Destinasi

7 Spot Wisata Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Karimunjawa

Mau liburan tapi bingung pilih destinasinya? Well, nggak perlu khawatir karena siap menghadirkan pengalaman traveling baru buat kamu!

Berada di tengah Laut Jawa, Pulau Karimunjawa hadir dengan panorama alam yang nggak bisa ditolak keindahannya. Hamparan pantai pasir putih menyatu cantik dengan tumpukan batu karang yang terus digempur ombak cantik.

Nggak cuma itu, lantaran berada di kawasan perairan, Pulau Karimunjawa turut menjadi pusat penangkaran ikan hiu yang langka. Jadi, nggak sekedar balik ke alam, tetapi juga berkawan dengan ikan hiu yang jarang kamu lihat di kota.

Nah, sebelum kamu memutuskan buat berangkat ke Pulau Karimunjawa, Pegipegi sudah siapkan 7 spot yang kamu harus datangi. Siapa tahu bakal dapat banyak hal baru di sana. Simak, yuk!

1. Makam Sunan Nyamplungan

Sambil beristirahat, kamu bisa menikmati sunyinya Makam Sunan Nyamplungan. Beliau adalah sosok yang dianggap paling berjasa dalam membangun kawasan Karimunjawa di masa lalu. Pemilik nama lengkap Syekh Amir Hasan merupakan putera dari Sunan Muria yang menjadi orang pertama menyebarkan Agama Islam di Karimunjawa. Lumayan, buat perdalam ilmu pengetahuan.

2. Mangrove Karimunjawa

Sebelum main ke pantai, ada baiknya berburu panorama hijau di Karimunjawa. Lantaran dikeliling lautan, Karimunjawa hanya memiliki hutan mangrove. Namun, jangan anggap sebelah mata. Mangrove Karimunjawa bakal memanjakan kamu dengan hamparan pohon mangrove luas yang berserak, bukit-bukit yang hijau dan lautan indah Karimunjawa. Cuaca sejuk sangat kontras dengan kawasan pantai, jadi bisa menjadi spot kamu buat beristirahat.

3. Pantai Legon Lele

Pulau Karimunjawa dikelilingi berbagai macam pantai. Namun, salah satu yang paling menarik perhatian para wisatawan adalah Pantai Legon Lele. Hamparan pasir putih yang luas berpadu cantik dengan deburan ombak yang santai. Makin indah, jika kamu menyempatkan waktu buat berburu sunset di sore hari.

4. Bukit Joko Tuwo

Mau berburu sunset maupun sunrise dari ketinggian? Nah, Bukit Joko Tuwo di bagian tengah Pulau Karimunjawa adalah spot yang cocok! Nah, yang paling istimewa dari Bukit Joko Tuwo adalah keberadaan kerangka mamalia raksasa berupa ikan paus. Nggak heran, bukit ini dinamakan Joko Tuwo (perjaka tua) yang melambangkan hadirnya seekor ikan paus berumur panjang.

5. Bukit Love Karimunjawa

Nggak cuma punya Bukit Joko Tuwo, Karimunjawa juga hadir dengan Bukit Love. Yap di sini, kamu bakal banyak menemukan ikon Karimunjawa, salah satunya ikan kakak tua yang bisa kamu nikmati di bukit ini juga. Nah, soal love, ternyata datang dari instalasi unik berbentuk hati di salah satu sudut bukit ini. Di sana, kamu bisa berfoto maupun nembak gebetan, deh!

6. Pantai Ujung Gelam

Bingung mau cari tempat berburu sunset di Karimunjawa? Tenang, Pantai Ujung Gelam siap memanjakan kamu dengan panoramanya. Yap, jika cuacanya baik, kamu bakal mendapatkan pemandangan matahari yang tenggelam lewat sebuah sajian lingkaran berwarna jingga. Makin cantik, karena lautan biru berubah menjadi hitam seiring dengan tenggelamnya matahari.

7. Kampung Bugis Karimunjawa

Karimunjawa dihuni oleh banyak warga keturunan Bugis, Kalimantan. Jadi, soal struktur hunian, nuansa Bugis pun kental terasa. Salah satu spot yang bisa kamu datangi adalah Kampung Bugis Karimunjawa. Di sana, kamu bisa mengabadikan banyak sekali rumah panggung khas Bugis yang klasik. Kampung Bugis Karimunjawa pun dikenal memiliki warga yangs sangat ramah. Jadi, buat kamu yang haus akan informasi tentang Karimunjawa, silahkan bertatap sapa dengan mereka.

Mau ke Karimunjawa? Mampir dulu ke Semarang! jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Semarang dan cari hotel murah di Semarang lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Semarang pesan tiket kereta api murah ke Semarang cari hotel murah lain di Semarang

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 92 times, 1 visits today)

Comments

To Top