Tips

7 Manfaat yang Kamu Dapatkan Setelah 30 Hari Berpuasa

Nggak terasa, sudah hampir 30 hari kita berpuasa. Selain mendapatkkan pahala, jika puasa travelers dilakukan dengan benar dan fulltravelers akan mendapatkan banyak manfaat untuk tubuh dan sudah pasti menyehatkan. Ketujuh manfaat berikut ini kemungkinan besar sudah kamu rasakan.

1. Berat badan menurun

Selama sebulan penuh berpuasa, kamu hanya makan saat sahur dan berbuka. Waktu makan kamu jadi lebih teratur. Dengan begitu berat badanmu pun akan terkontrol. Makan dan minum yang teratur akan menjaga, bahkan menurunkan berat badan yang berlebih. Hanya dengan berpuasa kamu jadi nggak perlu repot-repot diet lagi untuk menurunkan berat badanmu. Wah, bisa tampil kece saat Lebaran, deh. Hihihi…

ciricara.com

ciricara.com

2. Fungsi otak meningkat

Sel-sel otak akan tercipta lebih banyak saat kamu berpuasa. Hal itu dikarenakan, saat berpuasa otak meningkatkan neurotropik yang membantu reproduksi sel otak. Dengan begitu fungsi otak kamu akan meningkat. Rasa lapar yang timbul saat berpuasa pun dapat memaksa otak kamu untuk berpikir lebih tajam dan kreatif. Selain itu, jumlah hormon kortisol yang menurun saat berpuasa juga dapat menurunkan kadar stres.

3. Gula darah terkontrol

Kadar gula dalam makanan atau minuman yang kamu konsumsi sehari-hari dapat membuat kamu mengalami diabetes, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Saat berpuasa, waktu makanmu menjadi terbatas. Kadar gula yang masuk ke dalam tubuh kamu pun juga akan terbatas dan lebih terkontrol. Dengan begitu, kamu bisa tercegah dari diabetes dan jadi lebih sehat.

www.allianz.co.id

www.allianz.co.id

4. Kadar kolesterol menurun

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan menurun saat kamu berpuasa. Dengan turunnya kadar kolesterol dalam tubuh, kamu akan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. Penurunan berat badan saat berpuasa juga akan berpengaruh pada kadar kolesterol dalam tubuh. Karena dengan turunnya berat badan, kadar kolesterolmu pun juga akan turun.

5. Sistem kekebalan tubuh meningkat

Saat berpuasa, limfosit dalam tubuh akan meningkat 10 kali lipat. Miningkatnya kadar limfosit dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Dengan begitu, puasa dapat melindungi kamu dari berbagai macam penyakit yang timbul karena virus dari lingkungan sekitarmu.

kekebalan tubuh

www.fitgirlcode.com

6. Banyak racun yang keluar

Racun-racun yang menumpuk dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan berpuasa. Dengan berpuasa selama sebulan penuh sistem pencernaanmu akan bersih. Selain itu, karena nggak ada asupan makanan yang masuk saat kamu berpuasa, tubuh kamu akan memakan cadangan lemak sebagai sumber energi. Cadangan lemak tersebut akan membakar racun-racun yang ada dalam tubuh sehingga kamu terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Kebiasaan buruk berkurang

Jika kamu ingin mengurangi kebiasaan buruk dan mulai hidup sehat, berpuasa adalah salah satu cara yang tepat untuk kamu. Saat nggak berpuasa, seringkali kamu mengkonsumsi makanan manis yang nggak sehat atau merokok yang dapat merusak paru-paru. Kebiasaan-kebiasaan buruk itu dapat kamu kurangi, atau bahkan kamu stop dengan berpuasa.

foodtofitness.com

foodtofitness.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Pastinya kamu sudah merasakan banyak manfaat karena puasa full dong? Buat yang belum bisa menunaikan ibadah puasa dengan full, kamu jangan sedih soalnya kamu masih bisa memperbaikinya di lain waktu. Karena sekarang tubuh kamu sudah lebih sehat setelah 30 hari berpuasa, yuk, rencanakan liburan lagi dengan cari tiket pesawat murah, tiket kereta api, dan hotel murah di pegipegi.com.

cari tiket pesawat murah cari tiket kereta api murah cari hotel murah

(Visited 237 times, 1 visits today)

Comments

To Top