Kuliner

7 Makanan Favorit Raden Ajeng Kartini

Salah satu hal yang paling diingat di bulan April adalah Hari Kartini. Jangan mengaku kenal dengan sosok Raden Ajeng Kartini, kalau kamu nggak tahu makanan favorit beliau. Beberapa makanan favorit Kartini ditulis dalam buku resep berjudul Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara yang ditulis oleh Suryatini N. Ganie, putri dari Soelastri, salah satu saudara Kartini. Berikut tujuh makanan favorit beliau.

1. Ayam besengek

Repost from @dapur_hany Hai @cosmosonline kita tau Ibu Kartini merupakan sosok wanita yang sudah banyak memperjuangkan hak-hak wanita di Indonesia. Disamping kerja kerasnya memperjuangkan hak wanita, RA Kartini juga katanya suka dunia kuliner juga low dan salah satu makanan favorit beliau adalah ayam besengek khas jepara nah krn sebentar lg hari harti untuk mengmperingati hari karti kali ini coba masak makanan favorit beliau Ayam besengek khas jepara Bahan: ½ ekor ayam 3 sdm minyak goreng 500 ml santan, dari 1 btr kelapa 1 btg serai 4 lbr daun jeruk Bumbu halus: 5 bh bawang merah 2 siung bawang putih 1 cm lengkuas 3 bh cabai merah ½ sdm ketumbar ½ sdt jintan 1 sdt garam 1 sdt terasi 1 sdm air asam Jawa 1 sdm gula merah Cara buat 1.Panggang ayam sampai matang, kemudian pukul-pukul sampai agak memar, sisihkan. 2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan santan masak sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan serai dan daun jeruk. Masak sampai mendidih. 3. Masukkan ayam panggang, masak terus sampai santan mengering dan berminyak, angkat. Sajikan hangat. Ikutan yuk kuis dari @cosmosonline @yuliasyahri_ @shofiyatie @siti_nurjannah0811 @aydan_tasbatam @selviana_kudus #ResepKartiniCosmos #masakanindonesia #ayambesengek #makananfavoritRAkartini #ayam#harikartini #indonesianfood #Food #foodies #foodgram #bestfood

A post shared by Cosmos Home Appliance (@cosmosonline) on

Ayam besengek adalah ayam yang diungkep dengan santan lalu dipanggang. Sekilas mirip ayam panggang biasa pada umumnya yang kaya akan rempah, namum ayam besengek tidak menggunakan tomat. Ayam besengek dulunya menjadi makanan favorit para bangsawan di Jawa Tengah.

2. Bebek betutu

Bebek Betutu adalah makanan khas Bali, terbuat dari bebek yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang, sehingga rapat. Bebek tersebut ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam hingga matang.

3. Nasi bogana

Nasi bogana adalah hidangan nasi yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk.

4. Pecel daun semanggi 

Ada banyak jenis pecel di Indonesia, namun pecel daun semanggi hadir dengan gaya berbeda, yaitu dengan isian yang hanya berupa daun semanggi dan tauge. Daun semanggi sendiri memiliki bentuk khas pada kelopak daunnya yang simetris dan daun ini biasanya tumbuh di pinggir sawah. Saus kacang pecel ini juga unik, yaitu terdiri dari kacang tanah tumbuk, gula merah, gula putih, garam, bawang putih, ketela rambat, dan petis udang. Biasanya, pecek daun semanggi disantap bersama kerupuk puli, yaitu kerupuk dari nasi yang dihaluskan dan dikeringkan.

5. Gapitan daging kediri

Adalah daging sapi yang dipotong, dipipih, dan dibakar seperti sate. Hanya bumbunya aja yang berbeda.

6. Sup pangsit Jepara

7. Nasi liwet ayam

Di buku Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara, tertulis resep nasi liwet ayam yang menjadi favorit Kartini.

Semua kuliner di atas merupakan kuliner Indonesia yang lezat. Makanya, kamu harus sering kuliner keliling di Indonesia, travelers! Yuk, rencanakan liburan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top