Tips

7 Langkah Penting Untuk Berhemat Jelang Tahun Baru

Tahun baru tinggal menghitung hari saja. Tapi, situasi isi dompet justru menipis. Bagaimana dong?

Bujet selalu menjadi dilema tiap kali menghadapi momen-momen penting seperti tahun baru. Seperti air, pengeluaran kamu bakal mengucur deras tanpa henti untuk keperluan sehari-hari maupun di hari perayaan tahun baru.

Tapi, nggak usah khawatir. Layaknya menuju ke Roma, ada banyak jalan yang bisa ditembuh agar bisa merayakan tahun baru dengan bujet seminimal mungkin.

Pegipegi sudah menyiapkan beberapa tips untuk meminimalisir pengeluaran kamu jelang tahun baru. Penasaran? Mari disimak tipsnya.

1. Dahulukan Cicilan

Cicilan barang maupun jasa yang kita beli memang jadi beban di setiap bulan, nggak terkecuali pada awal Januari. Nah, demi memastikan kondisi keuangan aman sepanjang tahun baru, pastikan kamu membayar semua cicilan kamu terlebih dahulu. Setelah itu, lihat ada berapa sisa bujet untuk kamu merayakan tahun baru dan hidup selama empat minggu kedepan.

2. Bikin Daftar

Pengeluaran bisa mengucur jelas karena kita nggak memiliki referensi kapan harus menghentikan. Sangatlah bijak untuk membuat daftar kebutuhan jelang tahun baru di awal tengah bulan Desember. Masukkan bujet buat belanja kamu selama tahun baru maksimal 10-20 persen dari total bujet untuk hidup kamu sebulan.

3. Hati-Hati dengan Big Sale

Jelang tahun baru, banyak sekali program diskon besar-besaran yang sudah pasti menggiurkan. Meski harganya murah, kalau kamu nggak kontrol, ya finansial jebol juga. Bukannya nggak boleh, tapi coba untuk mengontrol nafsu memborong barang-barang tersebut. Beli lah barang yang memang kamu butuhkan.

4. Belajar Masak

Pengeluaran terbanyak saat tahun baru adalah makanan. Yap, kamu bakal belanja lebih banyak snack, soft drink hingga cake buat persediaan pesta tahun baru di supermarket. Nah, biar hemat, mending kamu bikin sendiri, deh. Di Youtube, kan, sudah banyak tutorial masak yang bisa kamu pelajari jauh hari sebelum malam tahun baru. Dengan trik-trik masak sederhana, kamu bisa menghemat bujet tahun baru, lho.

5. BBQ Tanpa Daging

Tahun baru nggak lengkap kalau belum pesta BBQ. Tapi, pesta BBQ nggak melulu soal daging sapi maupun daging ayam. Lantaran jelang tahun baru kedua hal tersebut bakal naik harganya, kamu bisa pilih makanan laut sebagai alternatifnya. Gurame, mujair, nila, makarel hingga udang-udangan bakal bikin pesta BBQ kamu makin seru dan segar. Selain itu, kadar kolesterol dalam darah kamu pasti terjaga.

6. Hindari Alkohol

Tahun baru adalah momen merayakan kebabasan dari rutinitas.  Nah, minuman beralkohol biasanya wajib masuk daftar perayaaan. Entah kamu beli di supermarket maupun pergi ke bar.  Sayangnya, alkohol itu nggak murah! Jadi, lebih baik hindari konsumsi alkohol selama perayaan tahun baru agar pengeluaran nggak bocor.

7. Nebeng Tahun Baruan

Bikin tahun baruan di rumah ternyata lebih boros! Biar duit jajan kamu sebulan aman, mending cari pelarian dengan mengunjungi rumah teman-teman kamu yang merayakan tahun baru. Dengan berbekal kue tart atau soft drink, kamu nggak perlu malu buat bergabung dan merayakan akhir tahun tanpa mengeluarkan bujet besar.

Masih mau liburan saat tahun baru? Tenang! yuk, liburan dengan harga terjangkau, dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 50 times, 1 visits today)

Comments

To Top