Destinasi

7 Spot Panjat Tebing Terbaik di Indonesia buat Pencinta Alam

spot panjat tebing

Kamu suka panjat tebing dan lagi pingin banget liburan sambil memacu adrenalin? Coba main-main ke daerah lain di Indonesia yang punya spot panjat tebing terbaik, yuk! 

Kalau masih bingung mana saja lokasi yang bisa dikunjungi, nih, tujuh rekomendasinya buat kamu dari Pegipegi!

Tebing Uluwatu, Bali

spot panjat tebing
Sumber: IG @beautifulindonesi.co

Nggak cuma gugusan pantai yang eksotis dan tempat nonton Tari Kecak yang populer untuk turis kebanyakan, Uluwatu juga punya tebing cantik dan menantang untuk para pencinta rock climbing

Tebing Uluwatu berhadapan langsung dengan lautan lepas (Samudra Hindia). Tingginya diperkirakan antara 75-100 meter. Kondisi ini tentunya memberi tantangan sekaligus keindahan tersendiri buat kamu.

Tebing Uluwatu juga pernah menjadi lokasi pengibaran bendera Indonesia raksasa sepanjang 71 meter, loh. Momen tersebut sebagai salah satu bentuk peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 yang dilakukan oleh prajurit TNI Korem 163/Wira Satya.

Tebing Lembah Harau, Sumatra Barat

spot panjat tebing

Lembah Harau disebut-sebut sebagai salah satu lembah terindah di Indonesia. Lokasinya berada di dekat Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat. Jika bertolak dari pusat Kota Padang, maka diperlukan waktu tempuh perjalanan darat sekitar empat jam.

Tebing di Lembah Harau bahkan kerap disandingkan dengan tebing Lembah Yosemite. Di sini, kamu akan disambut oleh tebing batuan granit yang menjulang tinggi hingga ratusan meter dan ratusan titik panjat.

Kecantikan alam sekitar tebing di Lembah Harau menjadi penawar tersendiri usai memanjatnya. Kamu bahkan bisa melepas lelah sambil bermain air atau mandi di kolam-kolam alami yang berada di bawah empat air terjun indah dengan alirannya yang deras berasal dari atas tebing.

Tebing Citatah, Jawa Barat

spot panjat tebing
Sumber: IG @nusatrip

Spot panjat tebing terbaik berikutnya adalah Tebing Citatah. Lokasinya nggak terlalu jauh dari Tol Padalarang. Citatah sendiri merupakan kawasan pertambangan kapur yang sangat produktif dan bahkan dimulai sejak pertengahan abad ke-19. 

Ada tiga tebing di sini, yakni Tebing Citatah 48,  Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125. Ketinggian masing-masing tebing pun sesuai dengan namanya. Adapun tebing yang paling disarankan adalah tebing tertinggi.

Hal ini dikarenakan telah disediakan jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang sudah disesuaikan tingkat kemahiran (amatir maupun profesional). Maka dari itu, tak heran pula tebing kapur ini tak pernah sepi oleh pengunjung, terutama para pencinta alam.

Tebing Gunung Padang, Sumatra Barat

Satu lagi spot panjat tebing di Sumatra Barat, yaitu Tebing Gunung Padang yang bisa jadi pilihan. Setidaknya ada tujuh jalur pemanjatan di tebing ini dengan ketinggiannya sekitar 30 meter dan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Tebing Gunung Padang cukup populer dikunjungi oleh penikmat panjat tebing amatir maupun profesional. Para atlet pun kerap menjadikan tebing ini sebagai salah satu medan latihannya.

Selain itu, Gunung Padang sendiri merupakan kawasan wisata yang terkenal terutama karena menyimpan banyak sejarah. Selain situs megalitikum, Gunung Padang juga terkenal akan benda-benda peninggalan Jepang hingga tempat dimakamkannya Siti Nurbaya.

Puruk Sandukui, Kalimantan Tengah

spot panjat tebing
Sumber: IG @geowisatalk

Kalau pergi Ke Kalimantan Tengah, jangan lewatkan Puruk Sandukui. Tebing setinggi 400 meter ini merupakan tebing batu andesit yang mencolok karena ramping menjulang menyerupai jari telunjuk di tengah hutan yang lebat.

Puruk Sandukui terletak di Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Untuk menuju ke tebing ini, kamu akan melalui medan yang sama sekali nggak mudah. Sampai saat ini pun, Puruk Sandukui pun masih belum dibuka untuk pendakian komersial.

Pendakian tebingnya pun nggak kalah sulit. Di samping ketinggiannya yang menantang, nggak semua batu andesit yang membentuk tebing ini keras dan ajeg. Oleh sebab itu, dibutuhkan keahlian dan kehati-hatian luar biasa untuk memanjatnya.

Tebing Pantai Siung, Yogyakarta

spot panjat tebing

Pantai Siung di Gunung Kidul Yogyakarta juga mempunyai tebing-tebing panjatan menjulang yang menantang di sekelilingnya. Ditemani deburan ombak dan semilir angin pantai, climbing bisa jadi sensasi baru yang menyenangkan.

Tebing Pantai Siung mempunyai 250 jalur panjat tebing dengan standar internasional. Kamu pun bisa memilih zona panjat tebing sesuai kemampuan, baik pemula maupun profesional, mulai dari blok A sampai K.

Destinasi panjat tebing ini disebut-sebut sebagai ‘The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta’. Eits, walau begitu, popularitas Tebing Pantai Siung nggak sebatas lokal, tapi juga sudah level mancanegara, loh!

Gunung Parang, Jawa Barat

spot panjat tebing
Sumber: IG @gunung_parang

Spot panjat tebing terbaik berikutnya ada di Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat. Jalur pemanjatan di sini mempunyai tiga puncak, yakni Tower I, Tower II, dan Tower III dengan karakter yang berbeda-beda.

Puncak Tebing Gunung Parang memang nggak luas. Meski demikian, suguhan pemandangannya yang berupa lanskap hijau persawahan sangat memanjakan mata dan mampu membayar lelah kamu.

Oh, ya, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru dan menantang lainnya di sini. Selepas memanjat, kamu bisa coba bersantai sejenak di atas hammock yang menggantung di antara dua puncak, loh.

Jadi, tebing mana, nih, yang bakal jadi tujuanmu berikutnya? Mana pun pilihannya, pastikan kamu melakukan persiapan terbaik, ya, termasuk penginapan untuk beristirahat. Tenang saja, di Pegipegi, selalu ada promo terbaik untuk seluruh penginapan di kota pilihanmu. Jadi, jangan lupa cek aplikasi dan website Pegipegi, ya!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: