Destinasi

7 Taman Rekreasi Penuh Edukasi di Indonesia Buat Liburan Bareng Anak

Rindu ajak anak atau keponakan liburan? Tenang! Karena, kamu bisa ajak mereka traveling sambil belajar, lho.

Saat ini, ada banyak banget taman rekreasi yang menawarkan pusat edukasi di dalamnya. Mulai dari museum prasejarah dengan kisah yang menarik, taman aquarium yang kaya akan biota bawah laut hingga padang rumput luas dengan gimik seru di dalamnya bisa kamu kunjungi.

Fasilitas dan fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap. Sehingga, para anak bisa asyik bermain sambil belajar hal-hal baru yang belum pernah diketahui.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya referensi 7 taman rekreasi buat ajak anak liburan sambil belajar di Indonesia. Simak, yuk!

Jakarta Aquarium

Terletak di Neo Soho Mall, Jakarta Aquarium menyajikan taman rekreasi dengan tema laut yang mana kamu bisa merasakan sensasi kebun binatang mini! Di sini, kamu nggak cuma melihat, tapi juga menyentuh beberapa binatang laut. Jenis ikan yang ada di sana antara lain Mandarin Fish, Pari Elang, Coconut Crab, Hiu Pari, Cardinal Banggai, dan lain-lain. Tentunya ada penguin penguin lucu yang jadi primadona di sana. Menariknya, di Jakarta Aquarium juga ada pertunjukkan dongeng bawah laut yang menggunakan teknik ilusi dan kemampuan hebat perenang profesional.

Kuntum Farmfield, Bogor

Nggak ada yang lebih istimewa selain membuat buat hati ceria. Nah, biar weekend ini bersama buah hati makin berkualitas, yuk ajak main mereka ke Kuntum Farmfield. Berada di kawasan Tajur, Bogor, Kuntum Farmfield berada nggak jauh dari Pintu Tol Jagorawi. Mengusung konseo destinasi wisata peternakan, Kuntum Farmfield seakan jadi area bermain yang cukup menarik buat anak-anak. Di dalam, pengunjung dapat bermain dengan berbagai macam hewan ternak sapi, kambing, kelinci, burung hingga kuda.

De’Ranch, Bandung

De’Ranch Lembang adalah tempat wisata dengan konsep ala koboy Amerika. Kamu bisa merasakan menjadi koboy seperti di Amerika. Hihihi… Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana adalah menjelajah kawasan De’Ranch yang meliputi peternakan kuda dan sapi, perkebunan, padang rumput, dan lain-lain. Jangan lupa gunakan atribut ala koboy, seperti baju koboy, sepatu koboy, topi koboy, dan lain-lain. Difoto juga, ya, travelers!

Taman Pintar, Yogyakarta

Dengan mengusung konsep edutainment, taman ini menawarkan pengalaman belajar dengan cara yang menyenangkan bagi anak-anak, mulai dari anak usia pra-TK hingga sekolah menengah. Memiliki sejumlah zona edukasi, kamu bisa bermain sambil belajar saat berkunjung ke Taman Pintar. Mulai dari zona koleksi keris, zona batik, zona air, zona otomotif, zona seputar teknologi, nuklir, cuaca dan iklim, zona sejarah, zona kepustakaan, planetarium, hingga zona edukasi untuk anak TK dan pra-TK atau PAUD.

Museum Purbakala Sangiran, Sragen

Mau berburu sejarah purbakala yang ada di Indonesia, khususnya Pulau Jawa? Yuk, main ke Museum Purbakala Sangiran di Sragen, Jawa Tengah. Di sini tersedia berbagai informasi tentang habitat, pola kehidupan, binatang yang hidup bersama manusia pada zaman itu, hingga proses terjadinya bentang alam dalam kurun waktu tidak kurang dari 2 juta tahun lampau. Di dalam museum ini terdapat sekitar 13.809 koleksi fosil manusia purba dan merupakan terlengkap di Asia. Ada juga fosil hewan bertulang belakang, fosil binatang air, batuan, fosil tumbuhan laut, alat-alat batu, dan beberapa jenis hewan seperti badak, sapi, rusa, banteng, dan kerbau.

Museum Satwa, Malang

Berlokasi di jalan Oro-Oro Ombo 9, Batu, destinasi ini adalah museum satwa pertama di Indonesia. Dikelola langsung oleh Jawa Timur Park Group, Museum Satwa menawarkan berbagai koleksi binatang dari berbagai belahan dunia. Nggak kurang ada 1.000 spesies satwa liar dan 10 ribu serangga yang dapat kamu jumpai di Museum Satwa ini. Berbagai diorama dinosaurus dari zaman purba menjadi daya tarik tersendiri. Museum Satwa dihuni oleh berbagai macam satwa yang diawetkan untuk menjaga keasliannya. Kamu dapat bertemu dengan beruang kutub yang terlihat marah atau menyaksikan seekor singa Afrika berburu zebra.

The Bagong Adventure, Malang

Selain ada Museum Satwa, Malang juga punya satu lokasi edukasi yang nggak kalah unik, The Bagong Adventure atau Museum Tubuh. The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan tempat wisata edukasi yang menampilkan anatomi tubuh manusia. Berdiri di atas lahan 1 hektar, museum berbentuk relief tubuh manusia dengan karakter Bagong, yang terdiri dari 6 lantai. Pameran anatomi tubuh manusia di Museum Tubuh The Bagong Adventute ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern guna mendukung zona di dalamnya. Mulai dari zona gigi, zona telinga, zona hidung, zona otak, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, dan masih banyak zona lainnya.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top