Kuliner

7 Kuliner Khas Semarang yang Bikin Lidah Bergoyang

Icip-icip di Semarang memang seru banget, soalnya kulinernya enak-enak. Ada tujuh kuliner di Semarang yang kudu dicoba, nih.

1. Bandeng presto

Ikan bandeng memang memiliki banyak duri dan membuat pemakannya nggak merasa nyaman. Namun, kalau sudah dipresto akan lain ceritanya. Karena duri-durinya akan ikut lunak. Selain itu, rasanya juga amat lezat dan kaya akan rempah. Meski dibuat menggunakan banyak garam, namun nggak akan terasa terlalu asin. Bandeng presto di Semarang juga sudah dikemas agar bisa dibawa ke luar kota dan dijadikan oleh-oleh. Jadi, jangan lupa borong bandeng presto kalau ada di Semarang.

2. Lontong Cap Go Meh

Tahu kan kalau Lontong Cap Go Meh sudah pasti nggak lepas dari perayaan Cap Go Meh (dua minggu setelah Tahun Baru Imlek). Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tradisi Lebaran. Di mana masyarakat Jawa nggak makan ketupat di Hari Lebaran, tapi pas sepekan kemudian, pada hari Kupatan. Di hari itu, para tetangga saling mengantar ketupat dan opor ayam.

Dulunya, orang Tionghoa didatangkan Belanda dalam jumlah besar ke Jawa sebagai kuli. Mereka laki-laki semua dan tinggal di satu kampung. Karena bertetangga dengan Muslim Jawa, setiap Hari Kupatan, orang-orang Tionghoa tersebut mendapatkan hantaran ketupat opor. Dari hantaran itu, mereka mendapatkan ide untuk merayakan penutup Tahun Baru Imlek, yaitu Cap Go Meh dengan cara sendiri.

3. Pisang plenet

Pisang plenet diproses dengan cara dibakar. Sebelum dibakar, pisang ditekan hingga pipih (diplenet) terlebih dahulu. Kata ‘plenet’ sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang berarti memencet atau memipihkan. Lalu disajikan dengan aneka topping, seperti cokelat, keju, kacang, selai nanas, meses, atau tepung gula.

Pisang yang biasanya digunakan untuk membuat pisang plenet adalah pisang kepok kuning yang matang dari pohon. Soalnya, pisang jenis ini nggak lembek dan mudah dipipihkan. Rasa pisangnya juga lebih manis dan legit. Pembuatan pisang plenet diawali dengan mengupas pisang. Setelah dikupas, pisang dibakar di atas bara arang hingga warnanya berubah kecoklatan. Kemudian pisang diplenet dengan menggunakan dua buah papan hingga pipih dan berbentuk agak bundar. Pisang yang telah pipih diberi mentega dan dibakar kembali hingga matang dan agak gosong.

4. Lumpia isi rebung

Kuliner di Semarang nggak lepas dari campuran budaya Tionghoa dan lokal. Makanan khas raja Tiongkok adalah rebung. Kabarnya, mereka bisa sehat dan berumur panjang karena rutin makan rebung. Di Semarang pun rebung sangat terkenal dan dikemas dalam bentuk lumpia.

Rebung dicuci bersih berkali-kali, juga direbus sampai nggak berbau pesing, lalu diolah bersama udang dan telur untuk dijadikan isian lumpia. Lumpia ini juga kerap diborong oleh wisatawan untuk dimakan sendiri atau dijadikan oleh-oleh.

5. Nasi langi

Kalau di Jakarta ada nasi uduk, di Semarang ada nasi langi, nih. Rasa nasinya gurih, seperti nasi uduk, namun lauk pendampingnya lebih banyak. Ada telur, kering kentang, srundeng, ayam, sambal goreng tahu, timun, dan kemangi. Dijamin kenyang dan puas!

6. Wingko babat

Teksturnya yang legit dengan rasa kelapa manis, akan bikin kamu ketagihan dengan wingko babat. Cocok banget nih untuk teman minum teh. Sebenarnya sih, asal wingko babat bukan dari Semarang, tapi dari Babad, Lamongan, Jawa Timur.

Warga Babad bernama Loe Lan Hwa dan The Ek Tjong yang pertama kali membawa wingko babat ke Semarang. Mereka memutuskan mengungsi dari Lamongan saat perang pecah di sana. Dengan keahlian membuat kue kelapa, keduanya pun mulai membuka usaha wingko babat mulai 1946 di Semarang. Sejak itu, istilah wingko babat asal Semarang pun tercipta.

7. Babat gongso

Gongso di sini maksudnya ditumis. Menu ini terdiri dari daging babat, aneka rempah, dan pastinya pakai kecap manis. Tapi, rasanya nggak terlalu manis karena ada asin, gurih, juga sedikit pedas. Makin sedap karena ada tambahan telur dadar. Daging babatnya ternyata empuk banget dan nggak berasa amis di lidah!

Gimana travelers? Ngiler nggak lihat Nasi Goreng Babat dan Babat Gongsonya? Yuk, rencanakan liburan kamu ke Semarang dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah lain di semarang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top