Tips

7 Motif Batik Solo yang Dijadikan Oleh-Oleh Sesuai Kebutuhan Teman

Batik adalah kain bergambar yang khas dari Indonesia. Ada berbagai macam motif batik dari barbagai daerah di Indonesia. Di satu daerah pun ada banyak sekali motif berbeda. Seperti di Solo yang merupakan salah satu kota penghasil, ada beragam sekali motif batik dengan makna yang berbeda-beda pula.

Banyak orang menjadikan batik untuk pakaian sehari-hari atau untuk acara-acara yang lebih formal, seperti acara nikahan atau untuk pakaian kerja. Makanya, kain batik cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh untuk teman atau kerabat di kotamu. Tapi, nggak banyak yang tahu makna dari setiap motif kain batik. Jadi, untuk kamu yang akan berlibur ke Solo, kamu bisa baca makna dari beberapa motif batik ini sebelum kamu membeli batik untuk oleh-oleh agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan teman atau kerabat.

1. Batik motif kawung

Kain batik ini diberi nama batik kawung karena motifnya berbentuk bulat-bulat agak lonjong seperti kawung. Bagi kamu yang belum tahu, kawung adalah sejenis buah kelapa atau yang sering disebut buah kolang-kaling. Motif kawung ini disusun secara geometris dan sejajar seperti bunga teratai dengan empat buah kelopak bunga. Orang Jawa mengartikan bunga teratai sebagai lambang kesucian dan umur panjang.

Zaman dahulu, motif batik ini cuma dipakai oleh karyawan kantoran. Sekarang sudah banyak orang dari berbagai kalangan yang memakai kain batik ini untuk pakain sehari-hari. Kain batik ini cocok sekali jika kamu jadikan oleh-oleh.

batikdan.blogspot.com

batikdan.blogspot.com

2. Batik motif parang

Banyak yang mengatakan motif batik ini adalah salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif parang membentuk seperti susunan huruf S yang saling jalin-menjalin dari tinggi ke rendah dan membentuk garis-garis diagonal. Makanya motif ini diberi nama parang yang berasal dari kata pereng yang berarti lereng. Jalinan motif S yang tak terputus itu melambangkan kesinambungan. Sementara motif huruf S itu sendiri diambil dari ombak yang bagi orang Jawa melambangkan semangat yang nggak pernah surut.

Zaman dahulu, batik parang digunakan prajurit yang akan pergi berperang dengan harapan pulang membawa kemenangan. Sekarang, kamu bisa melihat kain batik parang yang dijadikan berbagai macam baju di mana-mana. Kamu bisa memberikan kain ini untuk oleh-oleh untuk menyemangati temanmu yang sedang berjuang mencapai cita-cita.

smp-prosit.com

smp-prosit.com

3. Batik motif truntum

Kata truntum berasal dari istilah teruntum-tuntum, yang berarti tumbuh lagi. Jadi, kain ini melambangkan yang bersemi kembali. Nggak hanya untuk yang berpacaran, tapi juga untuk yang sudah menikah. Selain itu, kata truntum juga memiliki arti penuntun dan pemberi contoh. Yang memakai kain ini biasanya adalah para orangtua saat acara pernikahan anaknya, yang diharapkan bisa menjadi panutan yang baik bagi anaknya.

Kain ini biasanya berwarna dasar hitam. Diatasnya terdapat motif bunga yang bertaburan kecil-kecil menyerupai bunga Melati. Kain dengan motif ini sudah sangat populer di Pulau Jawa, terutama di Solo yang merupakan kota asal kain ini. Sekarang, banyak yang menjadikan kain ini sebagai kemeja atau rok untuk para perempuan. Kain ini cocok sekali jika kamu berikan ke teman atau kerabat perempuanmu yang baru aja bertunangan, atau menikah.

baltyra.com

baltyra.com

4. Batik motif sidomukti

Motif batik Sidomukti juga merupakan motif batik yang sangat populer dan mudah sekali ditemukan karena kepopulerannya. Biasanya digunakan para mempelai pengantin saat acara pernikahan adat Jawa, terutama untuk masyarakat Solo.

Kata Sidomukti berasal dari kata sido, yang berarti jadi dan berkesinambungan terus-menerus, serta dari kata mukti yang berarti kehidupan yang makmur dan sejahtera. Makanya, para pengantin mengenakan kain ini untuk pernikahannya dengan harapan mempunyai kehidupan berumah tangga yang selalu berkecukupan, bahagia, dan sejahtera. Pas sekali kalau kamu memberikan kain ini ke temanmu yang akan segera menikah.

www.tokopedia.com

www.tokopedia.com

5. Batik motif satrio manah

Kain batik motif satrio manah adalah motif kain batik yang cocok untuk prosesi lamaran. Calon mempelai pria dan walinya memakai kain motif ini dengan harapan lamarannya diterima oleh pihak calon mempelai wanita. Soalnya, kain dengan motif ini melambangkan seorang ksatria yang memanah hati seorang wanita. Kain batik ini bisa kamu berikan untuk teman atau kerabatmu yang akan melamar seorang pacar.

griyalawasan.blogspot.com

griyalawasan.blogspot.com

6. Batik motif semen rante

Seperti kain satrio manah yang dipakai calon mempelai lelaki saat lamaran, calon mempelai wanita juga mempunyai kain tersendiri untuk dipakai, yaitu kain dengan motif semen rante. Semen berasal dari kata semai atau tumbuh dan rante berasal dari kata rantai. Kata semen melambangkan cinta kedua mempelai yang selalu bersemi. Sedangkan rante melambangkan hati wanita tersebut selamanya sudah terikat dengan calon mempelai pria. Artinya sudah tidak ada lagi kesempatan untuk laki-laki lain.

Sejarahnya, jika calon mempelai wanita menggunakan kain dengan motif ini saat lamaran, berarti lamaran tersebut sudah pasti diterima. Jadi kamu bisa memberikan oleh-oleh kain batik bermotif semen rante untuk teman cewek kamu yang akan dilamar sama kekasihnya.

juanda2ndsolo.blogspot.com

juanda2ndsolo.blogspot.com

7. Batik motif sawat

Batik motif ini pada zaman dahulu dipakai oleh keluarga kerajaan karena motif ini dianggap sakral. Motif di kain ini berbentuk sayap yang menyerupai burung garuda dan oleh orang-orang Jawa dimaknai sebagai simbol kekuatan dan kekuasaan sang raja. Batik dengan motif ini sering digunakan juga untuk pengantin. Tapi, sekarang banyak juga yang menjadikan kain dengan motif ini untuk kemeja dan jenis baju lainnya. Jadi, kain batik motif sawat bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk siapa aja.

muharifwahyudi.blogspot.com

muharifwahyudi.blogspot.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, mau beli kain batik yang mana untuk oleh-oleh? Sekarang saatnya untuk pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah untuk pergi ke Solo dan juga jangan lupa pesan hotel murah di pegipegi.com supaya liburan kamu ke Solo murah meriah!

pesan tiket pesawat murah ke solopesan tiket kereta api murah cari hotel murah di solo

(Visited 8,337 times, 14 visits today)

Comments

To Top