Kuliner

7 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

“Jangan banyak makan rambutan, nanti batuk!” Komentar tersebut sering terdengar saat orang tua melarang kita untuk terus mengonsumsi rambutan.

Selain memiliki rasa manis yang pekat, rambutan juga mengandung getah. Jika getah tersebut tertelan, otomatis resiko radang harus ditanggung sendiri.

Tapi, nggak selamanya rambutan itu jahat, kok. Layaknya buah-buahan pada umumnya, rambutan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk pemeliharaan organ dalam tubuh yang vital.

Nah, apa saja sih manfaatnya? Berikut 7 manfaat utama rambutan yang kamu harus ketahui bagi kesehatan. Simak, yuk!

1. Meredakan Demam dan Radang

Di tiap buah rambutan mengadung zat anekdotal yang kuat. Dalam pengobatan tradisonal Cina, anekdotal dalam rambutan sangat ampun dalam menghentikan demam dalam tubuh. Selain itu, rambutan juga ampuh dalam meredakan berbagai bentuk peradangan seperti asam urat, sakit kepala hingga sakit perut.

2. Menangkal Penyakit Jantung

Rambutan akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sudah memasuki kepala tiga atau empat. Di tahap ini, penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung dapat muncul secara tiba-tiba. Nah, rambutan mengandung vitamin C yang dapat memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak, sehingga serangan jantung dapat ditangkal.

3. Anti Sembelit

Kamu punya masalah dengan sembelit? Well, rambutan siap bantu menyembuhkannya. Meski nggak memiliki serat sebanyak buah-buah lain, rambutan hadir dengan kandungan mineral yang dapat menstimulasi gerakan peristaltik untuk melancarkan pencernaan. Sehingga, buang air pun akan terasa lebih lancar daripada sebelumnya.

4. Pacu Metabolisme Tinggi

Selain vitamin C, rambutan juga mengandung vitamin B yang banyak. Nah, fungsi dari vitamin B pada rambutan adalah untuk meningkatkan metabolisme dalam untuk yang dapat berguna bagi kamu saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Kadar gulanya pun bakal jadi energi cadangan setiap hari.

5. Penyembuh Hipertensi

Pengidap hipertensi atau darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengurangi yodium. Nah, sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi lebih banyak rambutan karena memiliki vitamin C yang siap mengangkas zat jahat dalam darah.

6. Merawat Ginjal

Sebagai pusat dari detoksifikasi, ginjal adalah organ dalam tubuh yang cukup krusial. Jika rusak, maka racun-racun dalam tubuh akan mudah tersebar dan mengganggu jaringan lainnya. Rambutan memiliki peran untuk merawat ginjal. Mineral fosfor dalam rambutan siap menetralkan racun dan membantu ginjal bekerja dengan sempurna.

7. Lawan Kanker

Manfaat yang terakhir sangat penting bagi usaha dunia melawan kanker. Meski ukurannya kecil, rambutan sangat dianjurkan dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Kenapa? Di dalam rambutan, terdapat zat anti kanker yang siap membantu tubuh kamu melawannya.

Wah, jadi ngiler nggak nih sama rambutan? Yuk berburu buah ini sambil liburan. Jangan lupa buat pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top