Kuliner

7 Manfaat Penting yang Terkandung Dalam Beras Hitam

Bagi orang, konsumsi beras merah berarti satu tahap lebih maju dalam pemenuhan asupan nutrisi sehat bagi tubuh. Khususnya bagi kamu yang tengah menjalani program diet.

Tapi, tahu nggak kamu kalau ada jenis beras lain yang punya khasiat jauh lebih baik daripada beras merah? Mari, berkenalan dengan beras hitam.

Dari bentuknya terlihat menyeramkan. Fakta kalau beras ini jadi panganan terlarang di negeri Tiongkok karena hanya disajikan untuk keluarga kerajaan pun makin menambah tegang bulu kuduk, lho!

Well, tenang saja. Dengan status biji gandum tersehat di dunia, beras hitam siap membuat hidup kamu lebih sehat. Kandungan antocyanin yang tinggi di dalam beras hitam dapat mencegah berbagai macam penyakit sekaligus menghambat terjadinya peradangan dalam tubuh.

Biar nggak penasaran, berikut, 7 manfaat mengonsumsi beras hitam ulasan Pegipegi. Simak yuk!

1. Bantu Hati Bekerja

Dalam tubuh kita, hati berperan untuk mengubah makanan menjadi energi. Ia pun mengatur hormon dan punya peranan besar terhadap detoksifikasi tubuh (pembuangan zat beracun). Nah, kandungan fitonutrien dalam beras hitam dapat membantu kinerja hati lebih baik lagi. Jadi, hati nggak lagi kerja sendirian untuk mengusir racun dari dalam tubuh.

2. Proteksi Untuk Jantung

Foto: ndtvimg

Jantung adalah pusat dari tubuh manusia. Di sana terjadi berbagai macam kegiatan penting, termasuk memberikan oksigen untuk seluruh tubuh dan membersihkan seluruh tubuh dari karbondioksida. Di sini, beras hitam punya andil untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi serta pembentuka plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung. Sehingga, gangguan jantung dapat diminimalisir.

3. Melancarkan Pencernaan

Foto: organicgarden

Memiliki serat yang tinggi, beras hitam sangat efektif melancarkan pencernaan. Yap serat yang terkandung dalam beras ini memandatkan feses Anda sehingga ampas dari makanan dapat keluar dengan lancar. Kinerja usus besar pun semakin baik karena beras hitam memiliki serat yang mengusir zat beracun.

4. Tanpa Gluten

Foto: thehealthsite

Gluten merupakan protein yang terkandung gandum. Teksturnya yang kenyal menjadi ciri khasnya. Sayang, nggak semua orang bisa mengonsumsi makanan dengan gluten. Beberapa penyakit seperti celiac membuat orang yang mengonsumsi gluten terserang alergi berat. Nah, beras hitam adalah panganan yang bebas gluten. Jadi, aman buat kamu yang merasa gluten free.

5. Pencegahan Diabetes

Foto: thecambodiaherald

Beras hitam mengandung serat 3,5 kali lebih banyak ketimbang beras biasa. Jadi, kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengunyah dan mencerna. Positifnya, angka gula darah pun akan tetap stabil. Perut pun jadi nggak cepat lapar. Nggak heran, kalau beras hitam sangat efektif mencegah diabetes maupun membantu program diet.

6. Jaga Berat Badan

Foto: sterlingholidays

Dengan kapasitas serat yang lebih banyak dan padat, sensasi lapar yang kamu rasakan tiap hari pun berkurang. Rasa kenyang pun bakal terasa lebih lama ketimbang kamu mengonsumsi beras putih. Dari sini, kamu bisa mengontrol berat badan kamu, deh. Cukup makan beras hitam dua kali sehari, sudah bisa menjaga diri dari obesitas.

7. Mengasah Kemampuan Otak

Foto: msmarket

Nah, beras hitam nggak cuma bermanfaat bagi organ pencernaan, kok. Jika kamu mengonsumsi secara rutin, beras hitam dapat meningkatkan kinerja memori dan fungsi kognitif otak. Semuanya dilakukan oleh zat antocyanin yang ada di dalam beras hitam.

Foto utama: savorynothings

Sudah tahu khasiat beras hitam? Kalau sudah, saatnya rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 133 times, 1 visits today)

Comments

To Top