Kuliner

7 Kuliner Khas Tahun Baru yang Lezat dan Unik di Seluruh Dunia

Setiap negara di dunia punya perayaan tahun baru yang berbeda. Termasuk juga soal sajian kuliner yang dihidangkan sepanjang malam tahun baru.

Dengan berbagai adat dan budaya yang berlaku, deretan sajian tahun baru ini pun menyimpan makna tersendiri. Tentu saja selain rasanya yang lezat dan punya ciri khas yang mewakili negaranya masing-masing.

Penasaran? Berikut 7 kuliner khas tahun baru yang lezat dan unik di seluruh dunia. Simak, yuk!

Vasilopita, Yunani

Buat pecinta roti, tahun baruan di Yunani bakal cocok buat kamu, deh. Soalnya, tiap kali malam pergantian tahun tiba, masyarakat Yunani bakal membuat vasilopita sebagai salah satu sajian utamanya. Vasilopita sendiri merupakan roti empuk dan biasanya di dalamnya terdapat koin yang tersembunyi sebagai simbol keberuntungan. Vasilopita selalu dihubungkan dengan hari St Basil yang punya pengaruh besar bagi penduduk Yunani dan sekitar.

Photo: bowlofdelicious.com

Tokshikoshi Soba, Jepang

Tahun baruan di Jepang nggak lengkap kalau belum berburu kulinernya. Nah, salah satu kuliner khas tahun baru di Negeri Matahari ini adalah tokshikoshi soba. Sajian yang satu ini punya arti tersendiri . Mulai dari panjang mie yang melambangkan perjalanan manusia dalam satu tahun yang nggak mudah. Nah, ketika kamu gigit, itu artinya tahun yang baru sudah siap untuk dijalani dengan melupakan tahun yang sudah berlalu. Tokshikoshi soba terasa spesial karena memiliki banyak isian, seperti tofu, fish cake, dan taburan seaweed yang menambah cita rasa khas kuliner Jepang.

Photo: justonecookbook.com

Anggur, Spanyol

Kamu termasuk pecinta anggur? Nah, tradisi tahun baru di Spanyol rasanya cocok banget buat kamu, deh. Masyarakat Spanyol merayakan pergantian tahun baru dengan cara memakan anggur. Yang menarik, mereka akan memakan anggur mengikuti bunyi lonceng sebanyak 12 kali. Tujuannya agar di tahun depan mendapatkan kesuksesan dan keberuntungan yang melimpah.

Lentil, Italia

Tahun baruan di Italia enaknya menikmati kuliner hangat. Nah, salah satu sajian yang pasti dihidangkan masyarakat di sana adalah sup lentil. Yap, kuliner berkuah ini memiliki isi yang mewah, seperti daging babi, zambone hingga kacang lentil yang terkenal di sana. Sup lentil dihadirkan sebagai tradisi menyambut tahun baru yang penuh keberuntungan.

Kransekage, Denmark

Pecinta donat wajib datang ke Denmark pas tahun baru. Karena, ada sajian kransekage yang siap bikin traveling kamu berkesan, deh. Kransekage merupakan donat yang terbuat dari permen marzipan. Kransekage sendiri disajikan dengan penampakan yang menarik, ditumpuk dari yang kecil ke besar. Kransekage melambangkan kemakmuran bagi masyarakat Denmark. Nggak heran, tradisi makan kransekage sudah berlangsung secara turun temurun.

Hoppin’ John, Amerika Serikat

Amerika Serikat punya banyak banget cara merayakan tahun baru, salah satunya dengan menghadirkan Glücksschwein Hoppin’ John. Sajian yang satu ini siap memanjakan kamu dengan potongan daging babi dan kacang polong. Dibalut dengan nasi putih hangat dan taburan daun bawang, Hoppin’ John merupakan kuliner tradisional yang dibawa oleh suku Afrika dan Indian yang mendiami benua Amerika. Banyak banget simbol yang terkandung di dalam Hoppin’ John, salah satunya simbol kemakmuran.

Glücksschwein, Jerman

Tapi kali pergantian tahun tiba, masyarakat di Jerman akan memenuhi meja tamu mereka dengan Glücksschwein. Yap, permen marzipan yang memiliki bentuk seperti babi kecil ini jadi suguhan bagi para tamu yang tengah bertandang. Glücksschwein sendiri merupakan cara masyarakat Jerman dan juga Austria untuk menyambut tahun penuh keberuntungan.

Sudah nggak sabar liburan tahun baru? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top