Kuliner

7 Kuliner Unik Berbahan Dasar Pisang yang Wajib Kamu Coba Saat ke Makassar

Kalau berkunjung ke Makassar, jangan lupa mencicipi kelezatan sajian kulinernya yang khas berbahan dasar pisang, ya!

Konon, masyarakat Bugis-Makassar menganggap pisang sebagai tumbuhan yang selalu mempersiapkan generasi penerus yang bermanfaat sebelum pergi, melalui tunasnya.

Selain itu walau hanya hidup dan berbuah sekali, namun dalam setiap tahapan hidupnya, pisang dapat dimanfaatkan menjadi aneka santapan lezat, lho!

Nah, sebagai referensinya, berikut daftar kuliner berbahan dasar pisang yang wajib kamu cicipi. Simak, yuk!

1. Pisang Epe
Epe sendiri dalam bahasa Makassar memiliki arti jepit. Sesuai dengan namanya, makanan ini memang diolah dengan cara dijepit hingga pipih di antara kayu saat dibakar. Biasanya pisang yang digunakan adalah pisang muda.

Setelah dibakar, kemudian pisang disajikan dengan saus gula aren. Perpaduan aromanya yang khas dan sausnya yang wangi akan memberikan cita rasa yang nggak bisa kamu lupakan!

Makin nikmat lagi kalau kamu menambah topping sesuai selera, seperti cokelat, keju, bahkan buah durian! Sajian ini banyak ditemukan di pinggir Pantai Losari, dan memang cocok banget buat camilan sore hari sambil menikmati keindahan pantai.

2. Es Pisang Ijo
Siapa yang nggak kenal dengan kuliner satu ini? Es pisang ijo, memang cukup populer sebagai salah satu kuliner khas Makassar.

Pisang yang dibalut dengan adonan kulit berwarna hijau ini disajikan dengan bubur sumsum, es dan disiram dengan sirup merah legit.

Teksturnya yang kenyal dengan cita rasa yang manis, gurih dan segar cocok banget buat disantap siang hari untuk melepas dahaga.

3. Pallu Butung
Sekilas memang mirip dengan es pisang ijo. Namun, dalam Pallu Butung, pisangnya nggak dibalut dengan kulit hijau. Pisang yang digunakan adalah pisang raja yang dikukus dan dipotong-potong sebelum disajikan dengan bubur sumsum dan sirup merah. Pallu butung sendiri bisa disantap hangat maupun dingin, sesuai selera.

4. Jadde Utti
Nama Jadde Utti berasal dari bahasa Bugis Makassar, di mana ‘Jadde’ memiliki arti olahan singkong, dan ‘Utti’ yang berarti pisang. Makanan ini sendiri merupakan olahan pisang yang dibalut dengan singkong parut, kemudian dikukus hingga matang.

Warnanya pun beragam, tergantung dari pewarna makanan yang diberikan sebelum singkong parut dikukus. Jadde Utti disajikan dengan parutan kelapa yang memberikan sensasi rasa gurih ketika disantap.

5. Kambeng-kambeng
Nah, kalau santapan ini menggunakan pisang yang sudah sangat masak sebagai bahan dasarnya. Pisang dipotong dadu dan dicampurkan ke adonan tepung, lalu digoreng dengan api kecil. Cocok banget buat disantap bersama secangkir teh hangat.

6. Brownies Pisang
Sekilas memang terlihat sama dengan brownies pada umumnya, namun adonan brownies ini didominasi dengan pisang, sehingga teksturnya lebih padat. Tapi tenang saja, walau padat brownies ini tetap lembut dan tentunya lezat. Bisa jadi salah satu opsi oleh-oleh buat kerabat di rumah, nih!

7. Pisang Peppe
Kalau biasanya pisang disajikan manis dan legit, berbeda dengan pisang peppe yang memiliki cita rasa gurih. Namanya memang mirip dengan pisang epe, tapi cara pengolahannya berbeda, lho. Jadi jangan sampai tertukar, ya!

Kalau pisang epe diolah dengan cara dijepit dan dibakar, berbeda dengan pisang peppe yang diolah dengan cara digoreng. Setelah digoreng sebentar, pisang diangkat dan digeprek agar pipih, lalu digoreng lagi sampai kering dan garing. Pisang ini kemudian disantap dengan sambal terasi yang memberikan cita rasa unik yang menggoyang lidah.

Kepengin berburu santapan lezat di Makassar? Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Makassar lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Makassar cari hotel murah lain di Makassar

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top