Kuliner

7 Manfaat Manggis Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Dari bentuk, manggis bukan buah dengan rupa yang cantik maupun menarik. Bahkan, buah ini cepat busuk jika terlalu dikonsumsi.

Namun, khasiat buah manggis sangatlah beragam. Khususnya bagi kesehatan di mana vitamin B yang dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Cara mengonsumsinya pun mudah. Namun, orang Indonesia lebih suka mengonsumsi buah manggis dalam sajian jus kental manis.

Nah, apa saja sih manfaat dari buah manggis ini? Apa benar buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam darah? Yuk, disimak, 7 fakta menariknya.

1. Cegah Jantung dan Kanker

Bagi kamu yang memiliki om atau tante yang sudah berusia di atas 40 tahun, manggis punya khasiat baik. Buah ini dapat menjauhkan penyakit jantung maupun kanker dari tubuh kita. Adalah kulit manggis, dengan kandungan zat xanthone, yang dapat menangkal kedua penyakit tersebut.

2. Menurunkan Diabetes

Berbicara jantung, pasti akan berhubungan langsung dengan penyakit diabetes. Lagi-lagi, kulit manggis menjadi senjata yang ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam daerah dan mengeluarkannya secara lancar melalui air seni.

3. Menyembuhkan Diare

Penyakit pencernaan seperti diare sangatlah berbahaya. Jika nggak ditangani langsung, seseorang bisa kehilangan banyak cairan yang dapat mengakibatkan kematian. Nah, senyawa dalam manggis ternyata dapat membunuh bakteri penyebab diare, serta memperbaiki sistem percernaan yang terluka.

4. Hadang Gangguan Haid

Bagi para wanita, haid adalah siklus bulanan yang menyakitkan. Nah, untuk meringankan ganggauan saat haid, silahkan konsumsi kulit manggis dengan rutin. Kamu bisa tumbuk maupun diblender untuk menikmatinya.

5. Mempertebal Sistem Imun

Tubuh membutuhkan imun untuk menghalau bakteri maupun virus dari luar. Nah, manggis mengandung anti oksidan pada kulitnya sehingga tubuh dapat membentuk sistem imun yang lebih kuat. Vitamin B-nya pun dapat mempertahankan metabolisme tubuh dalam level normal.

6. Senjata Anti Tua

Usia memang nggak bisa dilawan. Namun, proses penuaan bisa diperlambat dengan mengonsumsi kulit manggis. Lagi-lagi, antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu mencegah penuaan dini sehingga kulit kamu makin kencang meski usia bertambah.

7. Melawan Radang

Sebuah penelitian pernah mengungkap fakta menarik soal manggis. Buah ini memiliki zat bernama gamma mangostin yang mana berfungsi untuk melawan peradangan di tubuh. Produksi nitrit oksida, penyebab radang, dapat dihalau dengan mengonsumsi habis buah manggis.

Mau berburu manggis sambil liburan? Bisa banget! Supaya kamu bisa liburan terus dengan harga terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top