Kuliner

7 Makanan Khas Malang yang Paling Ikonik dan Legendaris

makanan khas malang

Liburan tanpa kulineran sepertinya belum afdal, ya, SobiPegi. Apalagi kalau ke luar kota, sayang sekali jika tidak mencicipi aneka kuliner khas yang ada. Nah, buat kamu yang berencana ke Kota Malang, sempurnakan momen liburan dengan menikmati beragam makanan legendaris di Malang!

Mulai dari makanan berat hingga jajanan kaki lima, semuanya bisa kamu santap sampai puas dengan harga ramah di kantong. Hmm, kapan lagi, dong, jalan-jalan sambil kulineran tanpa khawatir mikirin isi dompet. Iya, kan?

So, yuk, ajak keluarga, teman, dan pasangan untuk liburan ke Malang. Selain menjelajahi tempat wisata hits, santap juga deretan makanan khas Malang yang paling ikonik berikut ini!

Bakso Malang

makanan khas malang
Sumber: IG @baksomalangnonik

Kalau liburan ke Malang, kuliner yang paling dicari adalah bakso. Kesuksesan bakso malang membuat kuliner ini tidak hanya terkenal di Malang, tapi juga di kota-kota lain. Banyak juga pengusaha bakso di Malang merantau ke kota lain dan membuka kedai di sana. Ciri khas bakso malang yaitu menyediakan banyak variasi menu, seperti bakso goreng, bakso tahu putih, bakso babat, bakso mercon, bakso seafood, bakso sum-sum, dan bakso gulung. Lalu, kuahnya dibuat lebih banyak dan dicampur dengan rempah khas Indonesia.

Orem-orem

makanan khas malang
Sumber: IG @amazingmalangeats

Bicara soal makanan khas Malang, orem-orem wajib masuk dalam list. Sekilas tampilannya mirip seperti sayur lodeh tempe. Meski bahan utama yang digunakan sama, yaitu tempe, bedanya orem-orem disajikan bersama ketupat, ayam atau telur, dan tauge rebus. Lalu, dicampur dengan tahu putih, santan kental, dan kuah kaldu. Akan semakin nikmat lagi jika menyantap orem-orem dengan perkedel kentang dan kerupuk.

Mendol

makanan khas malang
Sumber: IG @mendolkriuk

Seperti halnya orem-orem, makanan asli Malang ini berbahan dasar tempe. Dalam bahasa Jawa, “mendol” artinya kepal. Ya, hidangan ini dibuat dengan cara mengepalkan adonan sampai berbentuk lonjong yang padat. Kemudian, digoreng sampai renyah. Selain tempe, bumbu lainnya juga dibutuhkan seperti kencur, bawang merah, ketumbar, daun jeruk, cabai merah, dan cabai rawit. Masyarakat Jawa Timur sering menyajikan mendol sebagai camilan pendamping saat berkumpul.

Sate Kelinci

makanan khas malang
Sumber: IG @satekelinci_paknur

Namanya mungkin terdengar sedikit ekstrem. Namun, di kalangan warga Malang –terutama di kawasan Batu–, sate kelinci justru menjadi makanan yang populer. Sesuai namanya, sate ini terbuat dari bahan dasar daging kelinci. Seporsi sate kelinci biasanya terdiri dari 10 tusuk daging yang sudah dipotong kecil. Untuk menemukan sate kelinci di Malang sangat mudah. Tidak hanya dijajakan di warung kaki lima, tapi juga tersedia di sejumlah restoran.

Sate Gebug

kuliner khas malang
Sumber: IG @amazingmalangeats

Selain sate kelinci, ada satu jenis sate khas Malang yang sudah terkenal dari zaman dahulu, yaitu sate gebug. Berbeda dari sate biasa, sate ini dibuat dari potongan daging sapi bagian has dalam yang sangat tebal, lalu dipukul-pukul sampai lunak. Kemudian, dagingnya dibalur dengan bumbu kecap manis yang encer dan dibakar di atas arang hingga matang secara menyeluruh. Proses memasak yang unik tersebut membuat cita rasa sate gebug lebih juicy saat disantap.

Nasi Mawut

kuliner khas malang
Sumber: IG @nasimawut_pakiwan

Nasi mawut atau disebut juga sego mawut merupakan makanan khas Malang yang unik. Dengan memesan seporsi nasi mawut, kamu sudah bisa menyantap nasi, mie, telur, ayam, dan irisan sayur dalam satu sajian. Karena isinya beragam dan terlihat berantakan itulah, makanan ini dinamakan nasi mawut. Sebagai penambah rasa, biasanya ditambahkan terasi, cabai, bawang putih, dan bawang merah. Saat berkunjung ke Malang, kamu bisa mencicipi nasi mawut di warung pinggir jalan.

Cwie Mie

kuliner khas malang
Sumber: IG @hotcuimie_malang

Pertama kali mendengar nama menu ini, mungkin yang terbesit di pikiran adalah makanan berbahan cumi-cumi. Faktanya, cwie mie merupakan kuliner ikonik Malang yang disajikan dengan topping ayam cincang halus berwarna putih atau cokelat muda seperti yang sering kamu lihat pada sajian mie ayam. Lalu, diberi tambahan wonton –sejenis pangsit–, selada keriting, bawang goreng, dan irisan seledri. Beberapa tempat makan bahkan menambahkan acar timun dan acar rawit.

Nah, dari list makanan khas Malang di atas, kira-kira kamu ingin mencicipi yang mana dulu, nih, SobiPegi? Biar tidak sekadar ‘angan-angan’, yuk, rencanakan agenda jalan-jalan kamu ke Malang pada liburan mendatang. Sebelum berangkat, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus dan travel, serta hotel di Malang dengan harga terjangkau melalui Pegipegi. #PegipegiLagi #PegipegiYuk

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS DAN TRAVEL PESAN HOTEL

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa install aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: