon. Suasananya yang sejuk dan asri menjadikannya sebagai salah satu tempat yang ideal untuk melepaskan penat. Bukit Gronggong bakal menyuguhkan panorama yang jauh lebih memanjakan mata pada malam hari. Kerlap-kerlip lampu yang terlihat dari ketinggian bukit mampu menghadirkan nuansa yang syahdu. Di tempat wisata Cirebon satu ini terdapat banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan. Ada juga sejumlah restoran yang menawarkan menu-menu menarik untuk dinikmati bersama pasangan.

Alamat: Patapan, Kec. Beber, Cirebon

Batu Lawang

tempat wisata cirebon
Sumber: IG @batulawangcirebon_official

Destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Gembol, Cirebon ini mulai naik daun di kalangan wisatawan. Di lahan tersebut para wisatawan bisa memanjakan mata dengan menyaksikan keindahan alam berupa tebing bebatuan yang terbentuk secara alami. Menariknya, bebatuan tersebut terlihat seolah-olah seperti gerbang yang sangat megah. Objek wisata yang dibuka untuk umum pada 2016 ini juga termasuk salah satu tempat Instagramable di Cirebon. Pasalnya tempat ini menghadirkan sejumlah tempat ciamik untuk mengambil foto.

Pengunjung pun bisa menguji adrenalin dengan aktivitas-aktivitas seru seperti panjat tebing, mengendarai ATV, dan flying fox. Tentunya, lokasi wisata ini didukung oleh fasilitas umum yang memadai.

Alamat: Cupang, Kec. Gempol, Cirebon

Kampung Batik Trusmi

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, kamu bisa membeli berbagai jenis batik dengan motif Mega Mendung yang khas. Kampung Batik Trusmi sendiri terletak di Kecamatan Weru. Di sini, para pedagang menawarkan kain-kain batik produksi rumahan dengan harga yang beragam. Pengunjung tidak akan kehabisan pilihan. Pasalnya kawasan kampung batik ini memiliki puluhan toko yang menjajakan aneka jenis batik, mulai dari kemeja hingga kain untuk seragam. Di samping itu, terdapat pula fasilitas workshop yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk belajar membatik maupun mengetahui proses pembuatan batik.

Alamat: Plered, Cirebon

Telaga Remis

tempat wisata cirebon
Sumber: IG @pesonakuningan

Nggak jauh dari Cirebon, tepatnya Kuningan, terdapat satu destinasi wisata alam yang wajib dijelajahi, yakni Telaga Remis. Diberi nama Remis karena kawasan tersebut merupakan habitat bagi kerang kuning yang disebut ‘remis’ oleh penduduk sekitar.

Salah satu daya tarik tempat wisata Cirebon ini adalah jajaran pepohonan pinus yang tumbuh dengan rindang. Suasana tenang yang disuguhkan telaga ini bisa sambil dinikmati dengan menaiki sepeda air maupun memancing.

Alamat: Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan

Keraton Kasepuhan

Satu lagi tempat wisata Cirebon dengan nilai sejarah yang kental. Bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Cirebon, destinasi wisata ini wajib masuk ke dalam bucket list. Bukan tanpa sebab, bangunan Keraton Kasepuhan merupakan kesultanan pertama di kota ini.

Keraton yang terletak di Lemahwungkuk, Cirebon, dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II. Sama seperti tempat bersejarah lainnya, keraton ini juga menyimpan banyak cerita menarik, termasuk menyaksikan benda-benda peninggalan sultan. Bagi kamu pencinta sejarah kesultanan, datanglah pada tanggal 1 Syawal. Pasalnya, setiap tanggal tersebut pihak keraton akan mengeluarkan kereta kesultanan untuk dimandikan yang bisa disaksikan oleh pengunjung.

Alamat: Jalan Kasepuhan No. 4, Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Masjid Merah

tempat wisata cirebon
Sumber: IG @explorecirebon

Cirebon juga terkenal sebagai kota religi. Hal ini karena Cirebon memiliki salah satu bangunan religi yang populer, yakni Masjid Al Athya yang terletak di Lemahwungkuk. 

Bangunan yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Merah ini menjadi ikon wisata religi di Kota Cirebon. Warna merahnya yang mencolok menjadi ciri khas tersendiri dari bangunan yang berusia 541 tahun ini.

Jika dilihat sekilas memang seperti candi-candi dalam agama Hindu atau budaya Tionghoa karena warna yang digunakan. Masjid ini sendiri merupakan simbol akulturasi budaya di Cirebon agar agama Islam pada saat itu bisa diterima oleh masyarakat setempat.

Alamat: Jalan Panjunan No. 4, Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Itu dia rekomendasi tempat wisata Cirebon yang seru untuk kamu jelajahi. Tempat-tempat tersebut juga cocok bagi kamu yang ingin mempercantik feed media sosial, loh. Jangan lupa pesan tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo di Pegipegi agar perjalananmu ke Cirebon jadi lebih hemat!

PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: