Destinasi

7 Sungai Dekat Jakarta yang Seru Buat Rafting

Akhir pekan nanti ada rencana rafting? Well, buat kamu yang tinggal di Jakarta, mustahil dapat menemukan sungai cantik dan seru buat rafting.

Tapi, tenang saja. Kamu tetap dapat rafting dengan mengunjungi beberapa sungai yang lokasinya dekat dari Jakarta.

Soal tantangannya, nggak perlu khawatir. Kamu bakal dapat arus yang deras serta jeram berbatu yang ekstrim. Jadi, pulang dari rafting, kamu dapat pengalaman baru yang nggak terlupakan.

Nah, kira-kira di mana saja sih? Berikut tujuh rekomendasi sungai buat rafting dekat Jakarta yang bisa jadi referensi kamu. Yuk, disimak!

Sungai Cisadane

Berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Sungai Cisadane dikenal sebagai tempat rafting yang menantang. Jeram yang berbatu membuat arus air meluncur deras, membuat kamu harus bekerja keras melewatinya. Panorama di Sungai Cisadane juga sangat asri karena berada di dekat Gunung Salak dan Pangrango.

Sungai Kalibaru

Lokasinya sangat mudah dicapai karena hanya 10 menit dari pusat kota Bogor. Sungai Kalibaru memiliki jeram yang santai. Bebantuannya pun terbilang nggak sebesar sungai-sungai di luar kota Bogor. Akan tetapi kamu masih dapat menikmati serunya rafting di dalam tiga buah dam yang tersedia. Ukuran sungainya yang nggak terlalu lebar membuat rafting di Sungai Kalibaru jauh lebih aman.

Sungai Cimanuk

Sungai yang satu ini cukup menarik. Berada di Kecamatan Bayongbong, Garut, Sungai Cimanuk punya arus yang nggak terlalu liar. Asyiknya lagi, sambil rafting kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kebun dan sawah di sepanjang sungai. Tinggal pilih satu dari empat trek yang disediakan, serta tiga tingkat kesulitan berbeda. Selain itu, rafting di Sungai Cimanuk sudah dilengkapi dengan safety maksimal dan arahan dari para pemadu.

Sungai Cikadang

Bagi yang sering rafting, Sungai Cikadang adalah tempat yang pas buat melatih skill. Tepatnya berada di wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Garut, arus air di sungai ini sangat deras dan tinggi gelombang airnya sekitar 1-3 m. Dengan panjang 28 km dan waktu tempuh sekitar 4-5 jam, sungai Cikandang sering digunakan ahli arung jeram untuk latihan fisik dan mental. Asyiknya rafting di sini, airnya masih sangat jernih dan berhulu ke kaki Gunung Papandayan

Sungai Palayangan

Rafting di sungai yang satu ini sudah siap dengan tantangannya. Sungai Palayangan hadir arus deras serta bebantuan licin. Dengan lebar sungai yang hanya lima meter, kamu dituntut ekstra konsentrasi penuh mengendalikan perahu kamu. Lokasinya sendiri sangat mudah diakses dari Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung Selatan. Jadi, setelah usai rafting di sini, tinggal main ke Bandung, deh.

Sungai Citarik

Berada di dalam Taman Nasional Gunung Halimun, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Sungai Citarik cukup populer di kalangan pecinta rafting. Sungai Citarik menyediakan arus yang deras serta bebatuan yang cukup tajam. Enaknya rafting di Sungai Citarik adalah kamu bisa memilih jarak sesuai kemampuan kamu, nih. Mulai lima kilometer untuk pemula dan 12 kilometer untuk profesional.

Sungai Citatih

Berada di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Sungai Citatih ini memiliki jeram dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mulai dari tingkat dua hingga lima. Sedangkan jarak tempuhnya terdiri dari empat jenis. Untuk yang empat kilometer diperuntukan untuk keluarga beserta anak kecil, dengan waktu tempuhnya sekitar satu jam. Ada juga jarak sembilan kilometer untuk para pemula, selama dua jam. Sementara jeram sepanjang 12 kilometer khusus untuk yang sudah berpengalaman, dengan waktu tempuh selama tiga jam. Nah, yang terakhir, berjarak 22 kilometer yang waktu tempuhnya mencapai lima jam. Sadis!

Untuk yang akan liburan ke Jakarta, jangan lupa mampir ke sana, ya! Agar bujet liburanmu ke Jakarta terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top