Destinasi

7 Stasiun Kereta Api Terbaik di Indonesia

stasiun

Banyak yang bilang, traveling dengan pesawat jauh lebih nyaman daripada traveling dengan kereta api. Padahal, travelers juga bisa enjoy naik kereta api, lho. Soalnya, banyak juga stasiun kereta api di Indonesia yang bangunannya bagus, nyaman, bersih, arsitekturnya unik, dan punya ciri khas. Seperti stasiun kereta api yang dimiliki oleh Indonesia. Ada 7 stasiun kereta api yang memiliki kualitas bagus, bahkan ada yang mirip bandara! Stasiun apa aja, nih?

1. Stasiun Gambir, Jakarta

Stasiun Gambir adalah stasiun tersibuk di Jakarta yang sudah dibangun sejak tahun 1930-an. Dulunya stasiun ini bernama Stasiun Koningsplein dan direnovasi besar-besaran tahun 1990-an. Stasiun  Gambir melayani transportasi kereta api kelas bisnis dan eksekutif untuk pemberangkatan utama di Pulau Jawa. Selain itu, stasiun Gambir juga merupakan tempat pertemuan utama untuk pegawai-pegawai PT KAI Daop 1 Jakarta. Dan stasiun ini memiliki tiga tingkat. Tingkat pertama terdapat ATM. aula utama, loket, beberapa resto, dan toko. Tingkat kedua, terdapat resto cepat saji, dan kafetarian. Sedangkan tingkat ketiga terdapat peron (tempat lalu lalang penumpang di stasiun kereta api) yang terdiri dari empat jalur.

Alamat: jalan Medan Merdeka Timur

Kamu bisa booking hotel murah dekat Stasiun Gambir lewat pegipegi.com.

gambir

alonbiker.wordpress.com

cari hotel dekat stasiun gambir

2. Stasiun Yogyakarta

Stasiun Yogyakarta merupakan stasiun kereta api tersibuk di Pulau Jawa karena stasiun ini berada di perlintasan kereta api yang ramai, dari pagi, siang, dan malam. Stasiun ini menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Jawa, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Tapi, Stasiun Yogyakarta merupakan satu-satunya stasiun yang masih melestarikan budaya Jawanya. Di sana terdapat tempat makan dan istirahat dengan interior Jawa. Stasiun Yogyakarta cukup megah karena mempunyai enam jalur yang terbaru dua, yaitu tiga jalur di peron selatan, tiga jalur lagi di peron utara. Dan stasiun ini juga sudah memiliki terowongan yang menghubungkan peron selatan dengan akses keluar via Pasar Kembang.

Alamat: jalan Pasar Kembang, Gedong Tengen

Kamu bisa cari hotel murah di sekitar Stasiun Yogyakarta lewat pegipegi.com.

Yogyakarta_Indonesia_Tugu-Train-Station-01

www.id.wikipedia.org

cari hotel murah di yogyakarta

3. Stasiun Bandung (Stasiun Hall)

Stasiun Bandung adalah stasiun terbesar di kota Bandung. Sering disebut stasiun hall karena stasiun ini memiliki bangunan yang cukup luas seperti aula besar. Dan juga terkenal sebagai terminal angkutan kota. Karena, banyak angkot yang menuju stasiun tersebut. Stasiun Bandung memiliki enam jalur utama yang digunakan untuk pemberhentian kereta api, serta sebagai titik pelangsiran kereta api sebelum keberangkatan. Stasiun ini juga dilengkapi sebuah dipo lokomotif (tempat menyimpan, menyiapkan, melakukan pemeriksaan, memelihara, dan perbaikan ringan agar lokomotif siap untuk melakukan tugasnya menarik rangkaian kereta api) yang cukup besar.

Alamat: jalan Kebon Kawung no. 43 (pintu utara)/ jalan Kebon Kawung no. 43 (pintu selatan)

Kamu bisa cari hotel murah di sekitar Stasiun Bandung lewat pegipegi.com.

stasiun bandung

www.bandungview.info

cari hotel di bandung

4. Stasiun Bandara Kuala Namu, Medan

Stasiun Bandara Kuala Namu memiliki arsitektur modern, serba kaca, dan minimalis, seperti stasiun di luar negeri. Kamu bisa merasakan sensasi naik kereta seperti naik pesawat jika kamu transit di stasiun ini. Nggak heran jika Stasiun Bandara Kuala Namu begitu kerena karena bangunannya masih terbilang baru. Selain bangunannya keren, stasiun ini juga memiliki akses kerja langsung ke pusat kota Medan. Stasiun Bandara Kuala Namu ini memiliki tiga peron. Peron satu dan tiga digunakan untuk penumpang yang baru datang dari Stasiun Medan, sedangkan peron dua digunakan untuk penumpang yang akan berangkat menuju Stasiun Medan.

Alamat: jalan Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara

Kamu bisa cari hotel murah di sekitar Stasiun Bandara Kuala Namu lewat pegipegi.com.

Stasiun Bandara Kuala Namu

www.rahmatmuhajir.wordpress.com

cari hotel di medan

5. Stasiun Surabaya Gubeng

Stasiun Surabaya Gubeng adalah stasiun kereta api terbesar di Jawa Timur dan merupakan stasiun keberangkatan utama kereta api dari Kota Surabaya, khususnya yang melalui jalur selatan dari timur. Untuk kereta api yang melalui jalur utara, seperti kereta api jurusan Jakarta via Semarang diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Pasarturi. Stasiun Surabaya Gubeng sangat unik karena terletak pada ketinggian 5 meter dan memiliki dua sisi yang secara fungsional berbeda. Bangunan sisi barat digunakan untuk pemberangkatan dan kedatangan kereta api ekonomi dan express. Sedangkan bangunan sisi timur untuk pemberangkatan dan kedatangan kereta api bisnis dan eksekutif. Perbedaan fungsional inilah yang membuat stasiun ini jadi memiliki dua nama, yaitu Gubeng Lama dan Gubeng Baru.

Alamat: jalan Stasiun Gubeng Surabaya, Tambaksari

Kamu bisa cari hotel murah di sekitar Stasiun Surabaya Gubeng lewat pegipegi.com.

Stasiun Surabaya Gubeng - Surabaya (Java - Indonesia)

http://panduanwisata.id/

cari hotel murah di surabaya

6. Stasiun Pasar Senen, Jakarta

Stasiun Pasar Senen yang akrab disapa Stasiun Senen sudah didirikan sejak tahun 1916 dan diresmikan pada tanggal 19 Maret 1925. Stasiun ini merupakan stasiun yang terletak di wilayah ramai dekat Gelanggang Remaja Planet Senen dan melayani kereta api kelas binis dan ekonomi tujuan Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang, dan Surabaya. Di Stasiun Pasar Senen terdapat bangunan yang memisahkan jalur-jalur kereta apinya dan mempunyai enam jalur dengan tiga jalur utama yang berada di tengah kedua bangunan stasiun ini.

Alamat: jalan Kramat Bunder no. 1, Senen, Jakarta Pusat

Kamu bisa cari hotel murah di Jakarta Pusat lewat pegipegi.com.

stasiun senen

www.simomot.com

cari hotel murah di jakarta pusat

7. Stasiun Medan Kota 

Stasiun Medan Kota adalah stasiun kereta api yang berada di pertemuan antara Kelurahan Kesawan (Medan Barat) dan Gang Buntu (Medan Timur). Terletak pada ketinggian lebih dari 22 meter dan merupakan pusat Divisi Regional 1 Sumatera Utara dan NAD. Setiap harinya, Stasiun Medan Kota melayani 2000 hingga 2500 penumpang ke seantero Sumatera Utara. Arsitektur Stasiun Medan saat ini sudah banyak berubah dari bentuk aslinya menjadi lebih modern. Yang tersisa dari bangunan lama adalah adanya menara jam di bagian muka stasiun.

Alamat: jalan Stasiun Kereta, Medan Timur

Kamu bisa cari hotel murah di sekitar Stasiun Medan lewat pegipegi.com.

stasiun medan

www.kompasiana.com

 cari hotel di medan

(Visited 8,311 times, 12 visits today)

Comments

To Top