Tips

7 Pertanyaan yang Sebaiknya Nggak Ditanyakan ke Orang Tionghoa

tionghoa

Punya teman Tionghoa pastinya seru. Karena, mereka punya budaya unik, tahu resto Chinese food yang enak, dan pekerja keras. Tapi, jangan sampai ada pertanyaan kamu yang bikin mereka tersinggung, ya. pegipegi pernah dengar langsung dari beberapa orang Tionghoa bahwa mereka nggak nyaman dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini.

1. Nama Chinese kamu siapa?

Karena, nggak semua orang Tionghoa punya nama Chinese. Orangtua zaman sekarang sudah nggak lagi memberikan nama Chinese. Malahan anak muda Tionghoa di zaman millenial ini namanya lebih berbau bule, seperti Jessica, Stephen, Maria, dan sebagainya.

Masih ada sih beberapa orang Tionghoa yang punya nama Chinese, tapi mereka biasanya tetap risih saat ditanya nama Chinese. Sebenarnya nggak apa-apa ditanya soal nama Chinese, tapi mereka merasa ribet pas harus jelasin kanji Mandarin dan pelafalannya. Belum lagi pas ditanya apa artinya. Ya gitu, deh nasib orang Tionghoa yang nggak pernah belajar bahasa Mandarin.

2. Oh, orang Indonesia, ya? Saya pikir kamu orang Jepang atau Korea

Beberapa tahun lalu, Indonesia sempat muncul tren hiburan dari Jepang dan Korea. Semua orang jadi mengagung-agungkan kecantikan dan ketampanan muka oriental khas Jepang atau Korea. Hal itu berimbas pada cewek maupun cowok keturunan Tionghoa yang dicap mirip orang Jepang atau Korea. Seakan-akan mereka lupa kalau di Indonesia banyak keturunan Tionghoa yang mukanya juga oriental seperti orang Jepang atau Korea.

Jackie-Chan

www.androidcentral.com

3. Kok, muka kamu nggak kelihatan kayak orang Cina, sih? Kok, kulit kamu gelap?

Stereotype orang Tionghoa pada umumnya adalah kulit kuning, cenderung putih, hidung nggak terlalu mancung, dan mata sipit. Jadi, kalau ada orang Tionghoa yang matanya sipit, tapi kulitnya agak gelap, pasti langsung dibilang nggak mirip orang Tionghoa. Makanya, ada istilah Hitachi (hitam, tapi China). Padahal, nggak semua orang Tionghoa terlahir dengan ciri-ciri sama persis seperti yang barusan pegipegi bilang. Banyak juga kok orang Tionghoa yang matanya besar atau kulitnya gelap karena habis di-tanning seperti Agnez Mo.

agnez mo

www.slideboom.com

4. Kok, kamu masih mau kerja sama orang?

Kebanyakan orang menilai bahwa orang Tionghoa itu sudah pasti profesinya pedagang atau pengusaha. Mereka juga dicap kaya raya, punya banyak uang, dan bermental bos. Jadi, banyak yang heran jika ada orang Tionghoa yang masih mau kerja sama orang, apalagi dengan gaji yang nggak seberapa.

Padahal, nggak semua orang Tionghoa berbakat jadi pengusaha atau punya modal besar untuk membangun bisnis. Banyak juga yang passion-nya mengejar jabatan atau prestasi di kantor-kantor. Ada juga yang memang pengin banget jadi pengusaha, tapi pengin belajar dulu dari bawah dengan cara jadi pegawai.

asian

www.excelmanagementinc.com

5. Kenapa nikahnya sama sesama Tionghoa juga?

Semua orang Tionghoa pasti malas kalau ditanya soal hal ini. Karena, hal ini kan menyangkut perasaan pribadi yang sulit buat diungkapkan dengan kata-kata. Sama aja seperti kamu kalau ditanya, kenapa bisa suka dengan pacar kamu yang sekarang? Pasti bingung kan mau jawab apa. Memang sih ada turut campur dari orangtua juga, tapi semua itu kembali lagi ke keputusan masing-masing.

chinese-couple-engagement-pictures-2

www.slideboom.com

6. Ni hao ma?

Biasanya sih sapaan ni hao ma (apa kabar) suka diterima orang-orang Tionghoa, terutama ketika mereka lagi liburan di Bali atau Yogyakarta. Maksudnya sih baik ingin menyapa, tapi kalau dipikir-pikir lagi, orang Tionghoa agak terganggu dengan sapaan itu. Karena, sapaan dalam bahasa Indonesia lebih enak didengar. Alasannya adalah karena mereka juga orang Indonesia, bukan orang China.

7. Liburan nggak pulang ke China?

Orang Tionghoa jelas paling sebal dengan pertanyaan seperti ini. Karena, mereka kan lahir di Indonesia, besar di Indonesia, dan mungkin juga bakal mati di Indonesia. Sama sekali nggak terlintas dalam pikiran mereka bahwa kampung halaman mereka adalah China. Paling mereka berkunjung ke China cuma buat liburan.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Menurut kamu, benar nggak apa yang pegipegi share barusan? Daripada banyak bertanya hal yang nggak penting seperti itu, lebih baik kamu mengajak teman kamu buat liburan murah bareng pegipegi. Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dan hotel murah lewat pegipegi.com! Dijamin liburan kamu bakal lebih menyenangkan!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

(Visited 24,976 times, 1 visits today)

Comments

To Top