Destinasi

7 Tempat Piknik Hits di Jabodetabek buat Liburan Singkat

tempat piknik hits di jabodetabek

Siapa bilang jalan-jalan asyik bareng keluarga tercinta harus mengeluarkan budget besar? Daripada bingung mau ke mana saat akhir pekan nanti, mending ajak piknik saja, yuk! Kamu bisa pilih beberapa tempat outdoor dengan nuansa alam yang ada di Jabodetabek. Mulai dari hutan kota, taman rekreasi, hingga kebun raya.

Selain bisa menghilangkan penat, beberapa spot piknik juga menyediakan area bermain buat anak-anak, loh. Jadi, kamu tetap bisa bersantai sambil memantau si kecil yang sedang asyik mengeksplorasi rasa ingin tahunya. Nah, sebagai referensi, berikut ini rekomendasi tempat piknik hits di Jabodetabek untuk alternatif tujuan liburan singkat. Check it out!

Jakarta

Hutan Kota GBK

tempat piknik hits di jabodetabek
Sumber: gbk.id

Tempat piknik di Jakarta yang pertama adalah Hutan Kota Senayan atau populer disebut Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK). Dulunya, kawasan ini merupakan lapangan golf di kompleks Stadion GBK. Namun, semenjak direnovasi untuk menyambut Asian Games 2018 lalu, spot ini disulap menjadi hutan kota seluas empat hektare.

Seakan menjadi oase di tengah Kota Jakarta, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan rumput hijau berpadu dengan kolam air yang berada di tengah-tengah. Cocok banget untuk suasana piknik yang teduh.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Buka: Selasa–Minggu, pukul 06.00–10.00 WIB dan pukul 15.00–18.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis

Ekowisata Mangrove PIK

tempat piknik hits di jabodetabek
SUMBER: IG @TWA_MANGROVE

Kalau diperhatikan, lokasi kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) ini mirip suasana alam di Bali. Karena itulah, tempat yang juga dikenal dengan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk ini menjadi spot piknik outdoor yang banyak diminati warga Jakarta.

Bukan hanya hutan yang bisa kamu explore, tapi di sini ada juga danau buatan yang cantik dan menyegarkan mata. Kawasan ini memiliki luas sekitar 99 hektare dan 40 persen lahannya dimanfaatkan untuk pengelolaan hutan mangrove.

Alamat: Jalan Katamaran Indah 1, Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara
Buka: Senin–Minggu, pukul 07.00–18.00 WIB
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp30.000*–35.000* per orang (dewasa) dan Rp15.000*–Rp20.000* per orang (anak-anak)

Tebet Eco Park

tempat piknik hits di jakarta
Sumber: IG @tebetecopark

Diresmikan April 2022 oleh Gubernur DKI Anies Baswedan, Tebet Eco Park (TEP) menjadi magnet baru bagi warga ibu kota. Taman kota yang dulunya bernama Taman Honda Tebet ini merupakan salah satu tempat piknik hits di Jakarta yang menghadirkan keseruan untuk berbagai kalangan dan usia.

Memiliki luas 7,3 hektare, TEP tidak hanya berfungsi sebagai taman rekreasi, tapi juga dikembangkan untuk sarana interaksi dan edukasi bagi anak-anak. Terdapat dua area, yaitu Utara dan Selatan, dengan masing-masing area didukung dengan taman-taman tematik dan playground yang asyik untuk tempat bermain si kecil.

Alamat: Jalan Tebet Barat Raya, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan
Buka: Setiap hari, pukul 06.00–21.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis

Bogor

Situ Gede

tempat piknik hits di bogor
SUMBER: IG @JALANJALANDIBOGOR (@DEVI.ZILIWU)

Wisata situ atau danau di Bogor memang selalu ramai pengunjung, salah satunya Situ Gede. Lokasinya yang relatif jauh dari jalan raya membuat suara kendaraan tidak terdengar sedikit pun. Hijaunya perbukitan dan rawa di sekeliling membuat view di sini terasa lebih sempurna.

Terdapat pula fasilitas perahu untuk mengarungi telaga asri dengan luas sekitar enam hektare. Kalau ingin piknik kecil-kecilan juga bisa, loh. Sambil menunggu sunset di sore hari, akan seru bila diisi dengan kegiatan memancing atau sekadar bercengkerama.

Alamat: Jalan Cilubang Malang No. 37, Bogor Barat, Kota Bogor
Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp2.000*–4.000* per orang

Kebun Raya Bogor

tempat piknik di bogor
SUMBER: IG @KEBUNRAYABOGOR (@BOGORPRIVATETOUR)

Kalau sudah di Bogor, belum lengkap rasanya tanpa ke Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor. Kebun seluas 87 hektare ini menyimpan puluhan ribu koleksi pohon dan tumbuhan. Di akhir pekan, Kebun Raya Bogor selalu ramai pengunjung yang membawa serta anak-anak untuk berbaur dengan alam.

Tidak sedikit juga pengunjung yang membawa tikar kecil untuk menggelar piknik bersama keluarga. Oh ya, jangan lewatkan berfoto di atas Jembatan Merah atau Jembatan Gantung Hulu sepanjang 20 meter yang merupakan salah satu ikon Kebun Raya Bogor.

Alamat: Jalan Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
Buka: Setiap hari, pukul 08.00–16.00 WIB
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp16.500*–Rp26.500* per orang

Depok

Taman Rekreasi Wiladatika

tempat piknik hits di depok
SUMBER: IG @WILADATIKA_CIBUBUR

Berikutnya, kita melipir ke daerah Depok. Di sini, ada tempat piknik keluarga yang populer, yaitu Taman Rekreasi Wiladatika. Jika berangkat dari Kota Depok, butuh waktu sekitar 30 menit berkendara menuju Taman Rekreasi Wiladatika. Taman seluas 15 hektare ini cocok bagi kamu yang ingin membawa keluarga dan anak-anak liburan singkat tanpa harus ke luar kota.

Suasananya tenang dan masih terlihat asri, dikelilingi pepohonan rindang berjejer rapi dan taman bunga. Tidak jauh dari gapura depan, kamu akan melihat indahnya kolam air mancur. Juga, ada fitur Rabbit House, gua mini, perahu air, dan playground area yang aman untuk anak.

Alamat: Jalan Jambore No. 1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok
Buka: Setiap hari, pukul 08.00–16.00 WIB
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp10.000* per orang

Tangerang

Scientia Square Park

tempat piknik hits di tangerang
Sumber: IG @scientiasquare.park

Daya tarik dari spot wisata keluarga kekinian satu ini yaitu memiliki banyak koleksi binatang unik yang jarang ditemukan di Indonesia. Sambil menggelar piknik bersama keluarga, kamu bisa mencoba atraksi yang menarik, seperti wall climbing, meet and greet furry fellas, the buffalo, dan owl show. Berkunjung ke sini bukan hanya membuat anak kecil bahagia, tapi orang dewasa juga, loh. Apalagi, bisa foto-foto cantik di berbagai spot. Hitung-hitung menambah koleksi foto di media sosial.

Alamat: Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten
Buka: Setiap hari, pukul 08.00–19.00 WIB
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp45.000* (weekdays) dan Rp95.000* (weekend)

Itulah tujuh tempat piknik hits di Jabodetabek untuk tujuan rekreasi low budget bersama keluarga. Semoga list di atas bisa menjadi referensi jalan-jalan asyik saat weekend nanti, ya. Buat kamu yang dari luar Jabodetabek dan ingin #PegipegiLagi liburan ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, jangan ragu pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus & travel, serta hotel murah hanya di Pegipegi. Saatnya #PegipegiYuk!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS & TRAVEL PESAN HOTEL MURAH

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Jangan lupa install aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store untuk memudahkan transaksi kamu, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: