Berita

7 Misteri Alam Semesta yang Belum Terpecahkan Hingga Sekarang

Di dunia ini, ada satu hal yang nggak akan habis buat dibahas. Yap, misteri alam semesta.

Alam semesta yang kita tinggali menyimpan banyak sekali misteri. Beberapa pun terbilang sulit terpecahkan karena keterbatasan ilmu dan teknologi meskipun zaman sudah sangat berkembang.

Berbagai usaha penelitian telah dilakukan demi menemukan jawaban oleh para ilmuwan. Jutaan Dollar dihabiskan untuk membangun berbagai perangkat penelitian seperti teleskop hingga pesawat luar angkasa.

Dari sekian banyak misteri alam semesta yang belum terpecahkan, ada 7 hal yang mungkin kamu pernah dengar. Penasaran? Mari simak bahasannya di bawah ini.

1. Permukaan Matahari Lebih Panas

Pusat dari tata surya di Galaksi Bima Sakti, matahari memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, bagian atmosfer dari matahari yang bernama Corona memiliki temperatur yang jauh lebih panas ketimbang inti dari matahari itu sendiri. Kenapa? Belum ada yang bisa menjawab.

2. Soal Ledakan Supernova

Pada dasarnya, sebuah bintang memiliki gaya tarik bumi atau gravitasi. Nah, ketika masa nuklir di dalam sebuah bintang habis, gravitasi justru memakan habis seluruh komponen bintang tersebut, menciptakan ledakan bernama supernova. Meski sudah sering terjadi, sampai sekarang kita belum mengerti proses ledakan supernova itu sendiri.

3. Fenomena Hot Jupiter

Pada tahun 1995, para ilmuwan menemukan sebuah exoplanet mirip Jupiter, 51 Pegasi b, di luar tata surya kita. Yang mengherankan, planet ini mengelilingi sebuah bintang panas sebagai mataharinya dengan jarak yang sangat dekat, layaknya bumi dengan bulan. Hingga sekarang, belum ada yang bisa menjawab kenapa keduanya dapat selalu berdampingan.

4. Keberadaan Wormhole

Jika kamu sempat menonton film Interstellar, kamu pasti akrab dengan adegan kala pesawat ulang aling yang dikendarai Matthew McConaughey masuk ke dalam wormhole atau lubang cacing. Tujuannya, agar dapat mempersingkat waktu tempu ke galaksi lain. Sayang, hingga sekarang konsep wormhole hanyalah misteri di kalangan ilmuwan.

5. Misteri Dunia Paralel

Konsep dunia paralel menegaskan jika dunia yang kita tinggali nggak cuma satu, lho. Teori dunia paralel mengklaim jika di luar sana, ada dunia dengan penghuni yang sama dengan apa yang hadir di dunia kita ini. Para ilmuwan optimis dapat membuktikan konsep multiuniverse atau parallel universe. Namun hingga sekarang, semuanya hanyalah misteri belaka.

6. Semburan Sinar Gamma

Semburan sinar gamma bukan hal yang langka bagi para ilmuwan. Fenomena ini melepaskan energi elektromagnetik lebih banyak ketimbang sebuah bintang. Sayangnya, hingga sekarang, semburan sinar gamma di luar angkasa belum dapat diketahui penyebabnya. Ada yang bilang, semburan ini berkah dari ledakan black hole. Namun, jawaban pastinya masih harus ditelusuri lebih dalam.

7. Dark Matter

Apa yang kita mampu lihat sekarang, bulan, bintang, matahari hingga galaksi ternyata hanya empat persen dari keseluruhan alam semesta. Penyebabnya? Karena mereka memancarkan cahaya. Sedangkan, di luar sana, ada banyak materi yang nggak terdeteksi atau yang dinamakan dark matter (materi gelap). Persentasenya mencapai 24 persen. Salah satu yang mengkhawatirkan adalah soal black hole atau lubang hitam yang siap memangsa apapun yang ada di dekatnya, termasuk cahaya. Peneliti telah mengembangkan detektor yang dibuat selama bertahun-tahun. Sejauh ini, nggak satu pun dari instrumen yang mampu mendeteksi bukti keberadaan materi gelap.

Sambil menunggu semua misternya terjawab, mending traveling, yuk! Agar traveling kamu bujetnya terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top