Kuliner

7 Kuliner Lezat di Bogor yang Harus Dicoba

Menyambut Asian Games 2018, kamu nggak mau nonton pertandingan di Stadion Pakansari Cibinong, nih? Kalau sudah ke Bogor, jangan lupa icip kuliner lezat di sana. Pegipegi punya rekomendasi kuliner lezat di Bogor yang bisa kamu coba, nih!

1. Warung Sambal Dower Ayam Kampung

Pengin yang pedas? Kalau gitu, kamu wajib mampir ke Warung Sambal Dower Ayam Kampung, di jalan Suryakencana. Ayam yang digunakan di sana jelas adalah ayam kampung yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan ayam negeri. Sudah pasti rasanya lebih enak, juga sehat. Ayam kampungnya dimasak gurih dengan serundeng kelapa yang berlimpah. Meskipun ayam kampung, tapi ukuran ayamnya cukup besar, lho.

Varian sambalnya juga lengkap, lho. Seperti sambal uleg, sambal rempah mangga, dan lain-lain. Biar makin mantap, tentu aja harus dimakan dengan nasi hangat dan lalapan segar. Selain ayam, di sana juga ada menu ikan gurame, lele, atau ikan nila yang bisa dibakar atau digoreng.

2. Bakso Beranak

Ngidam makan bakso dengan porsi besar? Tentu aja kamu wajib mampir ke Bakso Beranak, di jalan Raya Kertamaya No. 8, Genteng, Bogor Selatan. Kalau makan di sana, kamu akan disajikan semangkuk bakso ukuran jumbo dan 13 bakso kecil di sekelilingnya. Sekilas, bakso tersebut memang tidak ada bedanya dengan bakso ukuran jumbo pada umumnya. Tapi, jika kamu belah bakso jumbo tersebut, kamu bakal menemukan bakso lagi di dalamnya. Jadi, kalau mau makan bakso beranak, pastikan kamu nggak lagi dalam keadaan kenyang, ya! Atau kamu bisa bagi dua dengan temanmu.

Di dalam bakso jumbo tersebut ada lima bakso dan satu tahu. Isi bakso tersebut pun beragam, ada yang isinya sosis, daging, dan telur. Lengkap banget, kan, travelers! Bukan hanya mengenyangkan, tapi bakso beranak juga memiliki cita rasa yang mantap. Kuahnya hangat, sedap, dan ada gajih (tetelan).

3. Soto Kuning Pak Yusup

Di sepanjang jalan Suryakencana ada begitu banyak tenda soto kuning yang bisa diicip. Tapi, ada satu tenda soto kudus yang sangat ramai, yaitu Soto Kuning Pak Yusup, di jalan Suryakencana No. 285. Meskipun hanya bermodalkan gerobak dan tenda kecil, namun Soto Kuning Pak Yusup tetap yang terdepan. Di tengah keramaian, mereka masih bisa melayani pelanggan dengan gesit banget, lho! Tulisan Yusupnya pakai P, ya! Bukan Yusuf. Jadi, jangan sampai tertukar dengan kedai lain.

Kemarin, Pegipegi pesan Soto Kuning Campur seharga (Rp 30 ribu*). Jika masih ingin menambah isi lagi, kamu bisa pesan secara per porsi, yaitu empal goreng (Rp 10 ribu*/potong), otak goreng (Rp 10 ribu*/potong), kikil rebus (Rp 10 ribu*/potong), perkedel (Rp 3 ribu*/potong), dan lain-lain. Kuah hangatnya benar-benar terasa lezat dan gurih. Setiap potongan daging dan jeroannya empuk. Makin sedap dengan taburan bawang gorengnya. Jangan lupa dinikmati bersama nasi hangat, ya!

4. Martabak Encek 

Masih di jalan Suryakencana, jangan lupa mampir ke Martabak Encek. Tapi, kalau mau coba martabak ini, kamu harus datang lebih awal dan sabar mengantre, karena buka di pukul 14.00 WIB, tapi habisnya cepat sekali. Martabak yang dijual adalah martabak manis klasik dengan topping cokelat atau keju. Namun, tetap diminati oleh orang-orang dari dulu hingga sekarang. Soalnya, masaknya masih menggunakan arang, jadi lebih wangi juga empuk hingga esok hari.

5. Soto Mie Agih

Soto Mie Agih berada di jalan Suryakencana No. 311. Kebanyakan menu di sana adalah menu non-halal dengan menu andalan Soto Mie (Rp 39 ribu*). Soto Mie tersebut bukanlah soto mie khas Bogor, melainkan soto mie asal Sukabumi. Tahu kan ciri khas soto mie Sukabumi yang ditabur daun bawang goreng? Nah, menu yang satu ini memang cocok banget jadi teman makan kamu di kala hujan. Tekstur mienya kenyal, iga babi dan lobaknya empuk dan mudah lepas dari tulangnya, taburan daun bawang gorengnya gurih, dan kuahnya sedap.

Ada menu berbau mie lain yang kudu kamu pesan jika mampir ke Soto Mie Agih, yaitu Mie Babi Panggang (Rp 39 ribu*). Paduan mie dan daging babi panggangnya begitu pas, gurih, dan menggugah selera. Daging babinya panggannya beragam, ada yang biasa juga ada yang merah. Sekali coba, dijamin nggak pengin berhenti!

6. Ngo Hiang Gedung Dalam

Uniknya ngo hiang di Bogor adalah ngo hiang tersebut disajikan dengan saus kacang lezat. Salah satu kedai ngo hiang yang bisa kamu sambangi adalah Ngo Hiang Gedung Dalam yang berada di jalan Suryakencana No. 154. Menu andalan yang bisa kamu icip di sana tentunya adalah Ngohiang (Rp 33 ribu*). Ngohiang ini merupakan rolade goreng yang terdiri dari campuran daging ayam dan babi. Dagingnya empuk dan luarnya terasa renyah. Makin lezat karena ada saus kacang, juga potongan kentang dan tahu rebusnya. Pokoknya bikin kenyang, deh!

Untuk yang gemar banget sama mie ayam, kedai ini juga menyediakan menu Mie Ayam (Rp 25 ribu*) yang nggak kalah lezat dengan topping yang cukup banyak, yaitu daging ayam, sayur, dan potongan ngohiang.

7. Lemongrass

Di Lemongrass, kamu bisa menikmati makan di resto berkonsep modern dan dipadukan dengan alam. Terdapat dua area yang bisa kamu pilih, ruang tengah atau backyard. Kedua ruang tersebut dibatasi kolam persegi panjang dengan air yang jernih agar membuat suasana semakin terasa segar. Di area dalam, terdapat meja kayu yang dilengkapi dengan kursi panjang dan bantal agar pelanggan semakin nyaman seperti di rumah sendiri.

Sementara di area taman belakang, disediakan meja panjang yang dikelilingi kursi jaring. Taman dengan rumput yang hijau dan ditanami pepohonan terletak di tengah halaman untuk memberikan kesan sejuk. Ada pula sofa bulat yang besar dengan sanggahan rotan untuk bersantai. Untuk hidangannya, Lemongrass menawarkan berbagai menu mulai dari dimsum, roti, makanan Asia, pasta, hingga aneka makanan penutup.

Pengin nonton Asian Games 2018 sekaligus kuliner enak di Bogor? Yuk, cari hotel murah dekat Stadion Pakansari Cibinong!

hotel dekat stadion pakansari cibinong bogor cari hotel murah lain di bogor

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top