Kuliner

7 Kuliner Olahan Durian ini Cocok Buat Berbuka Puasa

Siapa sih yang nggak suka durian? Jelang bulan puasa, buah berduri ini banyak dicari masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta karena dianggap cocok untuk menu berbuka.

Mulai dari anak kecil hingga dewasa, semua cinta durian. Nggak heran, banyak pecinta kuliner sering menggelar festival yang memadukan berbagai macam durian.

Nah, seiring dengan perkembangan kuliner, ada banyak cara menikmati durian. Nggak cuma dapat disantap langsung, durian memiliki variasi olahan yang menarik, lho.

Daripada penasaran, berikut 7 olahan unik durian yang bisa kamu cicipi di Jakarta, khususnya buat berbuka puasa, nih!

Durian Bakar

Sajian yang ini sederhana, satu buah durian dibakar di atas arang. Nah, yang menarik adalah sensasinya. Ketika dibuka, buah durian langsung meleleh hangat, seperti ubi cilembu. Cita rasanya pun jauh lebih tajam karena panas menguatkan aroma di dalam durian.

Untuk mencucipi durian bakar, kamu bisa main ke Taman Wisata Mekarsari di Cileungsi, Bogor. Di sana, terdapat beberapa kedai durian yang hadir dengan menu spesial ini.

Pancake Durian

Kue rasa durian, mungkin sudah biasa. Nah, yang lebih nikmat jika durian diolah menjadi sebuah pancake. Sejak beken di 2014 lalu, pancake durian adalah snack ringan yang nggak berhenti diincar para penyukanya, kebanyakan anak muda.

Foto: Dunia Durian Fahri

Disajikan dingin, pancak durian terkadang berwarna kuning maupun hijau. Adonan durian yang manis lezat, bercampur dengan lembutnya kulit pancake, memberikan sensasi luar biasa di lidah.

Untuk mencicipi pancake durian, kamu tinggal datang ke supermarker terdekat di tempat tinggal kamu. Namun, jika ingin ke produsennya langsung, bisa main ke kedai Durian Ucok di Citra Garden, Jakarta Barat.

Es Cendol Durian

Siang-siang begini, enaknya nyeruput cendol, nih! Sebagai dessert khas Sunda, es cendol sangat digemari warga ibukota, khususnya para kaum pekerja di tengah Jakarta. Cendol hijau berpadu dengan kelapa muda terasa nikmat dengan rendaman kuah santan yang gurih dan dingin. Makin lengkap, jika topping-nya diisi durian, menjadikan es cendol sebagai alternatif menu buka puasa yang spesial.

Jika ingin mencicipi cendol durian, kamu tinggal mampir ke OTW Food Street, Kelapa Gading. Nah, resto ini memiliki sajian es cendol yang segar dan nikmat. Kuah santan bercampur apik dengan gula jawa, menciptakan sensasi nggak terlupakan di lidah.

Es Krim Durian

Olahan durian yang satu ini jadi favorit banyak orang. Es krim durian adalah dessert yang menarik jika kamu tengah bad mood. Rasa manis bercampur dengan sensasi dingin, menambah semangat hari kamu. Tersedia dalam cone maupun gelas, es krim durian adalah menu wajib saat berbuka puasa bersama teman.

Buat mencicipi es krim durian yang lezat, silahkan mampir ke kedai JoLee Durian Corner di kawasan Kota. Di sana, kamu dapat mencoba es krim durian dengan berbagai macam topping.

Ketan Durian

Foto: Duren Duren

Ketan adalah makanan tradisional yang cukup merakyat. Nah, sejak berkenalan dengan durian, ketan justru naik kelas, lho. Berbahan beras ketan, ketan durian hadir dengan saus yang sangat lembut. Cocok disajikan hangat maupun dingin, ketan durian memiliki tekstur rasa gurih yang hadir dari beras ketannya.

Buat mencicipi ketan durian, kamu dapat berkunjung ke daerah Tanjung Duren. Di sana terdapat kedai Ketan Duren yang cukup laris dengan variasi topping.

Sop Durian

Biasanya dijajakan bersama es teler, sop durian adalah sajian yang menggugah selera makan kamu. Hadir dingin, sop durian memiliki banyak isi selain durian. Ada nangka hingga kolang-kaling yang direndam dalam kuah santan durian.

Cocok buat kamu berbuka puasa, Jakarta memiliki beberapa spot sop durian yang lezat. Salah satunya ada di kedai Sop Duren 88, Kemayoran yang cukup legendaris.

Sudah tahu mau memilih menu yang mana? Sekalian rencanakan  liburan kamu. Apalagi, sekarang traveling semakin mudah karena ada tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top