Kuliner

7 Kuliner Lezat Khas Indonesia yang Cocok Buat Diet

Berencana ingin menurunkan berat badan? Tenang! Ada banyak kuliner lezat Indonesia yang cocok buat kamu santap saat diet.

Indonesia punya beragam kuliner sehat dengan serat yang banyak, lho. Didominasi sayuran, kuliner-kuliner tersebut bakal sangat bermanfaat buat program diet kamu.

Dengan berbagai rempah di dalamnya, deretan masakan ini punya rasa gurih, manis hingga pedas yang siap menggoyang lidah. Hanya mengandung sedikit lemak dan kalori, kuliner di bawah ini bisa kamu santap tanpa khawatir berat tubuh naik.

Penasaran nggak sih? Berikut deretan kuliner sehat buat diet khas Indonesia. Simak, yuk!

1. Ketoprak

Menu khas Sunda, karedok, sekilas hampir sama dengan gado-gado. Bedanya sayuran di karedok disajikan mentah dan ditambah mentimun serta daun kemangi. Bumbu kacang yang ada di karedok juga ditambahkan dengan kencur sehingga rasanya pun berbeda dengan gado-gado. Tambahan emping di atas menu ini akan menambah kenikmatannya.

2. Gado-Gado

Gado-gado jadi salah satu menu vegetarian yang mudah ditemukan. Menu khas Betawi ini terdiri dari sayuran hijau yang diiris seperti kol, kacang panjang, dan taoge yang direbus. Ada lagi tambahannya berupa tempe, tahu, telur rebus, dan kentang. Semuanya disiram dengan bumbu kacang dan diakhiri dengan taburan kerupuk. Rasanya nikmat dan mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran menjual menu ini.

3. Pecel

Pecel adalah kuliner tradisional Jawa yang sangat melegenda. Kamu bisa menemukan hidangan yang satu ini di setiap sudut tempat tinggal kamu. Pecel dihidangkan bersama daun pepaya, daun singkong, toge hingga labu siam sebelum disiram bumbu kacang yang pedas manis. Sudah pasti, lidah nggak mau berhenti melahapnya. Buat kamu yang tengah diet, pecel bisa jadi santapan yang cukup mengenyangkan, lho.

4. Urap

Bagi yang gemar menyantap dedaunan, urap bisa jadi alternatif kuliner yang sedap. Tersaji di atas pincuk atau daun pisang, urap hadir dengan kombinasi isi kacang panjang, taoge, Kol, bayam atau kangkung dengan taburan kelapa parut. Semuanya diracik dengan bumbu mboksiyah yang terdiri atas cabai, terasi dan garam. Dengan dominasi sayuran serta bumbu yang sederhana, urap cocok disebut sebagai salad khas Indonesia dengan bumbu yang sederhana. Cocok buat kamu yang tengah menjalani diet ketat.

5. Choipan

Berasal dari Pontianak, choipan adalah camilan yang lezat banget. Kerap dikonsumsi warga Pontianak dan Singkawang, camilan ini berbahan dasar bengkuang yang diiris tipis.Di dalamnya, kamu bisa mencicipi ebi yang ditabur dengan bawang putih. Dicocol dengan saus pedas-manis, dijamin lidah kamu bakal betah melahap choipan. Cocok dinikmati saat sore hari, choipan adalah camilan yang rendah kalori dan lemak, pas buat kamu yang tengah diet.

6. Sayur Singkong

Kuliner yang satu ini mudah ditemukan di menu masakan Padang maupun Betawi. Daun singkong yang sudah direbus harus melalui proses penumbukan sebelum disatukan ke dalam kuah kentalnya. Nah, kuahnya sendiri mengandung berbagai rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, kayu manis, dan cabai.

7. Asinan Betawi

Asinan betawi biasanya berisikan sayur-sayuran, seperti sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, dan tahu putih. Kuahnya berupa bumbu kacang segar dicampur cuka dan cabai. Untuk pelengkap, asinan betawi ditambahkan kerupuk mie kuning. Zat gizi yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak, karena sayuran-sayuran tersebut tidak melewati proses pemasakan otomatis vitamin-vitamin dan mineral nggak rusak ataupun hilang. Selain itu, bumbu kacang yang disiram di atas sayuran asinan banyak mengadung protein, cocok buat kamu yang diet ketat.

Mau liburan sambil berburu kuliner? Bisa banget. Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top