Kuliner

7 Makanan yang Bikin Kamu Kangen Bogor!

Beberapa makanan khas Bogor di bawah ini memang enak banget! Saking enaknya, bikin kita jadi kangen sama kota hujan itu. Apalagi jika makannya langsung di Bogor!

1. Asinan Bogor

Asinan Bogor adalah makanan khas bogor yang terdiri dari berbagai jenis buah-buahan yang diasinkan seperti mangga muda, jambu air, kedondong, bengkuang, nanas, pala. Bahan-bahan itu disajikan bersama cuka asam, manis, pedas, dan ditaburi kacang goreng. Kuahnya berwarna merah dengan rasa asam campur pedas dan bikin nagih si pemakan untuk menghabiskannya, terutama cewek-cewek. Bisa dimakan ketika keadaan masih hangat atau sudah didinginkan di kulkas.

10-asinan-buah-bogor

www.panduanwisata.id

2. Toge goreng

Toge goreng adalah makanan yang dicampur bersama mie kuning, tahu goreng, dan disiram saos oncom. Biasanya sih suka ditambah sambal lagi agar rasanya pedas! Toge goreng sangat mudah didapatkan di berbagai sudut kota Bogor. Bahkan, toge goreng juga sudah bisa didapatkan di beberapa tempat di Jakarta.

Resep Tauge Goreng

www.resepmasakandimakanan.blogspot.com

3. Soto mie

Soto mie adalah makanan yang terdiri dari campuran mie kuning, bihun, dan ditambah dengan potongan daging sapi, jeroan, dan risol. Dan kuahnya bening. Supaya rasanya makin mantap, kamu bisa tambahkan jeruk nipis atau cabai. Paling enak kalau dimakan hangat-hangat saat musim hujan kayak begini.

DSC05032

www.hesti-myworkofart.blogspot.com

4. Soto Kuning

Kalau soto ini bumbunya berwarna kuning karena mengandung kunyit dan kuah santan. Di samping itu juga ada beberapa bumbu rempah yang dicampurkan ke dalam bumbu soto ini. Untuk isinya, kamu bisa pilih antara babat, kikil, atau daging sesuai selera.

sotokuning1-001

www.bogorwatch.com

5. Laksa

Sama kayak soto mie. Laksa paling enak dimakan pas musim hujan dalam keadaan masih hangat supaya tubuh terasa segar. Isi laksa lebih lengkap daripada soto mie. Ada ketupat, bihun, toge, tahu, telur rebus, dan disiram dengan kuah kuning. Kadang suka dicampur dengan daun kemangi agar lebih wangi.

dscf7126-001

www.anakjajan.com

6. Cungkring

Cungkring adalah makanan berbentuk sate dengan perpaduan antara kikil dengan kepala sapi yang diberi bumbu kuning yang khas. Biasanya makanan ini ditambah bumbu kacang dan lontong. Atau bisa juga dimakan bersama tempe, oncom goreng tepung, atau disajikan dengan pincuk dari daun pisang.

satu-cungkring-2w7f6jnsxghsqmvmeg4veo

www.info-bogor.com

7. Doclang

Makanan ini mirip seperti kupat tahu atau lontong sayur. Terdiri dari pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap, dan kerupuk. Pesor adalah sejenis ketupat yang terbuat dari beras putih yang dibungkus dengan menggunakan daun patat dan direbus selama beberapa jam. Kalau daun patat biasanya tumbuh liar di kaki Gunung Salak.

dscf7126

www.klikhotel.com

Kalau kamu kangen banget sama Bogor gara-gara makanan tersebut, langsung aja atur destinasimu ke Bogor bersama pegipegi dan pesan hotel murah di pegipegi.com!

(Visited 1,993 times, 1 visits today)

Comments

To Top